mahasiswa

Orang tua selalu ingin anak-anaknya menjalani hidup yang sehat semasa hidupnya. Sayangnya, tidak semua orang tua bisa selalu merasakan anak-anaknya sehat, karena ada beberapa siklus sang anak mengalami sakit atau bahkan mendapatinya sudah memiliki sakit yang parah. Banyak para mahasiswa merasa sulit untuk mempertahankan gaya hidup sehat ketika memasuki fase pendidikan di perguruan tinggi. Kelas dan kuliah, tugas membaca dan menulis esai, kegiatan ekstrakurikuler, komitmen kerja, anggaran ketat, dan pilihan makanan semua bisa membuat stres dan membahayakan kesehatan mereka.

Untungnya, ada beberapa cara sederhana untuk tetap berada di jalur untuk tetap sehat. Teruslah membaca untuk menemukan tujuh tips yang bisa saja dibutuhkan oleh anak-anak remaja Anda.

Membuat pilihan makanan sehat

Diet sehat mungkin terdengar sudah tidak menggairahkan. Tetapi itu dapat membantu seseorang tetap bugar dan menjalani kehidupannya sepenuhnya.

Konsentrasi, kelelahan, kemalasan, dan frustrasi yang buruk adalah tanda bahwa anak-anak Anda perlu mengisi ulang energy di tubuhnya. Jangan pernah biarkan mereka melewatkan sarapan. Anda sebagai orangtua bisa membuat roti gandum, bubur atau sereal gandum, sebagai menu sarapan pagi simple mereka. Itu akan meningkatkan level energi anak Anda saat menerima pembelajaran.

Makanan utama harus terdiri dari bahan dasar seperti pasta, nasi, lauk pauk seperti casserole, sup, dan semur. Dan lebih banyak buah dan sayuran. Selain itu Anda bisa membekali anak-anak dngan mebekalinya makanan siang yang sehat. Ada banyak video di YouTube tentang cara memasak selama beberapa hari (bahkan seminggu!) Di depan.

Tetap terhidrasi

Tubuh kita terdiri dari lebih dari 70% cairan berair. Ini bertanggung jawab atas fungsi tubuh secara keseluruhan. Untuk menjaga tingkat hidrasi yang tepat, seseorang harus minum hingga enam atau delapan gelas air sehari. Pilih air sederhana alih-alih soda, kopi atau teh.

Minum banyak air meningkatkan konsentrasi dan mencegah makan berlebihan. Mengisi tubuh sehingga terasa ceria sepanjang hari. Lebih baik membawa botol ke mana pun orang pergi.

Tidur yang cukup

Meskipun tergoda untuk begadang untuk menyelesaikan penulisan makalah penelitian atau bergaul dengan teman-teman, pastikan anak-anak Anda tidak terbiasa melakukan itu. Kurang tidur dimalam hari dapat mengurangi fungsi otak, menyebabkan kelelahan, sakit kepala, dan masalah berat badan.

Mahasiswa membutuhkan sekitar delapan jam tidur untuk tetap sehat. Tidur siang di siang hari juga akan membuat orang merasa beristirahat.

Melakukan aktifitas olahraga yang cukup

Melakukan olahraga yang cukup membantu menjaga kesehatan tubuh dan pikiran menjadi fresh. Banyak mahasiswa tidak dapat mengikuti olahraga rutin karena kurangnya waktu untuk menyempatkan melakukan aktifitas tersebut. Tetapi tetap aktif secara fisik tidak selalu berarti berolahraga setiap hari. Anak Anda dapat bersepeda atau naik bus ke kampusnya.

Belakangan ini banyak kampus-kampus yang mulai menyediakan fasilitas kebugaran di banyak sekolah luar biasa. Seseorang dapat mengunjungi gym sebelum atau di antara kelas-kelasnya. Jika jadwal terlalu ketat, bisa mensiasatinya dengan melakukan latihan fisik di kamar kosnya. Di Youtube banyak latihan dan tutorial kebugaran yang bisa dipraktekkan. Olahraga meningkatkan kekuatan otot, membantu mengendalikan berat badan, dan meningkatkan mood.

Menjalani pola hidup bersih

Menjaga kebersihan pribadi sangat penting untuk mencegah perkembangan dan penyebaran virus atau bakteri jahat disekitar lingkungan yang anak Anda kunjungi. Bahkan tindakan sederhana seperti mencuci tangan dapat membantu menghindari sejumlah besar penyakit dating pada tubuh anak-anak Anda.

Jika anak-anak Anda mengalami gejala yang telah berlangsung selama beberapa hari, mungkin sudah saatnya untuk mengunjungi dokter atau pergi ke klinik untuk memeriksa ini sebagai bentuk pencegahan masalah yang lebih serius.

Terutama jangan abaikan kesehatan gigi anak Anda. Seseorang harus mengunjungi dokter gigi setiap enam bulan.

cuci tangan 1Mengindari kebiasaan buruk

Hindari minuman manis dan berkafein. Seseorang mungkin bersorak saat mengerjakan pekerjaan rumah larut malam. Tapi sangat berbahaya apabila dilakukan dalam jangka panjang. Jika seseorang membutuhkan dorongan energi, ada baiknya untuk makan lebih banyak makanan yang mengandung protein dan serat.

Jangan biarkan anak Anda mengenal dan mempraktekkan merokok, karena ini akan mendatangkan risiko diabetes dan penyakit jantung. Sehingga akan memperpendek usia hidup anak Anda.

Selain itu ajarkan anak juga tentang bahaya mengkonsumsi alcohol yang membuat tubuh hilang kendali dan jika secara sering dikonsumsi akan merusak ginjal dan pencernaan pada tubuh.

Menulis tentang keseharian aktifitas anak

Mengajarkan anak menulis aktifitas sehari-harinya adalah alat yang sangat ampuh untuk mengelola stres. Ini membantu untuk mengklarifikasi pikiran dan perasaan anak Anda. Bahkan sesekali Anda dapat mendengarkan getaran positif dari tulisannya.

Manfaat lain dari menulis adalah meningkatkan keterampilan menulis dan kreatifitas anak dalam menggambarkan pengalaman hidup terbaik yang didapatnya setiap hari. Itu berarti bahwa seseorang akan menyelesaikan makalah akademis dengan lebih baik dan lebih cepat, memotong lebih banyak waktu untuk kewajiban atau istirahat lainnya.

Nah, ketujuh hal tersebut sangatlah bermanfaat untuk menunjang kesehatan belajar anak Anda. Anda bisa mulai mempraktekkannya secara perlahan-lahan dengan sering menerangkannya dan memberinya kesempatan untuk melakukan sesuai yang Anda maksud.