CV copy

Berburu pekerjaan bisa sangat melelahkan. Apalagi jika Anda melamar banyak sekaligus. Kita semua tahu bahwa memiliki CV bagus yang menonjol akan memberi kita keunggulan dalam proses lamaran, tetapi apakah kita semua tahu cara menulis CV yang menonjol? Sangat penting bahwa ketika Anda melamar pekerjaan impian, Anda memiliki CV yang benar-benar menarik perhatian pemberi kerja. Jangan lewatkan kesempatan karena CV Anda yang terlihat tidak menarik.

Ini merupakan tip yang dan hal penting untuk diingat adalah bahwa ada pekerjaan di luar sana untuk Anda, jangan berkecil hati dan jangan menyerah! Semoga tips ini akan membantu Anda menulis CV yang memberi pekerjaan yang sesuai dengan harapan Anda.

Periksa Ejaan Ketika Menulis CV

Perusahaan akan memilih orang untuk di interview berdasarkan tingkat pengalaman dan keterampilan mereka. Jika orang lain melamar yang memiliki pengalaman dan keterampilan yang sama dengan Anda, tetapi Anda memiliki kesalahan ejaan pada CV Anda, Anda mungkina akan keluar dari daftar. Hanya membutuhkan 2 menit untuk memeriksa ejaan dan seharusnya tidak ada alasan untuk kesalahan ini saat Anda menulis CV.

Sesuaikan CV Yang Akan Ditulis

Jika Anda menulis CV yang tidak sesuai dengan industri yang akan Anda lamar, tentu saja Anda akan diabaikanoleh perusahaan. Sebaiknya CV yang Anda tulis menyesuaikan pada setiap pekerjaan yang akan dilamar. Baca deskripsi pekerjaan dan pastikan Anda menyebutkan keterampilan yang mereka cari. Ini mungkin terdengar seperti pekerjaan yang berat, tetapi jika Anda menulis CV yang sesuai dengan lowongan yang dibutuhkan oleh perusahaan tentunya Anda akan memiliki tingkat keberhasilan yang jauh lebih tinggi.

Tulislah Bagian Inti Saat Anda Menulis CV

Perusahaan tidak mencari seluruh kisah hidup Anda. Mereka hanya perlu tahu tentang keahlian dan pengalaman Anda cocok dengan posisi yang sedang mereka rekrut. CV tidak boleh lebih dari 2 halaman A4. Buat agar singkat dan sederhana di CV Anda, Anda dapat memperluas pengalaman di surat lamaran Anda. Deskripsi singkat dan poin-poin bagus untuk menjelaskan peran dan keterampilan Anda sebelumnya. Ingatlah bahwa ini bukan rincian hari kerja Anda, ini adalah ikhtisar pengalaman Anda.

Minta Orang Lain Untuk Membaca CV Anda

Penting bagi Anda untuk meminta beberapa orang mengoreksi CV yang telah Anda buat, untuk memastikan Anda tidak melewatkan kesalahan apa pun. Mereka bahkan mungkin memiliki saran tentang CV Anda, dan itu bisa menjadi inputan untuk menambah peluang CV menjadi menarik. Saat Anda menulis CV, mudah diingat bahwa orang lain akan membacanya, jadi yang terbaik adalah meminta teman dan anggota keluarga untuk memberikannya sekali lagi sebelum Anda meng-apply ke perusahaan yang membuka lowongan.

Buat CV Terlihat Bagus

Tidak cukup hanya menuliskan pengalaman Anda. CV Anda harus menarik secara visual. Ada template CV yang dapat Anda gunakan untuk membantu hal ini, tetapi Anda tetap harus mengeditnya agar sesuai dengan pengalaman Anda daripada menggunakan template yang standard. Presentasi CV yang menarik akan menentukan CV Anda dibaca dan CV Anda dibuang oleh perusahaan. Ini bisa menjadi hal-hal yang membedakan Anda dari kandidat lain, jadi gunakan itu untuk keuntungan Anda.

CV 2

Sempurnakan Pernyataan Pribadi Anda Saat Menulis CV

Pernyataan pribadi Anda adalah kesempatan Anda untuk memberi tahu pemberi kerja mengapa pengalaman Anda terkait dengan pekerjaan sebelum mereka sampai ke surat lamaran Anda. Ini harus berupa gambaran singkat tentang pengalaman Anda dan bagaimana hal itu berkaitan dengan pekerjaan dan industri yang Anda lamar. Melamar posisi pengawas? Pastikan untuk menyebutkan bahwa Anda adalah pemimpin tim dalam proyek grup universitas Anda atau pengalaman apa pun yang mungkin Anda miliki dalam kepemimpinan. Sesuaikan untuk pekerjaan yang Anda lamar dan sempurnakan.

Jujur Saat Menulis CV

Jika Anda berbohong tentang pengalaman atau pendidikan Anda, kemungkinan besar Anda akan ketahuan. Ini sangat penting saat Anda menambahkan pendidikan Anda. Itu tidak terjadi setiap saat, tetapi pemberi kerja mungkin meminta bukti pendidikan Anda sebelum menawarkan Anda pekerjaan. Demikian pula mereka mungkin memeriksa riwayat pekerjaan Anda melalui referensi, dll. Jika Anda mengaku mahir dengan perangkat lunak tertentu kemudian muncul di hari pertama dan tidak dapat menggunakannya, itu akan terlihat sangat buruk.

Dapatkan Referensi Yang Baik

Kemungkinannya adalah, seperti yang dinyatakan di atas, pemberi kerja ingin memeriksa dengan pemberi kerja Anda sebelumnya untuk memastikan Anda tepat untuk posisi tersebut. Mereka kemungkinan besar akan menginginkan referensi dari posisi terbaru Anda karena itu adalah cerminan yang lebih baik dari pengalaman Anda. Pastikan Anda meminta referensi ini dan mencantumkan “referensi tersedia berdasarkan permintaan” atau mencantumkannya di CV Anda. Ini bukan sesuatu yang dapat Anda hindari dan lebih baik berterus terang tentang hal itu dan mengakui bahwa Anda bisa mendapatkan referensi ke perusahaan.

Pastikan Untuk Memberikan Detail Kontak Terbaru

Ini sangat penting. Sangat mudah untuk mengabaikan ini dan lupa memperbarui nomor telepon / alamat email Anda. Tidak semua pemberi kerja akan mengirim email, beberapa akan menelepon sehingga penting agar semua detail kontak Anda selalu diperbarui. Ini akan terlihat sangat tidak profesional jika Anda memberikan nomor telepon yang salah dan mereka tidak dapat menghubungi Anda. Pada catatan ini, tolong jangan masukkan alamat email yang terlihat tidak profesional. Buat yang baru yang lebih profesional.

Gunakan Bahasa yang Tepat Saat Menulis CV

Menggunakan bahasa “aktif” seperti “dianalisis” atau “dibuat” akan menunjukkan Anda sebagai seseorang yang menggunakan inisiatif dan membantu Anda menonjol. Ingatlah bahwa setiap orang akan menggunakan kata kunci seperti “pekerja keras” dan “pemain tim” jadi lebih baik untuk menunjukkannya. Alih-alih “Saya adalah pemain tim pekerja keras”, cobalah bahasa seperti “Ketika saya menjadi pemimpin grup universitas saya, saya bekerja keras dan menciptakan lingkungan yang santai dan fokus” atau “bekerja dengan tim * masukkan pekerjaan * di * sisipan perusahaan * Saya berkembang dengan bekerja dengan anggota tim dan mendorong mereka untuk menjadi lebih baik ”. Ingatlah bahwa pemberi kerja membaca ratusan CV, jadi cobalah untuk menonjol dengan mengubah bahasa yang Anda gunakan.