sepakbola

Banyak para orangtua yang harus mempertimbangkan untuk anaknya mengikuti kegiatan olahraga tim, seperti olehraga Basket, Sepak Bola, Volly, dan Lari Estafet. Jutaan anak berpartisipasi dalam kegiatan olahraga tim memberikan manfaat yang ditawarkan anak Anda sekarang ini. Contohnya interaksi sosial, kebugaran fisik, dan rasa pencapaian atas kerjasama tim. Mungkin Anda sebagai orangtua tidak menyadari bahwa olahraga tim dapat memiliki dampak yang bertahan lama pada peningkatan perkembangan anak. Beberapa keterampilan yang didapat saat mengikuti olehraga tim ini akan terbawa ke masa dewasanya, menurut American Academy of Child dan Adolescent Psychiatry.

Jadi penting bagi Anda sebagai orantua untuk tetap terlibat dalam olahraga tim anak Anda untuk memastikan ia mendapatkan hasil maksimal dari pengalamannya.

Memberikan Pengalaman Kepemimpinan dan Kerja Sama Tim

Olahraga tim mengajarkan anak Anda tentang mengapa kerja tim itu penting, yang dapat membantu ketika ia dewasa dan mungkin saat bekerja nanti sebagai bagian dari tim untuk menyelesaikan pekerjaannya. Berpartisipasi dalam olahraga tim juga dapat memberi anak Anda kesempatan untuk belajar tentang bagaimana menjadi pemimpin yang baik, yang merupakan keterampilan yang sangat berharga bagi orang dewasa nantinya

Memberikan Pengalaman Gaya Hidup Sehat

Libatkan anak Anda dalam olahraga tim untuk membuatnya tetap aktif dan bugar secara fisik selama masa kecilnya, yang membuatnya disiplin dan sehat hingga dewasa. Lebih dari 30% anak-anak di AS kelebihan berat badan, menurut Emory Healthcare. Anak-anak yang kelebihan berat badan lebih cenderung mengalami obesitas ketika mereka dewasa. Bermain olahraga tim dapat membantu menjaga anak Anda bugar, yang dapat mencegahnya dari berjuang dengan masalah berat badan sepanjang hidupnya.

olahraga basket

Memberi Pengalaman Membangun Rasa Percaya Diri

Biarkan anak Anda aktif untuk membantu membangun rasa percaya dirinya dan meningkatkan harga dirinya saat bermain olahraga tim bersama rekan-rekan setimnya. Anak-anak yang tidak berpartisipasi dalam olahraga tim cenderung mengalami depresi, memiliki kecemasan dan menunjukkan perilaku buruk, menurut Pusat Studi Anak Universitas New York, karena lebih banyak memikirkan keadaannya sendiri. Ini juga dapat mengikutinya ke dalam kehidupan dewasanya, karena anak-anak yang terlibat dalam olahraga tim sering merasa lebih baik tentang diri mereka sendiri, secara sosial dan fisik, sebagai orang dewasa.

Manfaat Pendidikan

Olahraga tim juga dapat bermanfaat bagi anak Anda secara akademis, yang dapat meningkatkan peluangnya untuk masuk ke perguruan tinggi pilihannya dan membantunya untuk mencapai tujuan karir. Olahraga dapat memengaruhi anak Anda untuk mengambil pendidikannya dengan lebih serius, mencegah kenakalan dan menurunkan risiko putus sekolah, kata Pusat Studi Anak NYU, menambahkan bahwa olahraga juga membantu anak-anak memecahkan masalah dan berpikir kritis. Keterampilan ini berpotensi mengikuti anak Anda sepanjang hidupnya.

Belajar Disiplin, Memiliki Rasa Hormat, dan Kepercayaan

Anak Anda belajar disiplin diri, kepercayaan dan rasa hormat melalui partisipasinya dalam olahraga tim, tunjukkan Pusat Studi Anak NYU. Kualitas-kualitas ini membangun karakter, yang membantu anak Anda menjadi lebih sukses dalam hidup. Dia belajar tentang menetapkan tujuan dan cara bekerja keras untuk mencapai tujuan itu.

Berani Mengatakan Tidak Untuk Yang Salah

Anak-anak yang berpartisipasi tidak berpartisipasi olahraga tim kemungkinan akan membuat keputusan yang salah seperti menggunakan obat-obatan terlarang, minum alkohol dan merokok menurut University of Florida. Hal ini disebabkan tidak adanya pengalaman aktifitas yang mengajarkan anak untuk menentuka keputusan yang baik dan benar di hadapan orang-orang ataupun teman-temannya. Namun berbeda ketika anak Anda menjadi bagian dari olahraga tim, anak Anda belajar betapa pentingnya untuk tetap sehat dan membuat keputusan yang baik sehingga ia dapat bekerja secara optimal.

Bagaimana, apakah Anda sebagai orangtua tertarik untuk mulai mendaftarkan anak ke bidang olahraga tim? Sebaiknya segera lakukan hal tersebut agar anak Anda memiliki berbagai pengalaman yang akan membantunya untuk dalam melakukan problem solving untuk bekalnya dewasa nanti. Jadi saya rasa jangan sia-siakan waktu untuk anak Anda yang hanya dihabiskan sisa waktunya dirumah tanpa kegiatan yang bisa memberinya sebuah pengalaman hidup untuk mengerti dalam mengembangkan diri saat dewasa nanti.