Suka memasak tetapi sering kali bagian bawah pada alat masak menjadi hitam seperti gosong akibat panas api selama memasak. Pemandangan dapur menjadi tidak menarik ketika alat-alat masak dapur seperti panci dan wajan terlihat hitam dan menggantung di dapur. Padahal dapur sudah bersih tapi kok terlihat tetap kotor dengan kerak hitam yang menempel.

Buat Anda yang suka memasak tentu perlu tahu bagaimana cara membersihkan kerak pada panci dan wajan yang gosong. Bercak gosong pada bagian luar panci kebanyakan disebabkan oleh jelaga. Jika jelaga dibiarkan bertumpuk di permukaan panci atau wajan dan tidak segera ditangani maka bercak gosong akan muncul, terutama di permukaan yang bergelombang tidak rata.

Berikut ini cara membersihkan wajan yang hitam dan membersihkan panci gosong:

  1. Tuangkan air panas ke dalam ember atau baskom yang bisa menampung panci atau wajan yang ingin dibersihkan.
  2. Campur air hangat dengan secangkir cuka dan secangkir bubuk soda kue ke dalam air panas. Aduk hingga tercampur.
  3. Celupkan panci atau wajan sehingga bagian luarnya yang gosong terendam air. Anda bisa meletakkan pemberat di dalam panci atau wajan agar tidak mengambang.
  4. Biarkan semalaman hingga kerak yang menempel menjadi lunak.
  5. Bersihkan kerak yang melunak pada bagian abwah panci dengan spons yang bertekstur kasar.

Setelah dibersihkan dan kerak hilang pada bagian wajan ada baiknya Anda mulai merawat alat-alat masak dan mencegahnya agar tidak menjadi gosong kembali. Cara mencegahnya dengan memastikan bagian luar panci dan wajan bersih dan kering sebelum dipakai di atas kompor supaya tidak ada yang terbakar pada permukaannya. Jika terbakar, sisa kuah, saus, minyak goreng, atau air bergula bisa menyebabkan perubahan warna pada bagian luar panci dan wajan. Selalu cuci panci dan wajan luar-dalam dengan sabun cuci piring cair yang mampu melawan minyak, lalu keringkan sebelum dipakai atau disimpan.