Bagi Anda pengguna internet tentu mengenal marketplace lokal milik anak bangsa Indoensia yaitu Bukalapak. Achmad Zacky adalah pemilik Marketplace Bukalapak yang didirikannya pada tahun 2010, berbekal ilmu pemograman yang dimiliki olehnya pada saat mengenyam pendidikan kuliah di Institut Teknologi Bandung. Bukalapak saat ini adalah sebuah marketplace Indonesia yang bisa diprhitungkan bagi para investor yang berminat dalam menanam modal dan mengembangkan investasinya.

Adanya Bukalapak tentu menjadi ladang pengahsilan bagi mereka para pelapak yang memiliki produk untuk menjual secara online. Keuntungan berjualan online dengan mengguanakan Marketpalce Bukalapak Anda bisa berjualan dengan mudah dari mulai proses registrasi hingga proses promo produk yang Anda jual. Kemudahan promosi karena Bukalapak mempunyai banyak pengunjung setiap harinya.

Untuk bisa berjualan di Bukalapak maka anda tidak perlu melakukan hal yang sulit. Anda bisa mendaftarkan akun anda terlebih dahulu. Cara untuk mendaftar akun ini hampir sama dengan anda mendaftar sebagai pembeli di bukaklapak. Anda bisa mengisi informasi yang benar untuk membuat akun berjualan di Bukalapak. Anda bisa menggunakan email dan nomor handphone yang aktif.

Berikut ini cara dan tahapan Anda melakukan registrasi sebagai penjual di Bukalapak.

Pertama Anda harus masuk kea kun Bukalapak.com, setelah itu Anda akan masuk ke website Bukalapak dan pada bagian bar kanan aka nada menu LOGIN dan DAFTAR.

Sebagai pengguna baru untuk registrasi Anda bisa memilih menu DAFTAR.

Setelah klik Daftar maka Anda akan dilanjutkan pada menu isian yang harus Anda lengkapi seperti Username, Password, nama lengkap dan alamat email, nantinya ini akan digunakan saat Anda melakukan LOGIN dan verifikasi data melalui email.

Pada bagian username nama yang Anda input akan diverifikasi ketersediannya oleh Bukalapak terlebih dahulu saat selesai input. Fungsi verifikasi ini adalah melihat ketersediaan apakah nama yang Anda daftarkan sudah ada yang memiliki atau belum. Jika sudah ada maka Anda akan mendapatkan pemberitahuan jika nama tersebut sudah tersedia dan Bukalapak akan meminta untuk mengganti namanya.

 

Jika data isian sudah lengkap maka Anda bisa langsung mengklik DAFTAR.

Tahapan berikutnya Anda akan mendapatkan halaman pemberitahuan dari Bukalapak sebagai Pendaftaran Baru user. Setelah Anda masuk ke halaman ini silahkan klik bagian SELESAI, DAN SAYA AKAN CEK EMAIL SAYA.

Pengecekkan email kembali adalah agar Anda bisa mengkonfirmasi dan LOGIN masuk ke BUKALAPAK khusus akun atas nama Anda.

           

Setelah masuk ke email, Anda bisa langsung mengklik berita pemberitahuan dari BUKALAPAK. Setelahnya Anda bisa klik KONFIRMASI EMAIL.

Anda secara otomatis pada tahapan selanjutnya masuk kea kun BUKALAPAK atas nama Anda. Disana ada keterangan “Akun Anda Berhasil Terkonfirmasi”, dan Anda sudah berhasil melakukan pendaftaran di BUKALAPAK. Pada halaman ini Anda bisa scroll ke bagian bawah Bukalapak menyediakan modul yang bisa Anda pelajari yaitu:

  1. Cara berbelanja
  2. Cara berjualan
  3. Mengapa belaja di Bukalapak aman?
  4. 8 Keuntungan berjualan di Bukalapak.com
  5. Komunitas Bukalapak.com

Jika Anda perhatikan pada bagian bar kanan atas terdapat banyak menu seperti admintrsasi, transaski, berjualan, dan my lapak. Pada menu My Lapak Anda akan menemukan menu Barang Di jual, Barang Tidak Dijual, Barang Favorit, Paket Push, Feedback, Invite, Widget, Pengaturan, Daftar Notifikasi. Tentu tidak semua menu yang ada di My Lapak akan dibahas, yang akan kita bahas adalah menu Widget.

Pada menu Widget Anda akan menemukan daftar isian untuk profil pribadi Anda yaitu menu AKUN.

Pada menu AKUN Anda di wajibkan untuk melengkapi profil dari mulai foto, nama, alamat, email, dan nomor telpon. Setelah Anda melengkapi data isian profil pribadi silahkan klik SIMPAN.

 

Selanjutnya Anda bisa klik Menu Pengiriman dimana menu ini berisikan jenis layanan pengiriman yang akan Anda gunakan untuk mengirimkan produk yang Anda jual ke customer. Sebagai saran sebaiknya pilih jasa pelayanan yang memang dekat dengan lokasi Anda, hal ini agar Anda mudah melakukan pengiriman dan bisa sesegera mungkin mengirimkan barang jika sudah fix.

Menu selanjutnya adalah Tutup Lapak yaitu Anda bisa menset waktu jualan Anda jika toko akan tutup. Jadi pelanggan tidak bisa melakukan transaksi jika Anda sudah menset waktu tutup toko.

Selanjutnya adalah menu Rekening Bank, pada menu ini Anda wajib memasukkan nomor rekening Bank yang sesuai dengan nama Anda. Gunanya pencantuman nomor rekening ini adalah jika customer fix membeli barang Anda dan melakukan transaksi maka Bukalapak akan mengirimkannya ke rekening Anda.

Tentu sangat mudah melakukan registrasi sebagai pendaftar baru di Bukalapak. Mungkin waktu yang dibuthkan hanya 15 menit dari muali mendaftar hingga melengkapi data isian. Selain itu Anda tidak dipungut bayaran saat melakukan pendaftaran, semuanya free. Maka jika Anda memulai untuk berjualan online di Bukalapak maka tidak ada modal uang yang keluar untuk melakukan marketing atau sewa lapak, karena berjualan secara online yang dibutuhkan adalah foto produk yang menarik dan alamat penjual yang jelas. Tidak seperti berdagang secara offline yang membutuhkan biaya sewa tempat dan promosi.

Penutup

Artikel tersebut menerangkan tentang cara mendaftar di Bukalapak sebagai pendaftar baru. Bagi para pedagang offline atau online bisa melakukan pendaftaran ke Bukalapak dengan mudah, karena prosedurnya yang memberikan kemudahan untuk membantu para pelapak. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pedagang yang ingin beralih atau memulai jualan online produknya di Bukalapak.