akhir pekan

Apakah Anda pernah menyadari sebagai seorang pekerja bahwa esok adalah hari libur dan akhir pekan? Karena banyak dari sebagian pekerja 80% menyadari bahwa esok akan datang akhir pekan dan belum memiliki rencana aktifitas yang akan dilakukannya di akhir pekan. Memang sangat menyenangkan mengisi akhir pekan dengan berbagai kesibukan yang bisa menyegarkan pikiran setelah melalui lima hari yang penuh dengan penatnya pekerjaan.

Anda bisa mencoba liburan akhir pekan dengan aktifitas yang membuat pikiran lebih tenang dan tubuh lebih rileks. Membuat liburan untuk menikmati suasana santai misalnya bisa dengan berada dirumah sambil memanjakan tubuh sah sah saja dilakukan, karena aktifitas ini akan membuat Anda lebih bersiap untuk kembali beraktifitas bekerja dari hari senin hingga jumat.

Kali ini Vondanote akan memulai kembali memberikan tips bagaimana Anda bisa merasakan liburan akhir pekan terasa begitu nyaman dan santai.  Sehingga Anda bisa bersantai di akhir pekan dan bersiap diri untuk menyambut Hari Senin kembali bekerja serta menyelesaikan pekerjaan dengan baik.

Hindari pergi hingga larut malam di akhir pekan

Anda mungkin pernah atau sering merasa sangat lelah di Hari Minggu? Malas rasanya untuk membuka mata serta tubuh merasa tidak fit saat di akhir pekan? Biasanya kondisi ini wajar saja datang di waktu weekend Anda karena dipengaruhi oleh aktivitas yang berlebihan saat bekerja dari senin hingga jumat.

Untuk menikmati akhir pekan Anda dengan santai, cobalah untuk menghindari pergi ke suatu acara atau suatu tempat hingga larut malam. Sudah pasti diakhir pekan semua area wisata, restaurant, dan tempat-tempat hangout yang menyenangkan akan penuh serta macet sudah pasti. Padahal Anda ingin akhir pekan lebih santai melepas penat dan stress setelah bekerja selama lima hari.

Tentu saja Anda harus sedikit mengalah pada tubuh Anda, yang pertama harus di lakukan adalah mendengar kondisi tubuhmu sendiri. Pikirkan kembali apakah akhir pekan yang akan datang akan lebih baik jika di habiskan keluar hingga larut malam, atau melakukan aktifitas olahraga dipagi hari, bersantai di rumah menonton show kesayangan, ataupun sebentar saja untuk menghabiskan waktu di kedai kopi.

Anda punya banyak alternatif untuk menghabiskan akhir pekan demi memperoleh akhir pekan yang santai dan melawan Hari Senin dengan kondisi yang melelahkan atau tidak siap.

Melakukan olahraga di pagi hari

Menyambung point sebelumnya salah satu cara menghabiskan akhir pekan yang akan membuatmu lebih santai dan semangat menghadapi hari senin yaitu dengan berolahraga dipagi hari. Tidak perlu melakukan olahraga yang sulit, cukup lakukan olahraga ringan seperti bersepeda, jalan kaki, lari pagi, senam dan sambil menghirup udara sejuk dipagi hari. Rasakan udara pagi yang segar memasuki tubuh Anda dan membuang udara kotor yang ada didalam tubuh.

Tempat berolahraga bisa dilakukan di taman dan tempat lainnya di sekitaran rumah. Dengan berolahraga mampu memberikan keuntungan untuk fisik lebih sehat dan pikiran lebih fresh. Faktanya, berolahraga dapat memproduksi endorfin dan enkefalin. Dua zat ini terbukti membuat seseorang untuk melepas stres dan merasa senang. Selain itu, berolahraga juga mampu memproduksi sel saraf hipokampus baru yang bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan daya ingat.

Mengistirahatkan diri dari Media Sosial

Salah satu alasan seseorang merasa tetap stress diakhir pekan adalah tanpa sadar terlalu lama menghabiskan waktu di media sosial. Karena Anda berfikir inilah meet time untuk memanjakan diri dengan bersantai menikmati update berita di media sosial yang hampir mustahil untuk sering mengeceknya disaat bekerja.

Namun cobalah memberi kesempatan pada pikiran Anda untuk benar-benar menikmati hari tanpa gangguan dari media sosial. Nggak ada salahnya untuk beristirahat sejenak dari media sosial. Mungkin akan terasa susah diawal dan Anda bisa mempermudahnya dengan melakukan kegiatan bermanfaat yang bisa menyita waktu secara perlahan hingga nantinya tanpa sadar terbiasa.

Makan masakan kesukaanmu

Metode ini jadi cara yang sederhana dan ampuh membantumu bersantai di akhir pekan. Mungkin saja memasak bukanlah rutinitas yang biasa Anda lakukan, apalagi jika kerjaan kantor Anda banyak menyita waktu hingga malam hari. Nah, untuk akhir pekan kali ini Anda bisa mencoba untuk membuat suatu resep masakan yang menjadi favorit Anda untuk disantap diakhir pekan.

Memasak bisa memberikan penghargaan atas kemampuan masak bagi diri Anda dan menjadi sesuatu aktifitas baru yang menarik.

Tanpa disadari jika Anda mulai menekuni memasak setiap akhir pekan, maka akan mahir memasak masakan favorit.  Anda juga dapat mengundang sahabat maupun keluarga untuk bersama-sama memasak dan merasakan masakan yang Anda buat.

akhir pekan 2

Membuat catatan setiap akhir pekan

Suka membaca catatan harian seseorang yang menarik, mengapa tidak diakhir pekan Anda juga membuat catatan akhir pekan yang menarik.

Membuat catatan mingguan setelah hari panjang yang dilalui tidak hanya membantu Anda merasa bersyukur atas kehidupan yang diberikan oleh sang pencipta. Mungkin Anda tidak menyadari, tapi dibalik segala kondisi melelahkan yang dirasakan, selalu ada sesuatu yang perlu disyukuri syukuri. Catat hal-hal kecil yang berkesan di hari itu, baik kondisi yang membuat Anda senang ataupun sebaliknya. Hal-hal yang bisa jadi mengganggu pikiran di hari tersebut dapat dengan mudah hadapi dan cari jalan keluar ketika mencatatnya dengan bagus.

Membuat catatan mingguan di akhir pekan mampu membuat pikiran untuk bersantai di akhir pekan dan  siap menghadapi Hari Senin.

Mungkin akan ada banyak bentuk kekhawatiran yang Anda rasakan saat akhir pekan akan berlalu dan akan memulai kembali beraktifitas. Tetapi ada banyak bentuk aktivitas yang sebenarnya membantu Anda untuk bersantai di akhir pekan. Tidak perlu terlalu memikirkan pekerjaan yang telah menunggumu di Hari Senin. Berikanlah penghargaan untuk dirimu sendiri akan kerja keras yang telah dilakukan selama 5 hari bekerja dengan memberikan sejenak tubuh beristirahat.