Li Ka Shing FILEminimizer

Li Ka-Shing

“Kamu bisa percaya pada Fung Shui jika kamu mau, tetapi pada akhirnya orang mengendalikan nasib mereka sendiri.”

Dari awal yang sederhana menjual sebuah ikat pinggang dan jam tangan plastik, kekayaan bersih Li Ka-Shing sekarang diperkirakan mencapai $ 34,6 miliar.

Perjalanan Ka-Shing adalah kisah klasik tentang kekayaan. Keluarganya bermigrasi ke Hong Kong pada puncak perang, dan ia tidak memiliki pendidikan formal tetapi ia tidak membiarkan semua ini menghalangi dirinya untuk bangkit. Dia sekarang memiliki beberapa perusahaan, termasuk pabrik pertamanya Cheung Kong Industries dan Hutchison Whampoa, dengan saham di perusahaan besar di Inggris (perusahaan telekomunikasi 02), Kanada (Husky Energy) dan Amerika Serikat (Facebook).

Saat ini ia adalah kekuatan yang harus diperhitungkan, semua karena dia mengendalikan nasibnya sendiri. Dari cara dia menjalankan perusahaannya hingga bagaimana dia menghabiskan waktu luangnya, Anda bisa belajar banyak untuk mendapatkan sukses dari kisahnya.

Hargai Setiap Siklus Hidup Anda

Ka-Shing menyarankan para wirausahawan muda untuk merangkul situasi mereka. Berjuang untuk mendapatkan uang harian Anda tidak perlu malu untuk membeli roti. Tentu pada saat muda Anda memulainya tanpa uang, dan Anda bekerja keras untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik begitulah seharusnya.

Ka-Shing memulai bisnis pertamanya ketika ia berusia 22 (1950-an) dengan modal hanya HK $ 50.000 (US $ 6450). Karena kekurangan dana, ia menebus keinginannya untuk belajar dan berinovasi. Sekarang, terlepas dari kekayaannya, Ka-Shing tidak melupakan awal mulanya yang sederhana.

“Buah yang kamu makan tidak akan pernah terasa secantik buah yang aku makan selama kekacauan perang” , Ka-Shing sering berkata kepada kedua anaknya.

Ketika kesuksesan akhirnya datang mengetuk pintu Anda, saran Ka-Shing adalah menikmati setiap bagiannya. Sama seperti Anda harus merangkul tantangan hidup yang dilemparkan kepada Anda, dan Anda juga harus menikmati emas yang layak didapatkan di akhir pelangi.

Jangan Biarkan Ego Membatasi Anda

Tahukah Anda Ka-Shing memakai arloji $ 45 (£ 30) selama bertahun-tahun? Dan dia memastikan semua orang tahu tentang itu! Ego dan uangnya tidak mengaturnya.

Aturan emas berlaku untuk semua orang bahkan jika Anda tidak memiliki apa pun untuk diberikan. “Jangan bersikap kalkulatif,” kata Ka-Shing. Buka diri Anda untuk semua jenis pekerjaan, seperti: pekerjaan sampingan, magang, atau menjadi sukarelawan, inilah cara Anda mendapatkan pengalaman. Ketika dia berusia 15 tahun, dia bekerja di sebuah pabrik yang memproduksi gelang jam plastik selama 16 jam sehari. Kemiskinan, penyakit, dan bahkan keadaan perang tidak menghentikannya untuk tetap bekerja keras. Ya, beberapa orang mungkin mengambil keuntungan dari Anda tetapi itu adalah bagian dari proses pembelajaran.

Ketika bisnis Anda lepas landas, inilah saatnya untuk membiarkan orang lain bersikap baik kepada Anda. Jangan terlalu memikirkan motif mereka, adalah saran Ka-Shing. Nikmati saja hadiah dan bantuan yang datang kepadamu. Namun, dalam menerima undangan makan malam dan permintaan khusus, ingatlah untuk menghemat sumber daya Anda yang paling berharga waktu. Jangan biarkan orang lain memanfaatkan Anda demi memiliki citra yang baik.

Membangun Jaringan Anda Dengan Mengundang Makan Bersama-sama

Ka-Shing terkenal karena menasihati orang untuk memperluas jaringan mereka dengan mengundang orang untuk makan di luar. Ajak orang makan siang atau makan malam, dan selalu membayar tagihan, merupakan caranya untuk memperluas jaringan.

Namun tetap selektif dengan siapa yang Anda undang. Temukan orang-orang dengan pengalaman lebih banyak dan impian yang lebih besar daripada Anda. Pilih orang yang dapat Anda pelajari, dan berikan anggaran untuk melakukan ini setiap bulan. Dalam setahun, Anda akan memiliki jaringan besar yang dapat menghasilkan nilai luar biasa untuk Anda dalam hal koneksi, dukungan, pengetahuan, dan peluang.

Belajar Menjual Dengan Baik

Banyak miliarder mandiri saat ini memiliki pekerjaan penjualan setidaknya satu poin dalam hidup mereka, seperti Ralph Lauren yang memiliki pekerjaan penjualan di Brooks Brothers, dan Charles Schwab yang pernah menjual unggas. Ka-Shing tidak berbeda di usia 19, ia menjadi manajer umum pabrik tempat ia bekerja setelah ia menjual lebih banyak barang di departemennya. Total penjualannya tujuh kali lebih banyak daripada agen-agen teratas, jadi jika perusahaan membayar komisi yang benar, dia akan menerima lebih dari manajer. Semua orang cemburu, dan dia tahu ini.

Tetapi seperti seorang pemimpin yang baik yang mengetahui nilai persahabatan dalam suatu tim, ia secara sukarela menerima kurang dari itu komisi yang sama dengan penjual para teratas untuk menghindari kecemburuan dari manajer dan rekan setimnya saat itu.

Mengetahui cara menjual akan membuka pintu yang tidak pernah Anda ketahui ada, hal-hal hanya mungkin terjadi jika Anda tahu cara membujuk orang lain untuk percaya pada visi Anda.

Dapatkan Mentoring Gratis Dengan Membantu Orang Lain

Ka-Shing mendorong pengusaha muda untuk mendapatkan pengalaman langsung dengan mencari mentor gratis.

Seorang profesional, pemilik usaha kecil, bahkan perusahaan multinasional semua membutuhkan bantuan. Gunakan kesempatan ini untuk membantu Anda dengan menjadi sukarelawan untuk pekerjaan paruh waktu dan proyek kecil. Ini akan membangun keterampilan Anda saat mempelajari seluk beluk menjalankan bisnis secara gratis. Satu-satunya investasi Anda di sini adalah waktunya, tetapi pembayaran dalam hal pendidikan jauh melebihi itu. Dalam beberapa hal, ini lebih baik daripada menghabiskan $ 100K untuk MBA.

Kembangkan Nafsu Makan yang Tidak Puas untuk Membaca

“Jika saya memiliki liburan yang langka, saya akan menghabiskannya dengan membaca,” aku Ka-Shing.

Ayah Ka-Shing adalah kepala sekolah untuk sekolah dasar sebelum dia meninggal, jadi dia mungkin mewarisi kecintaan ayahnya membaca dan belajar. Meskipun ia lebih suka buku-buku tentang sejarah, teknologi, dan filsafat, ia tidak membatasi daftar bacaannya pada mata pelajaran ini. Dia juga membaca jurnal perdagangan, buku bisnis, dan apa pun yang terkait dengan industri tempat dia bekerja.

Menginspirasi Kebesaran Orang Lain

“Seorang pemimpin menginspirasi orang lain untuk mencapai kebesaran. Seorang bos mendominasi bawahannya dan membuat mereka merasa kecil,” kata Ka-Shing.

Anda bosnya dan bagaimana Anda memimpin orang lain terserah Anda. Tetapi jika Anda ingin tim yang hebat, satu-satunya cara adalah membuat mereka INGIN mengikuti Anda. Dorong tim Anda ke batas mereka dan bersikaplah untuk untuk tegas.

Ketika dia berinvestasi di Spotify, dia menginstalnya di mobilnya, jauh sebelum layanan streaming yang terkenal sekarang menjadi aplikasi di mana-mana. Lalu dia bertanya kepada CEO kapan aplikasi itu akan tersedia untuk semua mobil lain. Di satu sisi, dia mendorong Spotify ke batas mereka dan mengilhami mereka untuk kebesaran. Dia juga dikenal karena membuat keputusan cepat kilat, seperti keputusan 5 menitnya untuk menginvestasikan $ 120 juta di Facebook.

Memulai bisnis tidak pernah mudah, itu sebabnya Anda harus belajar semua yang Anda bisa, dan melakukan semua yang Anda bisa sebelum Anda berpikir untuk memulai. Kerja keras bermuatan depan yang Anda lakukan dalam persiapan untuk segala upaya, mengalahkan peluang. Dalam sebuah wawancara dengan Forbes, dia menawarkan saran ini kepada pengusaha muda “jika Anda tidak bekerja keras, peluang akan hilang”.