Notebook bukanlah alat teknologi yang harganya murah, membeli alat tersebut tentu bisa menghabiskan uang gaji Anda, atau Anda perlu menabumg untuk mendapatkan notebook tersebut. Barang mahal dan penuh perjuangan tentu akan dirawat dengan sepenuh hati dengan pemiliknya. Banyak cara untuk melakukan perawatan notebook Anda salah satunya dengan membawa ke service center dari brand notebook Anda, tetapi tentu akan ada biaya service yang dikeluarkan untuk perawatan tersebut.

Perawatan hardware pada notebook sebaiknya Anda lakukan secara rutin setiap satu bulan sekali secara mandiri. Alat-alat yang wajib dimiliki untuk membersihkan hadware notebook bisa didapatkan dengan mudah di toko online. Untuk cara membersihkan hardware notebook Anda bisa mempelajarinya melalui tutorial yang ada di Youtube.

Namun pastikan sebelum membongkar bagian hardware notebook Anda benar-benar sudah paham bagaimana cara membersihkannya. Sehingga saat pembokaran hardware notebook tidak ada kendala dan kerusakan, yang artinya notebook bisa tetap running dengan normal setelah dibersihkan.

Alat-alat Yang Digunakan Untuk Membersihkan Hardware Notebook

Blower Karet

Alat pembersih blower ini memiliki ukuran kecil yang bentuknya bulat lonjong seperti pompa dan memiliki ujung seperti pipa yang memiliki lubang kecil dibagian ujungnya untuk mengeluarkan udara. Udara keluar ketika kita menekan bagian lonjong pada blower yang seperti balon.  Blower sangat efektif untuk membersihkan debu dan kotoran yang menempel disela-sela bodi notbook seperti keyboard dan bagian fan yang sulit dibersihkan hanya dengan kuas.

Cara penggunaannya cukup mudah, kamu hanya cukup menekan bagian karetnya saja untuk meniupkan angin pada bagian kamera yang ingin dibersihkan. Menggunakan blower karet ini cukup menguras energi karena cara menggunakannya adalah perlu tekanan / ditekan dengan memakai tangan.

Baca juga:  5 Jenis Pekerjaan Sebagai Penulis Lepas Yang Bisa Menghasikan Uang

 

Kain Microfiber

Kain microfiber adalah kain sintetis dengan memiliki diameter serat yang sangat kecil. Tekstur luarnya menyerupai seperti handuk yang lembut dan memiliki fungsi efektif menyerap debu. Maka saat menggunakan kain microfiber akan mudah kotor dan sebaiknya digunakan satu kain untuk membersihkan1 bagian saja. Jika sudah terlihat kotor sebaiknya tidak digunakan untuk membersihkan bagian yang lainnya, tetapi sebaiknya segera di cuci.

Kain Microfiber cocok untuk membersihkan bagian hardware seperti: layar monitor, mouse, casing, dan permukaan datar lainnya.

Air Blower

Air Blower adalah mesin yang berfungsi untuk menaikkan atau menurunkan tekanan udara. Model air blower yang seperti vakum cleaner mini ini, berfungsi meniupkan angin ke bagian notebook yang berdebu. Bersihkan keseluruhan bagian dalam hardware notebook yang terlihat dengan menggunakan air blower dengan bantuan mengunakan kuas dan sapukan secara perlahan untuk menghindari kerusakan pada bagian tersebut. Cocok untuk membersihkan PC dalam waktu singkat. Namun air blower tidak mampu membersihkan hingga ke bagian – bagian terkecil.

Mini Vacuum Cleaner

Mini vacuum cleaner alat vacuum cleaner yang berbentuk mini ini memiliki fungsi untuk menghisap debu yang sulit dijangkau. Di bagian ujungnya terdapat sikat halus yang bermanfaat sekaligus untuk membersihkan kotoran yang menempel. Mini vacuum cleaner banyak beredar untuk PC dan laptop karena menggunakan port USB. Untuk membersihkan: keyboard dan permukaan kecil yang berdebu.

Kanebo

Selain kain microfiber ada lagi kain yang memiliki fungsi membersihkan debu yang ada di notebook yaitu kain klap kanebo. Kanebo memiliki karakteristik jika terkena air dan akan sangat keras jika kadar air di dalamnya mulai menipis. Kanebo bisa digunakan untuk membersihkan bagian casing notebook.

Baca juga:  Uang Belanja Kurang & Sulit Menabung? Yuk, Praktek Cara Berhemat Vondanote

Busa Spray Pembersih Monitor

Untuk membersihkan bagian monitor Anda cukup menggunakan cairan busa pembersih alat-alat elektronik berbentuk botol spry yang dijual bebas di took. Caranya adalah cukup disemprotkan ke kain microfiber lalu lap ke kaca monitor dan bagian luar hardware notebook.

Nah ke enam alat untuk membersihkan notebook tersebut tidak semua harus Anda miliki, tetapi jika memiliki semuanya akan sangat membantu membersihkan notebook secara maksimal. Saya sarankan Anda untuk membeli alat-alat yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda.

Namun keenam barang tersebut sangatlah murah dan mudah ditemukan di toko online. Selain itu kelima barang yang disarankan termasuk kategori peralatan terbaik dan aman untuk membersihkan setiap hardware notebook baik luar maupun dalam dengan gambar tersebut di atas. Selamat mencoba membersihkan notebook Anda.