Saat bekerja anda mungkin pernah mengalami membutuhkan dokumen yang di scan untuk di edit pada beberapa bagian. Tentu sebagian dari anda pernah mengenal aplikasi software yaitu OCR (Optical Character Recognition). OCR adalah aplikasi software yang berfungsi men-scan gambar atau tulisan menjadi sebuah teks, biasanya pada beberapa mesin scanner sudah dilengkapi oleh aplikasi ini. Contoh mesin scanner Fujitsu sudah melengkapi mesinnya dengan aplikasi OCR ini.

Dengan adanya aplikasi OCR, Image yang bertulisan tangan, tulisan mesin ketik atau computer teks dapat dimanipulasi. Teks yang discan dengan aplikasi OCR dapat dicari kata per kata atau per kalimat. Dan setiap text dapat dimanipulasi, diganti, atau diberikan barcode.Hal ini tentunya berguna bagi anda yang bekerja berhubungan dengan data atau administrasi. Anda tidak perlu report menulis ulang dokumen jika hanya memiliki hardcopy-nya karena aplikasi OCR bisa merubah data tersebut untuk bisa di editing oleh anda.

Fungsi Aplikasi OCR:

  • Merubah data yang telah selasai discan oleh scanner yang akan menjadi file berupa image dan image tersebut akan diconvert atau dijadikan file berupa teks.
  • Mengkonversi document PDF menjadi searchable agar teks di dalam dokumen mudah dicari kembali.
  • Mudah menciptakan dokumen kembali dari dokumen kertas yang sudah ada, contoh: dari kertas yang di scan menjadi word, excel atau power point

Link Download Gratis Untuk Aplikasi OCR

Melalui link ini anda bisa melakukan download secara gratis untuk mendapatkan aplikasi OCR. Ada 3 link download yang kami informasikan agar anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan yang di harapkan. Ketiga link ini sebenranya memiliki fungsi yang sama hanya saja dalam praktek penggunaanya akan banyak perbedaan walaupun hasilnya akan sama yaitu sebagai pengubah image menjadi teks.

Bagaimana Cara Kerja Aplikasi OCR

 

Pada aplikasi OCR cara kerjanya menggunakan teknik yang disebut matrix atau pencocokan pola. OCR akan menyimpan data tentang bentuk tiap karakter pada programnya. Ketika sebuah teks discan, OCR akan mencocokkan tiap karakter yang discan dengan bentuk karakter pada database OCR.

Setelah setiap image (gambar) sudah dirubah menjadi huruf atau angka dengan aplikasi OCR maka secara otomatis akan menghasilkan ffile dengan format teks, seperti Ms. Word, Ms. Excel, TXT, Rich Text dan lainnya tergantung format teks yang diinginkan di awal.