Menyimpan data, lagu atau video adalah sebuah hobi yang kadang tanpa kalian sadari akan menjadi sebuah koleksi, mulai dari menyimpan data pekerjaan atau menggoleksi lagu-lagu favorit maupun video yang menurut kalian pantas untuk di simpan dengan baik.

Kali ini Vondanote akan membahas sesuatu yang bukan hanya tentang wanita namun pasti dilakukan oleh seorang wanita sehari-hari yaitu membahas cara menyimpan koleksi dalam bentuk CD atau DVD menggunakan applikasi NERO express 2015.

Pertama silahkan klik shortcut Nero 2015, setelah itu akan muncul tampilan seperti berikut ini dan kalian klik nero Express.

Berikutnya akan muncul tampilan seperti berikut ini dan silakan kalian memilih data, lagu atau video yang akan disimpan dalam bentuk CD atau DVD.

Disini akan di contohkan bagaimana cara menyimpan data, terutama data pekerjaan yang ber extention pdf, doc atau xls yang pasti menjadi menjadi pertimbangan kalian jika data tersebut hilang atau rusak, maka diperlukan back up data tersebut.

Silahkan klik Data CD karena kalian akan menyimpan file dalam bentuk CD atau bisa juga menyimpan dalam bentuk DVD.

Setelah kalian klik maka akan muncul tampilan seperti di bawah.

Ketika sudah muncul disk content kalian sudah bisa memasukan data yang akan di simpan dengan menekan tombol add atau kalian drag (menggeser data menggunakan mouse) ke dalam kotak. Kalian juga bisa melihat kapasitas CD yang akan digunakan untuk memuat file yang akan di simpan dengan melihat ukuran 100 mb -800 mb, lebih baik kapasitas file yang akan disimpan tidak mencapai 700 mb, karena maximal kapasitas file untuk menyimpan di CD hanya 700 mb.

Ketika data kalian sudah masuk dalam list simpanan silakan tekan tombol next, akan muncul tampilan seperti berikut ini.

Masuk tahap akhir pada proses penyimpanan data kalian, pilih content recorder maksudnya kalian di suruh memilih perangkat CD player yang akan di pergunakan pada komputer kalian. Disk name adalah nama file yang mungkin bebas kalian sendiri yang menentukan untuk nama CD pada data yang disimpan.

Number of copy para Nero

Number of copy adalah kalian akan menyimpan data dalam beberapa atau banyak CD tergantung keinginan. Verify data on disk after burning adalah komputer akan melakukan verifiksi pada CD untuk menentukan bahwa hasil penyimpanan pada CD sesuai. Kemudian allow files to be added later (multisession disk) artinya kalian di kemudian hari bisa menambahkan data kalian untuk di masukan ke dalam data yang sudah pernah di simpan.

Untuk menentukan writing speed semakin kecil kalian menggunakan writting speed semakin bagus hasil penyimpanan data pada CD dan pastinya akan membutuhkan waktu yang agak lama untuk penyimpanan data.

Sampai disini sedikit tutorial penyimpanan data dalam bentuk CD yang akan membatu kalian untuk menyimpan koleksi data berupa data pekerjaan, video atau foto yang merupakan bagian berharga dalam kehidupan kalian.

Selamat mencoba.