belajar1 FILEminimizer

Orangtua akan menginginkan anaknya tumbuh menjadi anak yang pandai. Bahkan, ada beberapa bapak ibu yang memaksa anak supaya mau belajar.

Namun, metode tersebut kurang efektif. Ketika anak dipaksa untuk belajar, maka otak mereka akan mengalami tegang dan pelajaran tidak akan masuk ke dalam otak.

Metode yang paling bagus untuk mewujudkan antusias anak dalam belajar dan lebih fokus untuk memahami pelajaran adalah belajar sambil bermain. Terutama untuk mereka yang masih duduk di bangku Taman Kanak kanak.

Materi di sekolah yang sukar mungkin saja menjadikan Anak jadi enggan untuk belajar. Selain itu, anak belum memiliki tingkat kemandirian yang tinggi untuk belajar dengan sendirinya tanpa paksaan. Itulah mengapa orang tua wajib menemani anak belajar di rumah. Meskipun kelihatannya sederhana, faktanya kegiatan ini dapat menjadi dukungan yang sangat besar bagi anak dalam belajar. Bahkan ibu bisa sekalian mengarahkan anak sehingga ia bisa lebih memahami pelajaran di sekolah. Menemani anak belajar merupakan bentuk perhatian ibu pada amaknya, sehingga bisa mempererat hubungan antara ibu dengannya. Namun, pastikan orang tua menemani anak belajar dengan tepat.

Berikut ini beberapa tips yang bisa para orangtua praktekkan agar anak antusias dalam belajar:

Selalu Memberikan Kebebasan Pada Anak

Keberadaan orangtua saat mendampingi anak belajar sebaiknya tidak memberi desakan pada anak. Karena itu, ibu sebaiknya tidak menekan anak untuk belajar secara berkelanjutan. Bila anak sudah terlihat lelah dan jenuh, sepatutnya berilah ia waktu untuk beristirahat. Meskipun tipe setiap anak berbeda-beda, ada yang senang belajar, ada yang cepat jenuh, walaupun ada juga yang tidak mau belajar sama sekali. Itulah mengapa dibutuhkan kesabaran yang sangat dalam dari orang tua untuk selalu mendampinginya.

Selain itu, perhatikan juga kemampuan dan ketertarikan anak. Jangan memaksa anak menyelesaikan soal yang sulit atau memaksa anak untuk cepat memahami sebuah pelajaran. Ingat, Anak masih dalam proses pembelajaran dan berlatih, sehingga sebagai orangtua perlu memakluminya bila ia sering melakukan kesalahan.

Jangan Lengah & Tetap Fokus Ketika Mendampingi Anak Saat Belajar

Mula-mula, orangtua perlu berkomitmen dulu bahwasanya sesibuk apapun, orangtua akan berusaha menyediakan waktu untuk mendampingi anak untuk belajar. Andaikata sudah berkomitmen, jalanilah hal tersebut dengan segenenap hati. Usahakan saat menemani Anak belajar, perhatian orangtua tidak boleh terbagi dengan HP ataupun urusa kantor. Orangtua harus tetap fokus menemani anak saat belajar agar waktu tersebut menjadi berkualitas. Anak juga secara tidak langsung akan belajar dengan giat bila melihat orangtuanya pun juga fokus mendampingi dirinya.

belajar 3 FILEminimizer

Mengajari Cara Belajar Yang Simpel & Mudah di Pahami Oleh Anak

Anda sebagai orangtua wajib mengenal gaya belajar anak sendiri. Ada beberapa anak yang mudah memahami pelajaran hanya dengan membaca saja, bahkan ada yang lebih mudah memahami pelajaran  mendengar penjelasan dan menyaksikan secara visual kasat mata. Malahan ada anak yang bisa dengan gampang memahami pelajaran dengan mengerjakan secara langsung tugas-tugasnya melalui PR.

Mengulas Kembali Pelajaran Yang Di Terangkan Di Sekolah, Dengan Metode Yang Mudah Di Pahami

Saat di sekolah, anak biasanya akan mencermati pelajaran dengan cepat namun juga hanya alakadarnya saja. Itulah sebabnya Anak gampang sekali melupakan pelajaran ketika sudah melewati jam istirahat atau ketika sudah pulang kerumah. Tugas orangtua adalah  membuat anak untuk mengingat-ingat kembali pelajaran yang telah dijelaskan di sekolah. Selain itu, pastikan juga anak tidak hanya sekedar mengerti dan menginggat dalam otaknya saja, tetapi juga memahami pelajaran yang baru saja di ajarkan tersebut. Dengan demikian, anak akan mudah mengingatnya dalam kurun waktu cukup yang panjang.

Selain itu saat menerangkan dan mengulang kembali pelajaran yang sudah diterangkan di sekolah sebaiknya sebagai orangtua kreatif dalam menggunakan metode yang mudah dipahami sang anak. Metode menjelaskan yang baik dan mudah dipahami tentunya didapatkan tidak dengan cara instan tetapi dengan terus belajar dan menganalisa, karena sebagai orangtuapun tetap harus belajar memberikan cara pengajaran yang baik untuk anaknya.

Berikan Waktu Yang Tepat Untuk Anak Menyelesaikan PR-nya

Seusia balita adalah masa-masa di mana anak akan senang senang bermain daripada melakukan aktivitas belajar yang menjenuhkan. Anak-anak tidak akan mau jika dunia bermain mereka di batasi apalagi di larang, oleh karena itu Anda sebagai orang tua harus pintar-pintar mensiasati agar anak mau belajar tanpa harus merasa dunia bermain mereka usik.

Semakin kecil umur anak, kemampuan untuk bertahan dan konsentrasi juga semakin sedikit. Pandai-pandailah memilih saat-saat belajar yang tepat dengan situasi anak yang tetap masih semangat dan masih antusias untuk melakukan kegiatan. Seumpama sebelum dan sesudah makan malam, karena biasanya jam-jam ini kondisi sudah tenang dan anak juga tidak begitu antusias untuk main di luar rumah.

belajar 2 FILEminimizer

Jangan Biasakan Anda Menyelesaikan PR Anak

Merasa Iba melihat anak mengerjakan PR yang susah, atau kadang-kadang Anda suka panik melihat anak susah sekali mengerjakan atau membutuhkan waktu yang lama untuk menyelesaikan satu soal saja. Tidak sedikit ibu yang pada akhirnya malah menolong menyelesaikan pekerjaan anak. Hal seperti ini sebaiknya tidak dilakukan. Pendidik di sekolah berusaha selalu memberikan pekerjaan rumah agar anak bisa berlatih menyelesaikan soal demi soal agar semakin memahami pelajaran yang di ajarkan tersebut. Mengerjakan pekerjaan rumah sang anak hanya akan membuat anak menjadi tidak mandiri dan malas, serta akan membuat intelektualnya jadi tidak terpolah dengan bagus.