menabung 3

Pengetahuan untuk Anda, bahwa dengan menabung bisa membuat diri Anda jadi lebih baik. Saat Anda mulai menabung dari segi manfaat akan membuat keuangan menjadi lebih baik, dan tanpa Anda sadari akan muncul sifat-sifat yang menguntungkan bagi diri Anda tentunya. Secara tidak sengaja Anda tanpa disadari mengatur keuangan sendiri. Untuk menabung sebenarnya tidak sulit, tetapi butuh konsistensi dan komitmen dalam melakukannya.

Nah berikut ini adalah 7 sifat yang akan muncul di diri Anda dari manfaat melakukan kegiatan menabung secara konsisten dan komitmen.

Memiliki sifat hemat

Salah satu sifat yang dimiliki adalah membuat Anda bersikap hidup dengan cara berhemat. Dengan menabung, Anda akan belajar untuk lebih bijak menggunakan keuangan yang Anda pegang. Tidak berfikir membeli sesuatu hal yang belum tentu sesuai dengan kebutuhan, dan menyisihkan uang Anda untuk ditabung agar kebutuhan dana pada saat darurat atau di masa pensiun nanti bisa terpenuhi. Menabung bisa memulai Anda dapat mengendalikan diri untuk sekedar membeli barang-barang yang memang anda butuhkan.

Menjadi bijaksana untuk tidak berhutang

Pengalaman menabung lainnya adalah, bisa menjauhkan Anda dari berhutang. Kadangkala dalam pemenuhan kebutuhan hidup tak jarang melibatkan hutang dalam perjalanannya, terutama seperti kebutuhan darurat dan terdesak yang tidak mungkin dihindari. Karena dengan konsisten menabung menjadikan kebutuhan mendesak pun dapat dipenuhi dari dana hasil tabungan tersebut.

Menjadi sabar

Ketika menabung maka akan melatih kesabaran Anda. Sehingga, Anda terbiasa bersabar atau menahan diri untuk membeli barang-barang menggunakan dana yang Anda miliki. Dengan menabung, anda bisa lebih mudah mengatur dan menentukan barang-barang yang bisa anda prioritaskan dan mana yang belum menjadi prioritas.

Menjadi lebih disiplin

Dengan menabung, hal ini pun dapat membuat Anda menjadi disiplin dengan menentukan nominal tertentu di setiap hari, minggu bahkan bulan yang anda tabung secara konsisten. Hal ini akan membuat Anda lebih komit dan disiplin untuk mengelola keuangan anda agar lebih bijak lagi menggunakan uang yang dimiliki.

Menjadi lebih menghargai

Menabung akan membuat Anda memiliki sifat untuk menghargai uang. Ketika menabung, uang jajan Anda mulai berkurang. Nah uang pemenuhan kebutuhan berkurang, Anda tentu lebih menghargai uang. Bahkan, Anda jadi tahu jika uang itu bukan menghampiri begitu saja ke tangan orangtua Anda. Agar mendapatkan uang, orangtua perlu bekerja dari pagi hingga sore.

menabung 4

Mengajarkan Anda mandiri

Anda pasti pernah melihat barang bagus dan merasa ingin untuk mendapatinya dengan menggunakan uang pribadi. Hal itu bisa menjadi kenyataan kalau Anda menabung. Menabung menjadikan Anda mandiri untuk bagaimana caranya memilik uang lebih, jadi barang yang di inginkan bisa dibeli dengan uang sendiri. Anda jadi akan lebih puas dan tentu tetap utamakan barang yang benar-benar di butuhkan. Kalau semua barang dibeli, bisa-bisa tabungan akan cepathabis dalam sekejap.

Mengajarkan Anda tepat janji

Sebelum menabung, Anda harus membuat janji di dalam hati, misalnya, “Aku ingin menabung Rp.10.000 setiap hari.” Karena sudah berjanji, tentu Anda akan mengupayakan untuk menepatinya. Diawal pastilah akan tidak mudah, tapi lama kelamaan janji yang Anda katakan itu terbiasa dijalani tanpa Anda sadari. Hal ini membuat Anda lebih patuh pada janji yang harus dipenuhi dan demi kebaikan diri.