Pengertian penulis lepas atau penulis freelance adalah seseorang yang menekuni bidang menulis dan bekerja sebagai penulis tetapi tidak terikat oleh rutinitas pekerjaan dikantor. Penulis lepas biasanya bekerja berdasarkan kontrak dengan klien dan mendapatkan pembayaran setelah  pekerjaan selesai berdasarkan kontrak yang disepakati dengan klien.

Bekerja sebagai penulis lepas tentu bisa dilakukan oleh semua orang tanpa memerlukan tingkat Pendidikan, tetapi membutuhkan jam terbang dan portofolio tulisan yang professional untuk mendapatkan klien. Semakin Anda sering menulis dan mempublikasikan tulisan secara profesional misalnya di media social, akan semakin banyak klien yang mempertimbangkan Anda untuk bekerjasama.

Menjadi penulis lepas bukan berarti tidak bisa bekerja kantoran, beberapa pegawai kantor memilih side job menjadi penulis lepas untuk menghasilkan uang tambahan atau yang disebut uang ceperan. Contohnya saja para penggiat blog atau yang disebut blogger, pasti beberapa dari mereka masih melakukan blogging sambil bekerja kantoran. Dengan makin bertambahnya inovasi dan teknologi yang berhubungan dengan dunia internet rasanya peluang menjadi penulis lepas mulai menjajikan dengan beberapa tokoh sukses yang bermunculan di dunia blogger.

Jenis-jenis Penulis Lepas Yang Bisa Menghasilkan Uang

Menulis Blog

Blogging adalah pasar yang ‘relatif’ mudah untuk didobrak sebagai penulis lepas. Ada jutaan blog di luar sana, beberapa di antaranya tidak memerlukan banyak pengalaman untuk menulis. Tentu saja, semakin banyak pengalaman yang Anda dapatkan, semakin banyak penghasilan yang didapatkan. Secara pribadi, pekerjaan blogging adalah favorit saya. Blogging cenderung mengarah pada bisnis jangka panjang dan Anda bisa fokus pada tema tulisan yang spesifik yang akandibangun pada blog. Namun perlu diingat penulis lepas yang sudah sukses dan mengahasilkan uang dengan blognya membutuhkan pengorbanan waktu, pikiran, dan tenaga untuk menjadikannya professional dan berpengalaman di dunia blog.

Baca juga:  12 Cara Menulis CV Yang Menarik & Lolos Ke Tahap Interview

Menulis E-book

Penjualan eBook semakin meningkat setiap tahunnya dan ini bisa menjadi peluang untuk menghasilkan uang bagi penulis lepas. Anda bisa menghasilkan uang dengan menulis sebuah eBook dan menjualnya secara online. Ebook sendiri adalah sebuah buku digital yang biasanya dijual dengan online melalui sebuah website. Anda bisa menghasilkan uang, saat customer deal dan membayar eBook yang Anda tulis dan jual.

Ada 2 cara untuk menjual eBook yang Anda tulis:

·       Mengelola Website eBook Sendiri

Pembaca mengunjungi situs, mereka memesan, dan mereka mendapat link download untuk mendapatkan buku Anda. Ini bisa diatur secara otomatis dan Anda cukup mengawasi untuk memastikan situs berjalan dengan lancar. Keuntungan dari cara ini adalah Anda bisa mengontrol seluruh prosesnya, mendapat semua informasi pelanggan sehingga Anda bisa mempromosikan layanan produk atau buku tambahan, dan Anda bisa mematok harga lebih tinggi.

·       Memasarkan dan menjual eBook di halaman website orang lain

Jika Anda malas untuk membangun website yang akan digunakan untuk menjual eBook yang Anda tulis, Anda bisa menjualnya di situs-situs yang memasarkan ebook. Jadi Anda hanya tinggal mendapatkan transferan dari website yang telah menjual eBook Anda pada lamaannya.

Copywriting

Menjadi penulis lepas seperti copywriting saat ini mulai banyak diminati, karena perusahaan saat ini lebih banyak melakukan promosi melalui media sosial dan website. Copywriting yaitu tulisan yang bertujuan sebagai iklan atau mempromosikan sesuatu produk milik klien Anda. Namun jenis tulisannya bukanlah review yang hanya berisi penjelasan, biasanya tulisan dibuat menarik perhatian, membuat pembaca tertarik pada sesuatu yang dipasarkan sehingga melakukan kegiatan membeli.

Penerjemah Bahasa Asing

Menjadi penulis lepas sebagai penerjemah salah satu pekerjaan sampingan yang bisa menghasilkan uang yang sama dengan pekerja kantoran dan bahkan lebih. Sebagai penerjemah yang Jika Anda sangat pandai dengan bahasa asing, misalnya Bahasa Inggris atau Bahasa Jepang, cobalah buka jasa menerjemahkan. Biasanya banyak klien seperti perusahaan besar membutuhkan jasa penerjemah dokumen dengan cepat dan dalam jumlah yang banyak. Anda akan menghasilkan uang dari klien jika tugas menerjemakan dokumen sudah selesai dan klien merasa puas.

Baca juga:  5 Komponen Dari Produk Tabungan Bank & Manfaat Menabung di Bank

Menulis Content Web Sebuah Perusahaan

Penulis konten sebuah perusahaan adalah salah satu bidang kerja penulis lepas yang berfokus pada penulisan company profile sebuah perusahaan dan berbagai achievement di website. Saat ini perusahaan banyak yang membuat website sebagai sarana marketing untuk mengenalkan perusahaanya kepada customer melalui dunia maya.

Namun pebisnis atau perusahaan sering kali tidak memiliki waktu atau justru tidak ahli untuk membuat konten marketing di web perusahaannya, tetapi memerlukan content marketing yang berkualitas untuk menjual produk dan jasa mereka. Maka ini menjadi ladang bagi penulis lepas untuk menghasilkan uang dengan menjadi penulis contet perusahaan. Penulis akan menghasilkan uang setelah selesai menyelesaikan pekerjaanya sesuai dengan kontraknya dengan klien.

Kesimpulan

Ada banyak jenis pekerjaan menulis lepas dari lima yang kita bahas hari ini. Namun, jika keahlian Anda cocok dengan salah satu dari mereka, Anda seharusnya tidak memiliki masalah dalam mencari pekerjaan. Jika Anda baru menulis lepas, blogging cenderung menjadi pasar termudah untuk menerobos dan menghasilkan uang dengan konsep bisnis jangka panjang.

Namun untuk kategori menajdi penulis lepas  eBook, Copywriting, Penerjemah Bahasa asing, dan penulis content web perusahaan membutuhkan portofolio dan achivment dari pengalaman Anda sebagai penulis. Hal ini agar klien bisa mempertimbangkan Anda untuk memberikan proyek dan menyelesaikannya.