sherlock FILEminimizer

Sherlock Holmes dan Dr. John Watson tidak hanya memberi kisah-kisah kriminal yang menarik untuk ditonton dan dinikmati, tetapi setiap penampilannya telah mengajari kita lebih dari sekadar penyelesaian kejahatan tanpa disadari. Mencermati setiap filmnya mengungkapkan bahwa sarat akan makna pelajaran hidup yang dapat kita pelajari dari karakter-karakter ini, dan memang beberapa sangat penting untuk dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari.

Memperhatikan secara detail

Apa yang membuat Sherlock Holmes begitu sukses dalam menyelesaikan kasusnya? Dia memperhatikan hal-hal yang biasanya kita lewatkan. Ada banyak waktu ketika solusinya tepat di depan kita. Namun, kita begitu asyik dengan dunia tempat kita hidup ini sehingga kita cenderung melewatkan petunjuk-petunjuk yang dapat mengarah pada penyelesaian masalah yang ada. Mengembangkan perhatian detail tingkat Sherlock mungkin menantang, tetapi pasti akan bermanfaat diaplikasikan dalam kehidupan

Tidak Memiliki Pekerjaan atau Menganggur? Tetapi Menciptakan Pekerjaan Sendiri

Detektif Sherlock Holmes, juga menunjukkan kepada kita bahwa menjadi pengangguran atau menganggur baik-baik saja, atau mungkin lebih dari sekadar baik-baik saja. Seseorang dapat menciptakan pekerjaan mereka sendiri dan melakukan apa yang mereka sukai. Jika mereka memberikan yang terbaik, memanfaatkan semua kekuatan dan keterampilan yang mereka miliki, maka lihatlah Anda mampu untuk menciptakan pekerjaan sendiri.

Fokus pada apa yang sebenarnya penting

“Dengarkan: [sambil menunjuk kepalanya] Ini adalah hard-drive saya, dan masuk akal untuk meletakkan segala sesuatu di sana yang bermanfaat. Orang-orang biasa mengisi kepala mereka dengan semua jenis sampah, dan itu membuat sulit untuk mendapatkan hal-hal yang penting! Apakah kamu lihat?”

~ Sherlock Holmes

Ini berarti bahwa informasi yang tidak berguna di otak seperti sampah di sekitar ruangan. Itu membuat sulit untuk menyimpan sesuatu yang penting atau untuk menemukan apa yang dibutuhkan. Sherlock menyarankan bahwa gangguan yang mengacaukan pikiran dapat menggagalkan fokus dari hal dan tujuan penting. Jadi katakan tidak pada kegiatan, orang, masalah, dan pertemuan yang mengalihkan Anda dari tujuan yang Anda miliki dan lebih memperhatikan apa yang benar-benar penting.

sherlock holmes2 450x307 1

Memiliki satu sahabat yang baik & serpikir sama adalah yang Anda butuhkan

Bagi kita memiliki banyak sahabat menyenangkan dan ramai. Namun, dari Sherlock kita dapat melihat bahwa bahkan satu teman atau beberapa yang tepercaya sudah cukup. Sherlock adalah karakter soliter dengan hanya John sebagai sahabat. Karena itu, dia memberi kita pelajaran bahwa memiliki teman yang mengerti Anda, memberi Anda pendapat jujur, dan membimbing Anda ketika pergi ke arah yang salah adalah semua yang nyatanya Anda butuhkan. Dengan teman ini, Anda dapat berbagi dan mendiskusikan apa saja dan segalanya, menyuarakan pikiran atau melampiaskan rasa frustrasi. Juga tidak keduanya memiliki kepribadian yang sama, karena Sherlock dan John adalah dua orang yang sangat berbeda. Namun, mereka harus dapat memahami dan menghargai satu sama lain.

Jangan biarkan kegagalan & kritik menggerakkan hidup Anda

Menghadapi kegagalan dan dikritik oleh orang-orang adalah aspek dari sebuah kehidupan yang tak terhindarkan. Banyak orang kehilangan harapan ketika mereka gagal, atau merasa sedih ketika mereka dikritik karena kegagalan. Namun, semua tidak hilang selama seseorang tidak kehilangan harapan pada diri mereka sendiri. Kita dapat melihat bahwa bagi Sherlock kesuksesan bukanlah kemewahan. Ia mengatasinya dengan perencanaan yang cermat dan memanfaatkan keterampilan yang dimiliki. Selama banyak kasus yang dia ambil tentu ada pasang surut, dan sering kali dia menghadapi kegagalan. Demikian pula, terlepas dari semua penggemar yang dia miliki, dia dikritik oleh banyak orang karena berbagai hal. Sikapnya terhadap kegagalan dan kritik mengajarkan kepada kita bagaimana tidak memberikan wewenang untuk mengatur hidup kita.

Selalu ada lebih dari satu cara untuk memecahkan masalah

Sherlock Holmes menggunakan banyak pendekatan untuk pemecahan masalah. Kadang-kadang dia menyamar, kadang-kadang dia mencari informasi dan kemudian membuat rencana. Dilain waktu dia menggunakan tipuan pintar untuk menarik pemain ke dalam permainan. Seandainya suatu pendekatan gagal, ia tidak menghentikan pencarian solusi, tetapi mencari opsi dan pendekatan lain untuk diambil. Oleh karena itu, kita dapat belajar darinya bahwa tidak hanya ada satu cara untuk memecahkan masalah.

Jangan menghakimi seserorang dari wajah atau penampilan

Bagaimana kita memahami seseorang yang kita temui pertama kali? Kita cenderung cukup menilai banyak tentang seseorang dari wajah dan cara penampilannya. Sherlock menunjukkan kepada kita sejauh mana seseorang bisa salah ketika mereka menilai seseorang dengan wajah atau dengan beberapa tindakan awalnya. Ini Anda bisa lihat melalui penilaian awal Moriarty sebagai gay dan bagaimana ia kemudian dinyatakan sebagai orang yang sama sekali berbeda. Meskipun Moriarty disamarkan seperti itu dan ingin Sherlock percaya bahwa dia gay, Sherlock hanya menilai dia dari penampilannya dan tidak melihat lebih dari itu ketika dia pertama kali bertemu dengannya.