mendidik FILEminimizer

Sekolah bukan satu-satunya tempat untuk kegiatan belajar. Ketika anak Anda di rumah, Anda adalah gurunya. Tapi semuanya tidak harus terasa seperti pelajaran di kelas. Buat anak-anak Anda bersemangat menemukan sesuatu yang baru dengan menyamarkan kegiatan belajar sebagai waktu yang menyenangkan saat berada dirumah. Cobalah kegiatan menarik dan efektif yang dapat Anda lakukan di rumah bersama anak, seperti berikut ini:

Mainkan Game Pembelajaran
Secara tidak langsung ketika belajar dengan bermain game yang membuat anak-anak bergerak sambil belajar tentang berbagai mata pelajaran. Untuk anak-anak prasekolah, mulailah dengan permainan dasar yang membantunya belajar hewan ternak, angka, warna, dan bentuk. Sesuaikan permainan untuk anak-anak usia sekolah untuk membahas anatomi, pemerintahan dunia, bahasa asing, dan sejarah. Apa yang Anda pilih untuk diajarkan dengan permainan ini hanya dibatasi oleh imajinasi Anda.

Pelajari Dasar-Dasar Membaca Huruf
Mengajari anak Anda membaca adalah salah satu hadiah terindah yang pernah Anda berikan kepadanya. Mempelajari dasar-dasar phonics (yaitu, gagasan bahwa huruf membuat suara tertentu), mempersiapkan anak-anak untuk mengeja dan membaca kesiapan.
Anda tidak harus duduk diam di kursi tanpa henti mengulangi suara huruf. Cobalah kegiatan yang menjadikan belajar membaca huruf menjadi petualangan alih-alih pelajaran yang membosankan. Anak-anak dapat bermain game (mencari hal-hal yang dimulai dengan suara tertentu), berburu surat, membuat buku alfabet, dan bahkan menggunakan kamera digital untuk menghidupkan pelajaran membaca huruf bagi mereka.

Berlatih Menulis
Menulis adalah keterampilan yang akan digunakan anak-anak Anda sepanjang hidup mereka. Ajari mereka untuk menulis dengan metode yang menggunakan pensil ke kertas. Biarkan mereka menulis secara acak-acak atau seperti benang kusut. Untuk membantunya Anda bisa membuat tulisan huruf yang di titik-titiki, kemudian biarkan anak untuk menghubungkan titi-titik tersebut. Selanjutnya Anda bisa menggunakan mainan Play-Doh untuk membentuk huruf atau menggambar huruf dengan krim cukur. Mereka akan dihibur dan lebih siap untuk sekolah.
Jika Anda memiliki anak prasekolah, bantu mereka mempelajari alfabet dan gerakan setiap huruf. Untuk anak-anak usia sekolah, dorong mereka untuk meningkatkan kemampuan menulis mereka dengan membantu Anda dalam tugas menulis sehari-hari Anda.

Identifikasi Warna
Dengan satu pak pom-pom warna-warni, Anda akan menempatkannya pada jalur untuk mengidentifikasi warna, mempelajari cara menghitung, dan mulai menyortir, yang juga mendorong keterampilan motorik kasar. Pada saat yang sama, Anda membantu mereka mengembangkan keterampilan motorik halus mereka dengan membiarkan mereka mengambil benda-benda kecil.

Kembangkan Keterampilan Menghitung
Mengajari anak Anda cara menghitung tampaknya begitu sederhana tetapi membaca angka dengan urutan yang benar hanyalah awal.
Mainkan game yang memungkinkan mereka menyentuh benda-benda yang mereka hitung secara fisik. Sebagai bonus tambahan, penelitian menunjukkan bahwa proyek langsung mengaktifkan otak anak-anak dan membantu mereka belajar lebih baik. Anak-anak yang lebih mahir dalam keterampilan berhitung mereka dapat mencoba variasi permainan yang akan menantang mereka untuk berpikir melampaui menghitung menjadi tiga dan dalam hal berapa banyak benda yang mereka lihat sebelum mereka.

Ajarkan Matematika
Matematika adalah pelajaran yang mudah diajarkan karena ada di sekitar kita. Tambahkan jumlah orang yang menunggu di restoran. Bagilah jumlah pemain sepak bola di lapangan dengan jumlah botol air di bangku untuk melihat berapa banyak orang yang tidak minum.
Untuk anak-anak prasekolah, jagoan matematika masa depan Anda bisa mendapatkan awal untuk pengenalan angka (mencari angka saat bermain “I Spy”) dan belajar berhitung. Untuk anak-anak usia sekolah, selesaikan pecahan dan masalah matematika tingkat lanjut lainnya dengan permainan matematika, sempoa, dan bahkan menggunakan kue kering yang dibentuk angka atau sebagai media berhitung jumlah dan pengurangan pada kue.

Perkaya Pikiran Mereka Dengan Musik
“Mary Had a Little Lamb” dan “The Itsy, Bitsy Spider” mungkin ada di lingkaran konstan dalam daftar putar anak-anak. Tetapi ada begitu banyak kegiatan musik yang bisa Anda mainkan bersama untuk menanamkan kecintaan pada musik yang akan mereka bawa sepanjang hidup mereka.
Tekan nada yang tepat dengan kelas musik yang menyenangkan, buat instrumen Anda sendiri (tambahkan lonceng ke piring kertas untuk membuat rebana, misalnya), dan mainkan permainan musik. Rekam suara instrumen dan putar kembali untuk melihat apakah anak Anda bisa mendapatkan jawabannya dengan benar, atau buat permainan trivia musik dan ulas jawabannya. Anak-anak prasekolah menyukai satu-satu-waktu dengan ibu dan ayah dan anak-anak usia sekolah dapat memulai pelatihan formal untuk meningkatkan keterampilan musik mereka.

mendidik 2 FILEminimizer

Coba Eksperimen Sains di Rumah
Pikirkan “eksperimen sains” dan Anda mungkin memiliki visi ledakan laboratorium kimia. Jangan takut: Anda tidak perlu mengubah dapur Anda menjadi zona ledakan untuk mengajar anak-anak mengerti tentang sains di rumah.

Anak-anak prasekolah akan menikmati percobaan sains sederhana yang tidak membutuhkan banyak upaya dari Anda (gunakan permen karet dan tusuk gigi untuk membuat bentuk), namun penuh dengan peluang belajar yang menyenangkan. Anak-anak usia sekolah dapat mencoba eksperimen sains yang sedikit lebih terlibat tetapi tidak akan meninggalkan rumah Anda sebagai daerah bencana ketika mereka selesai.

Tanam Taman
Ada lebih banyak menanam kebun daripada menempelkan benih di tanah dan menunggu sesuatu tumbuh. Kebun adalah pelajaran sains, nutrisi, dan kesabaran yang digulung menjadi satu bidang tanah di halaman belakang Anda.
Taman mengajarkan anak-anak prasekolah bagaimana tanaman hidup. Ini juga cara mudah untuk mengajarinya tentang nutrisi dan membuatnya bersemangat makan sayuran yang dia tanam. Anak-anak usia sekolah dapat membuat jurnal berkebun, mempelajari nama ilmiah tanaman, dan menanam lebih banyak tanaman yang sulit.

Buat Situs Web

Kotak ajaib di meja Anda adalah pintu terbuka untuk belajar. Nyalakan komputer dan buat situs web bersama.
Anak-anak prasekolah mungkin bukan perancang situs web terbaik, tetapi mereka tidak terlalu muda untuk memiliki situs web sendiri. Dengan bantuan Anda, mereka dapat mengambil gambar untuk situs mereka, memberi tahu Anda apa yang ingin mereka katakan di blog mereka, dan mempelajari apa yang diperlukan untuk membuat situs web berjalan dengan lancar. Ketika mereka lebih tua, Anda dapat mendesain ulang situs bersama dan menyerahkan kunci tanpa harus melakukan banyak hal untuk mereka. Anak-anak usia sekolah siap untuk mengelola sebagian besar situs mereka sendiri, yang akan membantu meningkatkan keterampilan menulis dan berpikir mereka. Anda juga dapat menggunakan situs webnya untuk mengajarinya cara tetap aman saat online .

Jelajahi Budaya Dunia
Letakkan buku cerita atau gambar mengenai salah satu budaya Negara dan ceritakn padanya secara menyenangkan. Sedikit kreativitas dapat membantu Anda mengajar anak tentang budaya dunia dengan cara yang akan membuat belajar menjadi menyenangkan sambil memperkaya kesadarannya akan tradisi dan cara hidup orang lain. Dunia tidak akan pernah terlihat sama dengannya lagi.
Contohnya anak-anak prasekolah dapat menikmati kerajinan tangan yang mungkin ia temukan di negara lain dan mencicipi makanan otentik yang Anda masak bersama. Anak-anak usia sekolah dapat belajar etiket budaya, menemukan sahabat pena dari negara itu, dan belajar kata-kata dari bahasa resmi.