kopi FILEminimizer

Mulai dari jaman dulu hingga sekarang, kopi menjadi sebuah minuman favorit orang-orang disetiap negara. Jika dulu hanya para bapak-bapak atau pekerja laki-laki yang sering berkumpul sambil ngopi. Sekarang ini kopi sudah mulai banyak dinikmati oleh anak muda yang bisa dijumpai untuk sekedar senang-senang nongkrong di warung kopi. Melihat perkembangan minuman kopi yang makin tenar, membuka usaha warung kopi rasanya sebagai sebuah bisnis yang benar-benar menjanjikan.

Mungkin ada keraguan pada diri Anda saat baru memulai membuka usaha warung kopi. Mengingat pesaing dalam bisnis ini sangat banyak, seperti mulai dari warung kopi sederhana dengan harga murah hingga kedai kopi dengan harga mahalpun ada. Apalagi modal awal yang dimiliki sangat kecil untuk membuka usaha ini, sehingga membuat Anda mengurungkan untuk memulai bisnis kopi.

Jika diawal usaha Anda sudah memiliki pemikiran seperti itu maka Anda sudah menyatakan kalah perang sebelum memulai. Dalam merintis sebuah usaha jenis apapun, diawal-awal Anda jelas akan selalu melewati banyak rintangan dalam membangun dan menjadikan usaha Anda sukses. Anggap saja para pesaing tersebut sebagai tantangan yang harus dan bisa Anda kalahkan. Dalam perjalanan usaha Anda nantinya pasti ada rencana agar warung kopi yang Anda bangun bisa bersaing dengan warungkopi yang sudah sukses duluan.

Untuk membangun sebuah usaha warung kopi dengan modal kecil tentunya memerlukan refrensi dan informasi yang bisa menguatkan dan memotivasi Anda. Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa menjadi refrensi Anda dalam memulai usaha warung kopi kecil dengan modal kecil.

Menentukan target konsumen warung kopi Anda

Walaupun Anda hanya buka usaha warung kopi kecil-kecilan, bukan berarti Anda tidak memerlukan strategi dalam berjualan. Langkah pertama yang harus ditentukan dalam setiap membangun usaha adalah menentukan target dari konsumen Anda. Jadi dalam hal ini Anda harus menentukan siapa konsumen  yang akan berkunjung dan menikmati kopi di warung kopi Anda.

Apakah ini diperlukan, karena yang dibangun hanya warung kopi kecil?

Tentu saja perlu, karena target konsumen akan berkaitan dengan konsep warung kopi yang akan Anda buka dan membantu dalam memastikan lokasi tempat berjualan nantinya.

Contohnya Anda ingin membangun konsep warung kopi yang kekinian, berarti konsumen Anda adalah anak muda. Lokasi yang pas untuk membuka warung kopi disekitar kampus atau sekolah.

Selain itu memastikan target konsumen juga akan menyesuaikan modal usaha warung kopi Anda. Jika modal yang dimiliki hanya 7 juta kebawah, tentunya konsumen kalangan menengah keatas bukanlah target dari warung kopi Anda. Dengan modal usaha senilai itu lebih bagus menyasar masyarakat kalangan menengah ke bawah. Misalnya para pedagang di pasar, sopir, buruh pabrik, pekerja kantor maupun anak-anak muda.

Menentukan lokasi usaha warung kopi

Dalam membangun suatu usaha hal lain yang paling menentukan kesuksessan adalah dimana lokasi warung kopi yang akan Anda bangun. Ketika Anda salah memilih lokasi untuk berjualan, tentu berimpact pada usaha Anda akan sulit untuk tumbuh. Kondisi ini wajar mengingat lokasi yang strategis adalah sebagai faktor penentu suksesnya usaha yang dibangun.

Selain itu, ada keterkaitan erat antara pelanggan dan lokasi jualan yang Anda pilih nantinya. Oleh karena itu Anda bisa menjual minuman kopi pada target konsumen yang sesuai.

Menentukan besarnya modal usaha

Berapa modal awal Anda membangun sebuah warung kopi?

Menentukan modal untuk membangun sebuah usaha warung kopi yang sederhana, Anda harus pandai berhitung melakukan list semua kebutuhan perlatan yang akan digunakan dalam mendukung usaha warung kopi Anda. Sebenarnya cukup menyediakan peralatan untuk membuat kopi dan bahan-bahannya, maka modal 1 juta cukup.

Hal lainnya Anda masih harus menyediakan modal untuk keperluan menyewa lapak dan membeli peralatan lain yang dibutuhkan seperti display, peralatan rumahtangga lainnya, meja dan kursi untuk para konsumen Anda.

Namun jika dirasa setelah dihitung ternyata melebihi dari budget modal yang telah ditentukan Anda bisa membuka usaha warung kopi tradisional berkonsep tenda. Untuk sewa lapak, usahakan cari yang biaya sewanya sesuai dengan kemampuan sehingga tidak berat untuk mengawali usaha.

Setidaknya untuk membuka warung kopi sederhana modal harus Anda miliki antara Rp 5 juta – Rp 10 juta. Jika belu memiliki modal sebesar itu Anda bisa join modal misalnya dengan teman untuk bisa membangun bisnis warung kopi yang diinginkan. Sehingga nanti Anda bisa melakukan sistem bagi hasil atau besaran komisi dari modal yang diberikan dari hasil usaha warung kopi kepada teman Anda.

Dalam menentukan harga kopi di warung kopi Anda tentu bisa menyesuaikan dengan lokasi lapak jualan Anda. Misalnya warung kopi Anda di dekat lokasi pabrik, harga pergelas bisa Rp 5.000 – Rp. 6.000.

Mencari pemasok untuk bahan kopi

Membuka sebuah warung kopi tentu harus memiliki pemasok kopi yang berkualitas dan ini sangat penting di lakukan dalam menentukan kualitas kopi yang Anda jual. Jangan asal-asalan dalam memilih pemasok kopi karena ini berkaitan dengan kelangsungan dan keseuksessan bisnis warung kopi yang Anda bangun. Jika Anda memilih bahan kopi yang murah, maka Anda akan kehilangan pengunjung atau konsumen dalam waktu yang cepat. Tentu saja konsumen tidak akan mau kembali ke warung kopi Anda, karena kualitas minuman yang disajikan tidak sesuai.

Sebaiknya pilihlah kualitas kopi yang baik walaupun harganya sedikit mahal tapi terjamin. Selain itu, usahakan pemasok yang Anda pilih, memiliki pasokan bahan kopi yang banyak sehingga Anda tidak perlu takut kehabisan stok kopi. Sebagai seorang pengusaha lakukan perbandingan dengan beberapa pemasok kopi yang benar-benar berkualitas untuk mensupport usaha warung kopi Anda.

Membuat konsep warung kopi

Modal kecil bukan sebagai penghalang untuk membuat konsep warung kopi yang menarik. Contohnya konsep warung kopi pinggir jalan dengan gerobak dan didepannya disediakan tenda dengan lesehan para konsumen bisa menikmati kopi dari warung Anda. Selain itu buatlah sajian gorengan hangat yang biasanya menjadi teman minum kopi. Sangat menarik bukan warung kopi dengan gorengan hangat dimalam hari pasti banyak peminat.

Nah konsep tersebut menarik akan tetapi juga bisa dibangun dengan modal yang keciil tidak perlu mahal. Jangan sampai hanya karena mengejar konsep yang menarik malah membuat Anda membantalkan usaha membuat warung kopi dikarenakan kekurangan modal.

kopi 2 FILEminimizer

Melakukan promosi warung kopi Anda

Walaupun hanya sebuah wurung kopi kecil dengan gerobak kecil dipinggir jalan, jangan remehkan keberadaanya untuk tidak perlulah di promosikan. Justru sebaliknya Anda perlu berpromosi dari warung kopi tersebut agar cepat dan banyak mendapatkan pelanggan. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan misalnya mengundang kerabat, teman-teman serta tetangga untuk datang mampir dan mencicipi kopi warung kopi Anda.

Promosi lain yang bisa Anda lakukan adalah melalui media sosial seperti Facebook, Twitter dan Instagram. Siapa tahu ada dari mereka yang melihat promosi Anda dan tertarik untuk mencoba berkunjung di warung kopi Anda.

Memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen

Seenak apapun kopi yang Anda buat dan konsep warung yang menarik, akan tidak menarik jika pelayanan kepada konsumen kurang menyenangkan. Misalnya Anda sering memasang wajah masam ataupun judes saat ada konsumen datang membeli kopi. Konsumen juga pasti akan malas untuk kembali membeli kopi di warung kopi Anda, dan mungkin akan merasa cukup kecewa.

Munculkan sikap ramah pada pelanggan yang datang membeli, tanyalah dengan sopan orderan kopi mereka agar pelanggan merasa diperhatikan dan memberikan promosi ke teman-temannya bahwa pelayanan di warung kopi Anda sangat baik. Karena pembeli adalah raja yang harus di layani dengan baik oleh Anda. Jika Anda sedang menghadapi masalah rumah tangga, saat berjulan usahakan untuk tetap ramah dan tersenyum dan jangan tunjukkan wajah Anda sedang punya masalah. Pelanggan tahunya Anda menjual kopi dan mereka kepingin menikmati kopi buatan Anda.

Kesimpulan

Meskipun saat in pesaing dalam usaha kopi kekinian mulai banyak.  Membuka usaha warung kopi tetap menjanjikan. Itulah tips dalam membangun usaha warung kopi dengan modal kecil yang bisa Anda terapkan saat akan memulai usaha warung kopi dengan modal kecil.