buah naga

Buah naga merupakan buah berbahan dasar kaktus yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia seperti menurunkan risiko diabetes, kanker, melancarkan pencernaan dll. Mengapa disebut buah naga, karena bentuknya seperti naga dan begitulah nama buah ini. Untuk menikmatinya cukup potong menjadi dua bagian dan makan lapisan dalamnya dengan sendok. Anda juga bisa membuat smoothie dari buah naga ini.

Apa itu Buah Naga?

Adalah buah tropis dengan tampilan unik, teksturnya legit dan rasa manis. Penampilannya mengambil namanya dari naga bernapas api. Buah ini memiliki antioksidannya yang kaya dalam mencegah risiko kanker dan diabetes. Pastikan untuk menambahkan buah super ini ke dalam makanan sehari-hari Anda.

Bagaimana rasanya buah naga?

Buah naga rasanya seperti campuran kiwi dan pir. Pertama kali Anda membelah buah ini, mungkin tampak seperti darah merah karena daging buahnya yang putih dan bijinya yang kecil berwarna hitam. Buah tropis ini memiliki banyak manfaat kesehatan dan inilah mengapa Anda perlu menambahkan buah ini ke dalam makanan sehari-hari Anda.

Nilai kandungan Gizi pada Buah Naga

Apa yang membuat buah ini menjadi makanan super bagi tubuh Anda? Kandungan nutrisi dari buah ini yang kaya akan Vitamin C, E, Magnesium, Besi dll. Berikut tabel nutrisi dari buah aneh namun super sehat ini.

CATATAN: Nilai gizi yang tercantum di bawah diambil sesuai dengan porsi satu cangkir yaitu 227 gram buah naga.

  • Gizi Nilai
  • Protein 3 gram
  • Lemak NOL
  • Kalori 136
  • Besi 8%
  • Serat 7 gram
  • Vitamin C 9%
  • Vitamin E. 4%
  • Magnesium 18%
  • Kalsium 107

10 Manfaat Kesehatan Buah Naga Untuk Tubuh

Fakta menarik tentang buah ini adalah klaim orang Cina bahwa buah ini berasal dari api naga selama pertempuran. Melemahkan mitos seputar buah ini, ada sesuatu yang membuatnya sangat menyehatkan bagi kita. Berikut adalah daftar 15 manfaat kesehatan dari mengonsumsi buah naga.

Bagus Untuk Kesehatan Mata

Buah ini mengandung beta-karoten (pigmen yang memberi warna pada buah) mencegah masalah mata seperti katarak dan degenerasi makula. Satu cangkir (220 gram) buah naga setiap hari akan membantu kesehatan mata Anda

Mengurangi Risiko Diabetes

Buah ini mengandung serat dalam jumlah tinggi yang menjaga kadar gula dlaam darah dan menghindari lonjakan di antara penderita diabetes. Konsumsi buah ini secara teratur dapat membantu menyeimbangkan kadar gula dalam darah dan mencegah konsekuensi medis lebih lanjut di kalangan penderita diabetes.

Mengurangi Risiko Kanker

Buah ini mengandung khasiat anti kanker yang dapat mengurangi resiko terkena kanker pada bagian usus besar. Sumber vitamin C yang tinggi berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C adalah antioksidan kuat yang mencegah Anda tertular penyakit kronis seperti diabetes, Alzheimer , Parkinson, kanker, dll.

Meningkatkan Imunitas tubuh

Buah ini tinggi akan kandungan vitamin C yang meningkatkan kekebalan dan membantu Anda tetap sehat. Lebih banyak vitamin C berarti tubuh Anda mampu melawan infeksi mematikan yang mungkin rentan Anda alami. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengonsumsi 1 cangkir (200 gram) buah ini setiap hari dan tetap sehat.

Baik Dikonsumsi Selama Kehamilan

Buah ini mengandung vitamin B, folat dan zat besi yang menjadikannya buah yang ideal untuk ibu hamil. Vitamin B dan folat mencegah cacat lahir dan meningkatkan energi selama kehamilan. Kandungan kalsiumnya bertanggung jawab untuk perkembangan tulang janin. Kandungan magnesiumnya membantu melawan komplikasi pascamenopause pada wanita.

buah naga 3

Baik untuk Kelancaran pencernaan

Buah ini kaya akan sumber oligosakarida (karbohidrat) yang membantu pertumbuhan bakteri baik seperti flora, yang membantu melancarkan pencernaan pada tubuh. Dikemas dengan serat tinggi yang juga membantu kesehatan pencernaan, mengurangi risiko kanker dan penyakit kardiovaskular.

Baik Untuk Kesehatan Jantung

Buah naga dengan daging buah berwarna merah mengandung betalains (menimbulkan warna merah di dalam buah) yang mengurangi kolesterol jahat. Biji kecil yang berwarna hitam gelap di dalam buah ini kaya akan asam lemak omega-3 dan omega-9 yang baik untuk jantung dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Melawan Penuaan Kulit

Penuaan pada manusia menjadi lebih cepat dapat disebabkan oleh stres, polusi, dan faktor-faktor lain seperti pola makan yang buruk, dll. Namun, kaya akan sumber antioksidan yang dapat mengatasi sengatan matahari, kulit kering dan jerawat. Kandungan vitamin C-nya dapat membantu kulit menjadi lebih cerah. Anda bisa menyiapkan jus buah naga dan meminumnya sekali sehari agar kulit bercahaya.

Baik Untuk Perawatan Rambut

Butuh rambut tebal, hitam dan berkilau? Cobalah bubuk buah naga yang dicampur dengan segelas susu (250ml) sekali setiap hari dan ini akan membantu Anda. Sumber nutrisi tinggi yang terdapat dalam bubuk ekstrak buah ini mengurangi kerusakan rambut yang disebabkan oleh pewarnaan rambut buatan dan memperbaiki tekstur rambut, sehingga membuatnya lembut dan berkilau. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengkonsumsinya sekali sehari dan Anda akan menyaksikan perubahannya.

Tulang Sehat

Kesehatan tulang yang baik dapat berkontribusi pada banyak faktor seperti menghindari cedera, nyeri sendi dan lain sebagainya. Buah super ini mengandung 18% magnesium yang membantu tulang lebih kuat dan kesehatan tulang yang baik. Yang perlu Anda lakukan hanyalah minum satu gelas smoothie buah naga setiap hari.