sukses

Sebuah keberhasilan bagi kebanyakan orang yang menginginkan kesuksesan, hanya sedikit yang akan mengatakan bahwa mereka telah mencapainya. Tapi apa sebenarnya kesuksesan itu? Siapa yang memutuskan bahwa Anda telah tiba dan berhasil dalam mencapai kesuksessan.

Pertama-tama untuk mencapai sebuah kesuksesan di sebuah bidang kehidupan apa pun, Anda perlu mendefinisikan apa arti kesuksesan bagi diri Anda secara pribadi. Jika hanya sebuah gagasan yang tidak memiliki arti, Anda tidak dapat berharap untuk tiba di puncak kesuksessan. Karena Anda tidak akan pernah bisa mengukur seberapa jauh atau seberapa dekat dengan kesuksesan jika belum mendefinisikannya dengan jelas dan spesifik. Contohnya bagaimana Anda menulis definisi kesuksesan bagi diri Anda dan menentukan langkah apa yang paling penting untuk memulainya? Sudahkah Anda berfikir dan melakukannya?

Langkah-langkah untuk menentukan dan mencapai kesuksessan yang luar biasa

Sinonim kesuksesan yang umum adalah prestasi, kebahagiaan, hasil yang menguntungkan, dan kemakmuran. Tetapi yang lebih penting, bagaimana kesuksesan bagi Anda? Sudahkah Anda meluangkan waktu untuk bergulat dengan pertanyaan itu? Jika Anda belum memutuskan ke mana Anda akan bepergian, tentu tidak akan ada peta yang akan membantu sebagai penngarah jalan menuju kesuksessan intu. Anda harus tahu apa yang di inginkan dan apa arti kesuksesan bagi diri Anda.

LANGKAH 1: Tentukan apa arti kesuksesan bagi diri Anda

Bagi sebagian orang, kesuksesan adalah mencapai tujuan finansial dengan penghematan yang besar, bagi sebagian orang yang bekerja yaitu mecapai karier di puncak,  bagi yang lainnya kesuksesan adalah menemukan kebahagiaan dan kesejahteraan emosional, dan yang lainnya berfikir sukses adalah memiliki hubungan yang bermakna dan sehat. Setiap orang memiliki keunikaan dalam menentukan arti sukses bagi dirinya sendiri, dan begitupula dengan Anda pasti memiliki keunikan dalam menentukan arti dari sebuah kesuksessan

Tidak ada yang bisa mencapai kesuksesan tanpa mendefinisikan apa artinya bagi diri mereka. Langkah pertama dalam perjalanan menuju kesuksesan adalah memutuskan apa yang paling penting bagi Anda.

LANGKAH 2: Bertanggung jawab penuh untuk hidup Anda dan orang yang Anda inginkan

Zdravko Cvijetic menulis dalam sebuah artikel : “Orang-orang sukses tahu bahwa mereka bertanggung jawab atas hidup mereka, tidak peduli titik awal, kelemahan, dan kegagalan masa lalu mereka.” Pernyataan ini menggambarkan konsep yang sangat penting jika Anda ingin mencapai kesuksesan.

Bertanggung jawab atas kualitas hidup Anda adalah hal terpenting dalam setiap resep kesuksesan.

Tidak cukup untuk bermimpi besar, tetapi Anda harus mengambil tindakan praktis yang mendekatkan pada pemenuhan tujuan dan apa yang penting bagi diri Anda. Tidak bisa Anda berharap untuk sukses jika hanya menyalahkan orang lain atas kehidupan Anda yang tidak bahagia, kekurangan uang, atau hubungan yang gagal atau peluang yang tidak mencukupi. Bagian terbesar yang Anda miliki adalah membuat komitmen pada diri sendiri untuk mengambil tanggung jawab penuh.

LANGKAH 3: Cari tahu kebiasaan yang menghambat kesuksesan Anda

Kesalahan lain yang mudah dilakukan adalah mengabaikan untuk memeriksa kebiasaan buruk yang memperlambat Anda dari mencapai impian dan tujuan.

Jika Anda bukanlah orang yang suka berpegang teguh pada tujuan sendiri maka ini akan menjadi tantangan untuk mencapai kesuksessan. Bahkan ketika Anda tahu apa yang penting bagi diri Anda, jika tidak bisa mengatakan tidak kepada orang lain atau menetapkan batasan untuk kebiasaan buruk Anda, tentu sangat mustahil untuk mencapai tujuan kesuksessan yang diharapkan.

Begitu Anda telah mengisolasi dengan jelas dan menyeluruh apa arti kesuksesan bagi Anda dan tahu bagaimana menuju ke sana, langkah penting berikutnya adalah melihat apa yang menghalangi jalan untuk maju. Karena menjaga perhatian Anda pada tujuan untuk mencapai kesuksessan membutuhkan kesadaran akan hambatan yang akan selalu datang.

Kebiasaan buruk Anda mungkin kecil seperti memeriksa email puluhan kali sehari atau merasa frustrasi dengan karyawan atau terlalu banyak menonton televisi. Namun jika waktu, energi, dan peluang yang hilang ditambahkan selama periode sepuluh tahun, tindakan-tindakan kecil itu adalah hal yang membuat Anda terikat pada kehidupan biasa yang semakin menjauhkan dari kesuksessan. Jadi langkah selanjutnya adalah menemukan kebiasaan apa yang merantai Anda ke tujuan yang secara tidak sadar Anda pilih.

Setelah menemukan apa arti kesuksesan bagi Anda, Anda telah membuat keputusan untuk mengambil tanggung jawab penuh, dan telah menghilangkan kebiasaan buruk itu. Langkah selanjutnya adalah memecah tujuan yang lebih besar menjadi yang lebih kecil. Sama seperti Anda tidak bisa makan apel atau semangka dalam satu gigitan, Anda tidak bisa mencapai apa pun sekaligus. Memecah visi yang lebih besar menjadi sasaran ukuran gigitan memungkinkan untuk menjadi lebih efektif dan mencegah terjebak yang akhirnya kewalahan.

sukses 2

LANGKAH 4: Mintalah otak bekerja secara alami

Manfaatkan otak yang Anda miliki untuk bekerjasama dalam mencapai tujuan sukses yang luar biasa. Dalam keinginan yang sungguh-sungguh untuk mencapai tujuan dan mengubah hidup Anda, banyak orang mulai terlalu besar. Kerugian dari memulai terlalu besar adalah bahwa biasanya tindakanny tidak dapat dipertahankan dan Anda tanpa sadar kembali ke kehidupan seperti biasanya. Memulai dari yang kecil adalah kunci untuk membangun kesuksesan dalam kehidupan sehari-hari Anda. Baik setelah sukses di tempat kerja dan sebagai orang tua, untuk membiasakan diri adalah kunci untuk memulai dari yang kecil sampai Anda mendapatkan moment kesuksessan itu.

LANGKAH 5: Buat rutinitas harian yang mendukung kesuksesan

Mencapai tujuan dan menerapkan kunci keberhasilan diakhiri dengan rutinitas sehari-hari. Kehidupan yang sukses tidak ditentukan oleh apa yang Anda lakukan sesekali. Sukses ditempa oleh apa yang di lakukan secara konsisten. Tidak peduli siapa yang Anda hormati atau kagumi dalam keberhasilan mereka, jika Anda bertanya kepada mereka bagaimana mereka tiba, mereka akan setuju bahwa jalur tersebut adalah disiplin tindakan sehari-hari yang menciptakan struktur untuk pertumbuhan secara pribadi dan profesional.

Pasangan yang santai bersama dalam hubungan cintaDalam ” Bill Gates, Warren Buffett, dan Oprah Winfrey All Use the 5-Hour Rule” tampak jelas bahwa semua pemimpin besar dan orang-orang sukses memiliki versi pribadi tentang konsistensi dan disiplin. Melakukan hal-hal yang paling berarti setiap hari akan membawa Anda ke tempat yang diinginkan. Rancang kebiasaan Anda sendiri yang mengarah pada kehidupan yang di inginkan. Buat rutinitas yang mendukung Anda untuk mencapai tujuan sukses luar biasa itu. Buat keputusan yang memandu Anda lebih dekat dengan kesuksesan yang di inginkan.

Selangkah demi selangkah, kesuksesan dimenangkan. Suatu hari Anda akan mencapai impian itu.