Penggunaan komputer seharian akan membuat kinerja komputer yang di operasikan menjadi mulai lemot, karena pastinya komputer akan bekerja secara ekstra dan maksimal. Biasanya komputer akan bekerja ekstra 24 jam dalam sehari dengan pengguna designe, programmer, finance, dan yang berhubungan dengan aplikasi.

Dengan menggunakan komputer ekstra tanpa henti, maka hardisk akan bekerja semakin berat. Mengapa?

Karena hardisk pada komputer sifatnya sangat penting menjadi sebuah alat untuk keluar masuknya data lama dan data baru. Jika penggunaan data dalam jumlah banyak dan dilakukan secara terus-menerus akan mengakibatkan banyak file atau data anda mengalami kerusakan pada data ataupun hardisk. Saatnya Anda memperhatikan kesehatan hardisk di Komputer.

Perawatan hardisk bisa dilakukan melalui dua cara yaitu dari sisi menjaga hardware dan system software melalui windows.

Baca juga 8 Link Download Antivirus Terbaik Untuk Komputer/Laptop Anda, Coba Ini Dengan Offline

Perawatan Hardisk Secara Hardware

Hardisk adalah spare part dan bagian dari pokok penting sebuah komputer, untuk merawat Hardisk secara hardware, yaitu:

  • Jika Hardisk PC disarankan menggunakan stabilizer stavolt untuk menghindari mati mendadak saat, karena bisa menyebabkan hardisk cepat rusak, karena listrik yang mati dan tidak stabil.
  • Jika Hardisk Laptop usahakan agar unit laptop tidak jatuh atau terbanting, dan hindari terkena air langsung. Karena letak posisi Hardisk yang berada di bagian bawah, riskan untuk terkena air saat Anda tanpa sadar meletakkan laptop di meja yang terdapat genangan airnya.

Perawatan Hardisk Secara System Software

Perlunya perawatan hardisk dari sisi system harus sering Anda lakukan agar tidak terjadi kerusakan data atau corrupt yang mengakibatkan kerusakan fatal pada hardisk seperti data tidak bisa terbaca.

Cara melakukan perawatan hardisk menggunaka menu yang telah disediakan operating Windows.

Pertama buka Windows Explorer

Klik kanan pada folder local disk ( C )

Klik option PROPERTIES, sehingga akan muncul tampilan Local Disk (C): Properties

Pilih dan klik menu Tools, lalu klik Check Now untuk menuju ke session berikutnya.

Setelah itu akan muncul tampilan Check Disk Local Disk (C):

Pada bagian ini ada dua menu pilihan yang harus Anda tentuakan, apakah Anda akan memilih salah satu atau keduanya. Berikut untuk masing-masing penjelasan dan fungsi dari dua item tersebut:

  • Automatically fix file system error, memiliki fungsi option ini system akan secara otomatis mencari dan memperbaiki system file yang mengalami eror pada hardisk.
  • Scan for and attempt recovery of bad sectors, memiliki fungsi ketika Anda centang system akan melakukan scan pada system hardisk dan mencari serta memperbaiki bad sectore pada hardisk.

Jika anda ingin agar hardisk melakukan perbaikan secara menyeluruh, maka Anda bisa klik semua centang sehingga system akan melakukan perbaikan terhadap file dan juga bad sectors pada hardisk.

 Baca juga Bijak Sebagai Orangtua Saat Anak Mulai Bermain Youtube