Anda mungkin suka bertanya bagaimana mendapatkan notebook/laptop yang bagus dengan harga yang murah? Sebenarnya banyak sekali cara untuk bisa mendapatkanya. Semua tergantung dari pengetahuan Anda tentang kualitas notebook dengan spesifikasi tinggi yang akan Anda beli dan tentunya kejelian dalam memilih, menimbang dan menyesuaikan biaya adalah hal paling utama untuk bisa mendapatkanya.

  • Jadilah pembeli yang smart. Usahakan Anda membeli komputer, belilah dari pembeli pertama, bisa teman, sodara atau siapapun yang mungkin sudah Anda kenal. Cek cara pemakaian dan juga perawatan notebook tersebut. Cek masa warranty dan segel garansi pada noetbook, karena ketika segel masih utuh menandakan jika hardware komputer belum pernah mengalami service atau penggantian sparepart oleh pihak lain.
  • Lakukan pengecekan yang mendetail ketika membeli notebook second dari Toko Komputer. Anda tentu tidak mengetahui kondisi notebook second tersebut, apakah notebook yang di jual ke Anda dalam kondisi baik atau tidak layak katakanlah sudah pernah di lakukan penggantian sparepart atau yang lebih parah hardware sudah pernah mengalami proses penyolderan. Pengertian penyolderan adalah perbaikan spare part yang rusak pada notebook dilakukan manual oleh manusia tanpa mengganti part rusak dengan yang baru dari pabrikan, tentu hasil perbaikan tidak maksimal pada notebook walaupun bisa berjalan normal.

  • Lihat spesifikasi notebook. Spesifikasi sebuah notebook menentukan harga yang akan Anda keluarkan untuk bisa mendapatkan notebook yang sesuai keinginan. Anda bisa melihat spesifikasi sebuah notebook seperti melakukan pengecekan detail pada: 1). Tipe processor, merk dan kapasitasnya. 2). Tipe Hardisk dan kapasitasnya. 3). Kemampuan VGA pada notebook, dan sistem VGA onboard atau card. 4). Kemampuan LAN untuk mensupport gigabyte. 5). Kemampuan mbps pada wifi yang tersedia di Notebook
  • Saatnya menawar notebook yang Anda incar. Dalam jual beli barang second rasanya kurang puas jika tidak menawar untuk mendapatkan kepuasan harga yang murah dan mendapatkan spesifikasi barang dengan tipe tinggi. Tawarlah ketika harga notebook yang Anda ingini murah dan dibawah harga pasaran.