Keyboard adalah bagian yang cukup penting dalam komponen notebook untuk menunnjang aktivitasmu, namun keyboard juga bagian yang paling mudah kotor. Karena banyaknya debu dan kotoran yang mudah masuk ke keyboard laptop Anda tersebut, maka harus dibersihkan secara rutin agar mencegah kerusakan permanent pada keyboard tetap.

Tentunya komponen keyboard ini harus mendapatkan prioritas untuk diperhatikan lebih dengan rutin dibersihkan dan dirawat. Berikut ini tips mudah dan sederhana yang bisa Anda praktekkan sendiri untuk keyboard di notebook.

Membersihkan Keyboard Notebook

  • Pastikan notebook dalam keadaan mati dan terlepas dari charger dan USB yang menempel.
  • Siapkan kuas cat kecil dan alat penyedot debu.
  • Miringkan notebook untuk membersihkan keyboard agar bisa bersih secara optimal.
  • Bersihkan dengan menggunakan kuas untuk permukaan notebook.
  • Setelahnya gunakan mesin penyedot debut untuk mengambil sisa-sisa debu yang menempel.
  • Pastikan tuts setiap notebook berfungsi dengan baik dengan menekan tombol satupersatu sehingga bisa tercheck jika ada salah satu tombol yang mengganjal.
  • Setelah proses pembersihan celah tombol selesai, selanjutnya adalah dengan membersihkan permukaan tombol dengan alkohol kadar rendah. Cara pembersihannya adalah dengan meneteskan alkohol ke kapas, lalu bersihkan tombol keyboard secara perlahan.
  • Tunggu sampai kering baru laptop digunakan.

Merawat Keyboard Laptop

Selain membersihkan tentu diperlukan juga cara merawat keyboard pada notebook. Berikut cara merawat keyboard noetbook:

  • Lindungi keyboard dengan menggunakan protector keyboard agar debu dan kotoran tidak langsung masuk.
  • Pastikan tangan Anda bersih saat hendak menggunakan laptop, dan jangan menggunakan laptop sambil merokok karena abu rokok bisa saja masuk ke ruang keyboard laptop.
  • Hindari tempat berdebu saat menggunakan laptop.
  • Hindari keyboard dari tumpahan air terutama air yang mengandung gula seperti kopi dan susu, karena keyboard akan mudah rusak jika terkena air yang berkandungan gula
  • Tekan tombol keyboard dengan pelan, jangan menekan terlalu keras untuk menghindari kerusakan.

Tetapi dari kegiatan membersihkan dan merawat keyboard notebook yang sudah Anda ketahui dan regular dilakukan secara teratur, tentu Anda juga harus mengetahui jenis-jenis kerusakan pada keyboard. Sehingga ketika salah satu kerusakan terjadi Anda mengetahuinya dan bisa memperbaikinya atau harus mengganti dengan keyboar baru.

Baca artikel lainnya yang terkait 4 Faktor Yang Membuat Fan Notebook Rusak & Cara Merawatnya

Jenis Kerusakkan Pada Keyboard

Keyboard mati total, biasanya disebabkan komponen didalam keyboard short atau terkena air.

Keyboard mati pada tombol tertentu, biasanya dikarenakan ada debu atau remah-reamah yang menenpel dibagian bawah tombol keyboard. Maka perlu dibersihkan dengan kuas atau mesin penghisap debu.

Keyboard tersangkut pada tombol tertentu, ini juga sama dengan kasus banyaknya debu yang menempel.

Tombol terlepas, bisa jadi ini patah pada bagian rangka bawah salah satu tombol yang diakibatkan menekan tobol dengan keras. Biasanya bisa dilakukan repair pada bagian rangka di tombol keyboard yang rusak tersebut.

Nah jika Anda tidak menginginkan kerusakan-kerusakan tersebut terjadi di tombol keyboard, ada baiknya mulai dari sekarang rajin untuk membersihkan dan merawat bagian keyboard secara regular.