wawancara FILEminimizer

Pastinya Anda telah tidak asing lagi dengan aktifitas wawancara? Namun sebagian dari Anda ada yang masih sulit membedakan antara komunikasi dan wawancara. Nah, wawancara artinya sesuatu yang harus dilakukan dengan persiapan yang matang. Entah itu wawancara selama pekerjaan ataupun wawancara   dalam mempresentasikan tugas

Dalam wawancara, Anda dituntut untuk menjadi sosok yang menarik yang seperti berhak untuk memperoleh kesempatan direkrut. Hal-hal krusial dalam wawancara yang harus dipersiapkan merupakan aspek apa saja yang termasuk penting dalam wawancara. Dengan begitu, Anda dapat mempersiapkannya secara matang. Nah, agar wawancara Anda berjalan lancar, mari simak ulasan lengkapnya di bawah ini, hal-hal yang penting Anda siapkan sebelum wawancara.

Memahami Tujuan Wawancara Dilakukan

Biasanya, wawancara dilakukan ketika seseorang ingin mengetahui informasi ataupun adanya masalah-masalah yang sedang terjadi. Wawancara ini dilakukan oleh dua bahkan lebih pewawancara. Adanya wawancara dapat mengurangi kesalahpahaman. Selain itu, wawancara juga biasa dilakukan oleh mahasiswa saat menyelesaikan tugas akhirnya. Dalam wawancara, terdapat hal-hal penting yang harus diperhatikan. Saat hal ini sudah terlengkapi, maka wawancara dapat berjalan dengan lancar. Bahkan, tujuan wawancara lainnya yaitu menambah wawasan Anda untuk mengetahui suatu informasi.

Hal Penting Yang Dipersiapkan Saat Wawancara

Saat melakukan apapun, pastinya Anda mengingingkannya semuanya berjalan lancar dan juga sukses. Seperti halnya saat hendak melakukan wawancara, terdapat beberapa hal-hal penting dalam wawancara yang perlu Anda persiapkan agar berajalan dengan lancar. Seperti apa saja persiapan-persiapan tersebut?

Penampilan sebagai penentuan kesan pertama

Dalam hal apapun, penampilan memang menjadi hal yang penting. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan seseorang dapat menciptakan kesan pertama pada saat pertama kali mereka melihat Anda, sebelum lebih jauh mengenal seseorang yang dilihat tersebut. Sehingga mempersiapkan pakaian yang sesuai merupakan hal yang penting. Pakaian yang digunakan telah sesuai, berarti menggambarkan bagaimana Anda sudah dipandang orang lain ketika wawancara nanti. Pakaian untuk wawancara sangat disarankan untuk terlihat rapi, detail, sopan, dan energik. Nah, sangat disarankan untuk wanita yang akan melakukan wawancara, untuk tidak mengenakan pakaian yang mencuri perhatian pewawancara. Sebisa mungkin hindari warna terlalu cerah atau motif yang terlalu ramai. Saat Anda mengenakan pakaian yang rapi dan sopan, pewawancara akan menambahkan hal tersebut sebagai nilai positif yang menjadi tambahan nilai untuk Anda, serta memberikan kesan yang baik.

Baca juga:  5 Hal Pertama Yang Perlu Dilakukan Dalam Menulis Rencana Bisnis Anda

Tunjukkan personality Anda

Saat wawancara sudah mulai, Anda akan diberikan waktu untuk menceritakan bagaimana personality diri Anda. Misalnya saja kekurangan dan kelebihan mulai dari diri Anda. Dimulai dari situasi seperti apa yang membuat Anda merasa tertekan? Situasi seperti apa yang membuat Anda sangat marah dan dalam kondisi seperti apa? Dan masih banyak lagi pertanyaan yang sering muncul dan berkaitan dengan personality Anda. Maka sangat penting diawal untuk mengenali personality Anda sebelum melakukan wawancara. Jangan sampai Anda menceritakan kelemahan yang Anda miliki tanpa memikirkan strategi untuk menanggulanginya, sehingg mampu membuat Anda terkesan lemah dihadapan pewawancara. Selain itu dalam menceritakan kelebihan Anda juga harus hari-hati, agar tidak terkesan sombong dan terlalu percaya diri.

wawancara 2 FILEminimizer

Buatlah list pertanyaan dan jawaban saat wawancara

Poin ketiga yang penting dalam wawancara yang harus ada yakni membuat list dari pertanyaan dan jawaban yang sering muncul saat melakukan wawancara. List pertanyaan dan jawaban tersebut kemungkinan akan muncul saat wawancara nanti berlangsung. Nah, seperti halnya ketika Anda membuat pertanyaan hal yang berkaitan tentang kepribadian, maka Anda harus paham seperti apa personality dari diri Anda yang sebenarnya. Selain itu, cobalah membuat pertanyaan yang berkaitan terkait Curriculum Vitae ataupun hal-hal lainnya yang Anda buat. Setelah membuat list pertanyaan telah selesai, cobalah untuk menjawabnya sesuai dengan gesture tubuh Anda.

Pelajari company profile & posisi yang ditawarkan

Terkadang Anda lupa untuk mempelajari seperti apa perusahaan yang memangil untu wawancara dan tidak mempelajari posisi apa yang di tawarkan. Karena secara umum, pasti Anda akan mempunyai pertanyaan perihal company profile, job description, dan posisi pekerjaan yang Anda pilih. Maka sangat disarankan untuk mengunjungi website resmi perusahaan yang memanggil Anda dan menghasilkan informasi perusahaan. Coba pelajari tugas dan wewenang dari posisi yang Anda inginkan. Sehingga Anda mempunyai banyak refrensi tentang posisi yang ditawrkan perusahaan. Jadi persipkan dengan sebaik mungkin, sehingga peluang yang Anda dapatkan tidak menjadi hal yang percuma

Baca juga:  Mengapa Sikap Bersyukur Sangat Penting, & Bagaimana Menumbuhkan Rasa Syukur

Itulah beberapa hal-hal penting yang harus dipersiapkan sebelum wawancara. Wawancara mungkin terlihat sangat mudah, tetapi jika Anda tidak menyiapkannya dengan sebaik mungkin, maka semuanya terlihat sia-sia. Maka dari itu, perhatikan hal-hal penting dalam menghadapi wawancara ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.