Ethernet adala salah satu perangkat keras jaringan yang ada pada komputer, dan berperan dalam sebuah jaringan sebagai menunjang konektifitas antar komputer. Biasanya di sebut Ethernet atau biasa dikenal banyak orang juga dengan istilah LAN, dan merupakan sebuah perangkat standar dalam jaringan kompter.

Dengan adanya konektifitas Ethernet, maka setiap komputer dan juga perangkat yang memilikinya bisa membangun sebuah konektivitas jaringan. Maka dari itu, banyak orang mengenal perangkat LAN ini sebagai Netwok Interface Card atau NIC.

Ada tiga bentuk Ethernet yang bisa di gunakan dan tergantung dengan kebutuhan dan jumlah anggaran yang tersedia.

Ethernet 10 Mbps

Ethernet type ini biasanya di pakai untuk keperluarn sehari hari dan cukup standart untuk meng aplikasi anya.

Ethernet 100 Mbps (Fast Ethernet)

Ethernet dengan kecepatan 100 Mbps inilah yang saat ini lagi di gandrungi banyak orang dan sering di gunakan untuk membangun sebuah jaringan, baik antar komputer atau koneksi menggunakan jaringan server, karena perangkat perangkatnya yang masih relative murah juga masih belum terlalu susah di dapatkan.

Ethernet 1000 Mbps (Gigabit Ethernet)

Jenis Ethernet dengan konektivitas tercepat yang sekarang mulai banyak perusahaan perusahaan sedikit demi sedikit beralih menggunakan Ethernet ini. Dengan kecepatanya yang cepat yaitu 1000 Mbps, dengan kecepatan dan kestabilan membuat proses transfer dan download data dalam sebuah jaringan akan bisa beroperasi secara efektif, cepat dan efisien.

Ethernet 10000 Mbps

Yang terakhir dan tercepat tapi untuk saat ini masih jarang sekali di pergunakan, karena perangkat yang masih agak susah dan harga yang masih relative mahal membuat perangkat ini masih jarang di aplikasikan di dalam sebuah jaringan, hanya perusahaan perusahaan besar saja yang mungkin sudah menggunakan Ethernet 10000 Mbps.