jenuh FILEminimizer

Mulai memiliki rasa jenuh denga aktifitas pekerjaan dikantor sangat mungkin terjadi pada seorang karyawan. Penyebab kejenuhan adalah kondisi melakukan aktifitas yang sama setiap hari oleh karena itu setiap karyawan akan menemui titik kejenuhan pada pekerjaanya.

Lalu apa yang harus saya lakukan ketika kejenuhan itu datang?

Apakah saya perlu melakukan resign dari karir yang sudah dibangun pada tempat saya bekerja hanya karena jenuh?

Tentu saja tidak perlu sampai resign dan memutuskan untuk bebas atau menganggur sementara, karena kejenuhan yang datang sifatnya sementara dan bisa diobati dengan melakukan aktifitas lain diluar rutinitas kantor yang bisa memberi penghargaan atas rutinitas Anda.

Tidak perlu khawatir dengan permasalah bosan dan jenuh tersebut, cobalah untuk melakukan hal-hal berikut ini yang bisa menghilangkan rasa jenuh tersebut.

Melakukan cuti untuk libur sejenak dari rutinitas kantor

Sebagai seorang karyawan Anda bisa mengajukan untuk mengambil hak cuti tahunan sebagai usaha berlibur ataupun sekedar beristirahat untuk menghilangkan rasa jenuh. Sebelum mengajukan cuti, pastikan tidak ada pekerjaan yang terpending dan selesaikan semua kerjaan sebelum cuti sehingga liburan Anda akan menyenangkan tanpa gangguan masalah dari kantor. Jangan sampai Anda membebani rekan kerja dengan pekerjaan yang belum Anda selesaikan saat cuti.

Mengubah tatanan ruang kerja Anda

Cobalah untuk mengubah tatanan ruang kerja Anda, sebagai cara menghilangkan jenuh saat kerja. Bisa jadi jenuhnya Anda saat itu dipengaruhi oleh ruang kerja yang penampilannya sudah kuno dan monoton sehingga tidak ada semangat dalam bekerja. Selain itu bisa jadi ruang kerja tempat Anda bekerja, tanpa disadari dipenuhi oleh berkas atau barang-barang yang tidak terpakai sehingga mempengaruhi mood Anda saat bekerja.

Ubahlah ruang kerja dengan memanggil jasa desiain ruang kerja yang akan memberikan perubahan pada ruang kerja Anda terlihat kekinian dan mengembalikan mood untuk kembali berkatifitas. Dalam sekejapun Anda bisa menghilangkan rasa kejenuhan dari rutinitas kantor yang awalnya bisa jadi unmood

jenuh 2 FILEminimizer

Mengisi waktu luang dengan aktifitas membaca

Memulai rutinitas baru dengan membaca sangat berguna karena tentu saja bisa memperluas pengetahuan dan membuat Anda menemukan hal-hal baru sehingga membunuh rasa jenuh dari rutinitas kantor. Anda bisa memilih majalah atau buku yang akan dibaca dengan berkunjung ke toko buku. Cobalah untuk membaca topic bacaan yang berbeda dan belum pernah Anda baca, karena ini akan memancing motivasi Anda untuk membaca topi tersebut sampai habis. Aktifitas membaca ini disamping bisa memperluas wawasan juga mampu  menimbulkan ide-ide segar oleh karena itu dapat menjadikan pikiran Anda menjadi segar.

Mengikuti sebuah kursus

Mengikuti aktifitas lain misalnya kursus maupun pelatihan. Setiap perusahaan tentu menyediakan fasilitas pelatihan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan profesi untuk pengembangan diri bagi karyawannya. Cobalah memanfaatkan fasilitas ini dengan mengajukan untuk mengikuti sebuah pelatihan yang Anda minati kepada perusahaan tempat Anda bekerja.

Atau jika fasilitas ini tidak tersedia Anda bisa mengambil kursus secara mandiri yang tidak ada hubungannya dengan profesi pekerjaan Anda, seperti fotografi, menulis kreatif, mematung, menggambar, menjahit, musik, atau menari dan berbagai kursus hobi dan kecakapan lainnya. Dengan mengikuti kursus akan memberikan pengalaman baru terutama rutinitas Anda akan lebih berwarna tidak hanya memikirkan rutinitas kantor. Selain itu dari kursus mandiri yang Anda lakukan bisa dijadikan tambahan uang masuk, jika Anda berlatih dan sudah professional menerima order.

Menyalurkan ide dalam bentuk aktifitas

Menyalurkan banyak sekali macam ide yang ada di pikiran, salahsatu cara mengatasi jenuh. Anda bisa menjadikan sebuah ide misalnya dalam media seni seperti coretan, artikel, sketsa, gambar, lukisan, dan sebagainya. Ide ini bisa menggali hobby Anda yang ternyata menghasilkan paling tidak untuk diri sendiri, karena hasil karya yang bagus dari sebuah ide biasanya akan membuat diri Anda bangga.

Mengembangkan pertemanan baru

Tidak ada salahnya mencoba menhilangkan jenuh dengan mengembangkan jaringan pertemanan baru. Misalnya dengan mengikuti keanggotaan di berbagai klub hobi seperti otomotif, fotografi, melukis, penyuka seni, jalan-jalan, eksekutif atau profesi, dan sebagainya aka semakin memperluas wawasan serta jaringan. Hal ini dapat mematikan aroma bosan karena muncul banyak sekali perspektif mengenai profesi, keadaan baru diluar tempat kerja, sahabat baru diluar rekan kerja, partner diskusi mengenai banyak sekali hal selain dunia perkantoran, yang mampu mengembangkan dan memahami kehidupan dengan cara pandang yang berbeda. Selain itu Anda akan memperoleh persepsi baru perihal kehidupan diluar tempat kerja, dan mempelajari bagaimana cara orang lain memandang problem dan pemecahan masalahnya.