menabung

Manfaat bank yang utama dan sudah dikenal masyarakat seperti menghimpun dan menyalurkan dana. Bank sendiri bermacam-macam produk yang memiliki segudang keuntungan dan keunggulan yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan finansial Anda.

Dari bermacam-macam produk yang ditawarkan oleh pihak bank, tentu masing-masing memiliki komponen yang memberikan manfaat untuk nasabahnya. Anda pasti mengenal komponen apa saja yang dimiliki oleh produk tabungan, tetapi tidak menyadarinya. Selain komponen pada tabungan, Anda juga perlu mengetahui manfaat yang secara langsung di dapat dari menabung.

Produk Tabungan di Bank

Tabungan bukan hanya terdiri atas satu produk, tetapi kini mulai berkembang dengan banyak jenis, dimulai dari tabungan perencanaan, tabungan haji, tabungan berjangka, dan lain sebagainya.

Produk berupa tabungan popular di masyarkat karena mudah dijadikan wadah untuk menyimpan uang untuk lebih aman. Beberapa kantor telah memfasilitasi tabungan kepada para stafnya untuk kepentingan lain. Sebab melalui tabungan, Anda bisa juga melakukan pemindahan uang dalam waktu singkat dan aman. Produk bank yang satu ini memiliki beberapa komponen yang dapat digunakan oleh nasabahnya, seperti :

  • Buku Tabungan

Nasabah yang memilih menabung di bank akan mendapatkan buku rekening tabungan. Fungsi buku tersebut adalah melihat informasi dari semua transaksi yang dilakukan melalui produk tabungan yang Anda miliki.

  • ATM

Kartu Anjungan Tunai Mandiri atau disingkat Kartu ATM. Salah satu fungsi yang menjadi fasilitas dari produk tabungan ini membuat banyak pihak uangnya di bank. Kartu ATM dapat digunakan untuk melakukan bermacam-macam transaksi keuangan yang diperlukan nasabah.

  • Setoran Awal

Setoran awal. Setiap bank memiliki aturan yang berbeda mengenai setoran awal. Setoran yang dimaksud merupakan pemberian dana pada awal mula nasabah akan membuka tabungan. Beberapa bank ada yang menerapkan setoran awal hanya Rp50.000, namun beberapa ada yang membuat peraturan setoran pertama tabungan harus minimal Rp500.000.

  • Bunga

Salah satu fungsi ini menjadi daya tarik tabungan bagi setiap orang. Dengan adanya bunga, nasabah mengharapkan mendapatkan keuntungan dari menabung, meskipun nilainya tentu lebih kecil dibandingkan dengan melakukan investasi.

  • Biaya Bulanan

Dalam menghimpun uang dari masyarakat, bank juga tujuan mengelolanya untuk profit lembaga dan pembangunan nasional. Oleh karena itu, bank mengenakan biaya bulanan atau yang lazim dikenal dengan biaya administrasi untuk setiap nasabah yang menabung. Besarannya pun berbeda-beda, bergantung bank mana yang Anda pilih dan produk apa yang ingin Anda inginkan.

Manfaat Menabung di Bank

Karakteristik-karakteristik tersebut menciptakan tabungan bank seperti produk yang paling dikenal di masyarakat. Tentu kepopuleran tersebut tidak hanya hasil dari promosi yang gencar, melainkan karena berbagai manfaat yang dapat diperoleh dengan menabung di bank seperti berikut ini :menabung 2

  • Aman

Anda tidak akan ketakutan uang Anda bercampur ataupun dengan mudah diambil oleh pihak tertentu. Tabungan di bank memberikan manfaat keamanan yang menjamin uang Anda tidak akan hilang.

  • Terjamin

Menabung di bank lebih aman daripada menitipkan ke orang atau sengaja menaruh uang Anda di suatu tempat di rumah Anda. jJaminan menabung dana di bank karena pemerintah secara mandiri yang memastikannya terjamin melalui Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Adapun nilai  yang dijami oleh LPS maksimal senilai Rp2 miliar per nasabah per bank.

  • Berkembang

Uang Anda belum tentu bisa memperkaya diri sendiri. Namun dengan menabung di bank, Anda memiliki peluang untuk mengembangkan dana. Hal ini karena bank memiliki karakteristik suku bunga yang memungkinan uang yang Anda ditabung terus berkembang. Hanya saja, nilai suku bunga rekening simpanan di bank hanya 1-2% per tahun, dan besaran bunga ini juga bergantung dengan perbankan terkait.

  • Praktis

Jika mempunyai tabungan di bank, Anda juga bisa melakukan berbagai transaksi dengan cara lebih mudah. Kemudahan diperoleh karena bank menyediakan pelayanan perbankan elektronik selama 24 jam melalui ATM, mobile ataupun internet banking. Salah satu kemudahannya, Anda tidak perlu lagi antri hanya untuk membayar tagihan listrik di bank tertentu atau PLN karena dengan mudah dapat dilakukan menggunakan ATM.

  • Hemat

Dengan memiliki tabungan, Anda dapat untuk termotivasi menyisakan dana Anda menjadi simpanan. Dengan demikian  Anda dapat memperoleh manfaat hidup hemat.