bekerja

Mempunyai tugas utama dan usaha sampingan seperti berjualan online tentunya tidaklah semudah yang dilihat saat memparktekkannya. Banyak waktu dan tenaga yang dikorbankan dua kali lipat, atas resiko yang diambil. Jika fokus antara keduanya tidak terbagi dengan baik, maka akan menyebabkan Anda keteteran dan overload dalam menyelesaikanya. Terutama ketika order permintaan atas usaha yang dibangun sedang tinggi dan pekerjaan utama yang Anda jalankan sedang banyak-banyaknya dikejar deadline oleh kantor.

Taktik Mengatur Waktu Ketika Jualan Online

Bagi Anda yang saat ini sedang bekerja sebagai pegawai kantoran dan juga menjalankan usaha jualan online, tentu membutuhkan strategi agar keduanya berjalan seimbang. Sehingga perlahan-lahan Anda bisa melepaskan pekerjaan kantor yang kini dijalankan dan fokus pada jualan online. Anda perlu mengerjakan pengaturan waktu yang tepat untuk keduanya dengan 4 cara berikut ini:

Tentukan prioritas pekerjaan dan setting waktunya

Saat memulai bisnis jualan online sebagai pegawai kantoran tentu yang menjadi pertimbangan agar keduanya berjalan adalah melakukan pengaturan waktu. Anda harus mengetahui mana yang harus diperioritaskan setiap harinya dan mana yang mampu dikesampingkan. Jika kondisi ini tidak dilakukan oleh Anda maka bukan tidak mungkin akan membuat Anda keteteran dan akhirnya menyerah pada salah satunya.

Simulasinya Anda harus mengetahui terlebih dulu jadwal pekerjaan yang harus dilakukan pada pekerjaan kantor, baru setelahnya Anda bisa mengatur jadwal untuk usaha online Anda. Bagi Anda yang membuka usaha dagang secara online di media sosial bisa men-setting kapan jadwal online. Dengan metode tersebut, pelanggan bisa melihat dan mengetahui kapan bisa menghubungi Anda. Jadi, tentukan waktu yang seimbang dengan demikian bukan hanya tugas utama Anda yang lancar, akan tetapi bisnis sampingan Anda juga jalan dan berkembang.

Memanfaatkan waktu akhir pekan untuk membangun bisnis online

Jika Anda merasa kurang waktu dalam mengelola bisnis online yang dibangun, maka Anda bisa memanfaatkan waktu luang di hari libur untuk fokus menjalankannya. Akan tetapi, sebelum itu sebaiknya Anda sudah membuat rencana pekerjaan yang akan dilakukan pada waktu libur tersebut. Dengan begitu, Anda tidak akan merasa kesusahan apalagi bila banyak barang baru yang harus diupdate pada media sosial dan banyak order yang belum sempat dijalankan.

bekerja2

Segera mengerjakan pekerjaan yang sudah direncanakan

Untuk menghindari Anda keteteran dalam mengerjakan pekerjaan kantor dan menjalankan usaha, sebaiknya Anda benar-benar disiplin dalam menyelesaikan semua pekerjaan sesuai jadwal. Dengan begitu, Anda tidak akan mempunyai tugas yang menumpuk. Setidaknya hal tersebut dapat mengurangi kepadatan pekerjaan Anda. Jadi saat waktu luang Anda bisa sedikit beristirahat untuk mengembalikan energi sebelum kembali bekerja.

Hindari bekerja dengan multitasking terlalu lama

Anda dapat saja melakukan semuanya sendiri, apalagi untuk bisnis jualan online yang sudah mulai berkembang. Sebaiknya mulailah untuk merekrut orang untuk menjalankan usaha jualan online yang mulai berkembang dan hindari melakukan semuanya sendirian. Kondisi ini akan membuat Anda terlalu kaku dan tidak bisa melakukan tugas krusial lainnya. Seperti Anda bisa  mempunyai admin untuk mengupload barang-barang baru dan menjawab pertanyaan pelanggan di media sosial.

Namun, hal yang paling krusial saat mengatur waktu antara tugas utama dengan bisnis jualan online yang Anda lakukan. Anda bisa disiplin dan konsisten menjalankan dengan tepat waktu dengan jadwal yang Anda buat.