sakit gigi 3

Gadis manis jujur ​​yang cemas menunjukkan di mana giginya sakit saat mengunjungi dokter gigi bersama ibunya, tentu memiliki pertanyaan dan harapan pada dokter yang akan menanganinya.

Solusi untuk semua jenis sakit gigi adalah menemui dokter gigi sesegera mungkin. Namun, saat Anda tidak dapat segera mengunjungi dokter gigi, Anda tentu tahu resikonya yaitu menanggung sejumlah ketidaknyamanan. Kiat-kiat berikut dapat membantu Anda meminimalkan sakit gigi saat menunggu janji temu gigi dengan dokter Gigi.

Tujuan utama Anda mungkin terpusat pada ingin sesegera mungkin menghilangkan rasa sakit pada gigi. Namun Anda perlu melakukan pengecekkan kembali apakah benar sakit yang timbul adalah pada bagian gigi dan bukan pada bagian sekitaran mulut lainnya. Perlu diketahui bahwa saat tubuh mengalami rasa sakit, mereka mengirimkan sinyal peringatan ke otak dan memberi tahu Anda bahwa ada sesuatu yang tidak beres. Jika Anda mengalami sakit mulut, biasanya itu pertanda Anda memiliki masalah yang perlu ditangani sesegera mungkin.

Rasa nyeri pada mulut dapat disebabkan oleh berbagai masalah serius, termasuk pembusukan gigi, penambalan yang rusak, patah gigi, gusi yang terinfeksi atau gigi yang kropos. Jika yang terakhir telah terjadi, Anda dapat menderita komplikasi serius jika tidak dilakukan perawatan secara cepat. Komplikasi ini bisa termasuk kehilangan gigi dan tulang pendukung. Dalam beberapa contoh kasus, infeksi pada gigi yang disebabkan oleh bakteri juga dapat menyebar ke bagian lain dari tubuh. Untuk alasan ini, penting untuk segera memeriksa gigi ke dokter jika Anda menunjukkan salah satu dari tanda-tanda gigi abses berikut:

  • Merah, gusi bengkak
  • Demam
  • Sebuah benjolan merah bengkak di mulut
  • Darah atau nanah
  • Sakit berdenyut-denyut
  • Rasa asin atau tidak enak di mulut
  • Wajah atau rahang bengkak

Apa pun penyebab sakit gigi Anda, penting untuk mengunjungi dokter gigi untuk segera dilakukan observasi dan kesebuhan pada gigi Anda. Namun jika sakit gigi Anda disebabkan oleh gigi yang patah, Anda dapat melakukan cara-cara berikut untuk meminimalkan rasa sakit sebelum memerikasakan ke dokter.

10 Cara meminimalkan rasa sakit gigi

Jika sakit gigi Anda tidak disebabkan oleh masalah mendasar yang serius atau Anda sedang menunggu janji temu gigi yang akan datang, Anda dapat mengurangi rasa sakit menggunakan cara berikut:

Mengkompres dengan air dingin

Secara umum, ada dua cara untuk menghentikan atau meredakan rasa nyeri pada sakit gigi. Yang pertama dengan mengurangi peradangan, sedangkan yang kedua berpusat mengobati sinyal dari cedera gigi ke otak. Anda dapat melakukan untuk mengurangi peradangan dulu dengan mengkopres es batu dingin atau sekantung sayuran beku ke sisi wajah Anda selama 20 menit selama beberapa kali. Pastikan untuk menggunakan selembar kain sebagai penyangga, sehingga tidak merusak kulit wajah Anda. Ini dapat membantu meringankan rasa sakit dan mengurangi pembengkakan.

Menggunakan Antiinflamasi

Anda juga dapat mengurangi sinyal nyeri yang bengkak dan tumpul dengan mengonsumsi obat antiinflamasi, seperti ibuprofen. Jika Anda menggunakan ibuprofen, cobalah untuk terus minum obat setiap beberapa jam, sesuai dengan ketentuan penggunaan pada label produk. Hindari minum obat sekali dan kemudian berhenti ketika Anda merasa lega, atau rasa sakit karena peradangan mungkin akan kembali. Jika Anda tidak memiliki ibuprofen, Anda bisa menggunakan acetaminophen sebagai gantinya.

Berkumur dengan air garam

Selain kompres dingin dan obat-obatan bebas, ada beberapa cara alami untuk meringankan sakit gigi. Anda dapat mengurangi rasa sakit sementara dengan berkumur dengan air garam hangat. Berkumur dengan air garam dapat membantu menyembuhkan luka mulut dan mengurangi peradangan. Pastikan untuk tidak menelan air garam saat Anda selesai berkumur, karena air bekas kumur berisi bakteri yang menginfeksi mulut atau gigi Anda dan berbahaya jika menelannya.

Gunakan kantong teh peppermint

Umumnya dianggap aman, kantong teh peppermint memiliki sifat mati rasa ringan yang dapat meredakan nyeri pada mulut dalam waktu singkat. Beberapa orang lebih suka mendinginkan kantong teh berisi peppermint tersebut di dalam freezer selama beberapa menit sebelum digunakan. Anda juga dapat menerapkan kantong teh saat masih hangat dan kemudian menunggu sampai dingin. Ini dapat menciptakan sensasi menyenangkan yang dapat membantu mengalihkan pikiran Anda dari sakit gigi dengan menempelkan kantong peppermint yang dingin tersebut ke bagian samping rahang.

Makan bawang putih

Selama ribuan tahun, bawang putih telah digunakan dalam menyembuhkan berbagai rasa sakit. Selain membunuh bakteri yang berpotensi berbahaya, bakteri pada bawang putih mampu meredakan rasa nyeri. Untuk menggunakan bawang putih dalam meredakan sakit gigi, cukup dengan menghancurkan bawang putih hingga halus dan menempelkannya pada bagian gigi yang sakit. Atau, Anda bisa mengunyah satu siung bawang putih segar dan mengeluarkannya.

sakit gigi2Berkumur dengan air rebusan daun jambu biji

Dikenal karena sifat anti-inflamasinya, daun jambu biji juga memiliki sifat antimikroba yang dapat menghilangkan rasa sakit dan mensterilkan luka mulut. Anda bisa mengunyah daun jambu biji segar atau merebus daun yang dihancurkan dalam air untuk membuat obat kumur dan mengeluarkannya.

Mengolesi minyak cengkeh

Sebagian dari Anda mungkin kurang banyak mendengar tentang khasiat dari minyak cengkeh. Digunakan untuk mengobati sakit gigi sepanjang sejarah manusia, minyak cengkeh dapat mengurangi peradangan pada mulut. Ini juga mengandung eugenol, antiseptik alami yang dapat mensterilkan luka mulut. Untuk mengobati sakit gigi, oleskan sedikit minyak ke bola kapas bersih dan oleskan ke daerah yang terasa sakit.

Coba obat kumur dari daun tyhme

Daun thyme yang dikenal sebagai penyedap aroma masakan ternyata memiliki sifat antioksidan dan antibakteri yang kuat untuk mengurangi sakit gigi. Anda dapat menggunakan beberapa tetes minyak esensial daun thyme ini ke air dan membuatnya menjadi obat kumur. Anda juga bisa mengencerkan minyak esensial daun thyme dengan beberapa tetes air bersih dan menambahkannya ke bola kapas. Kemudian oleskan ke area yang terasa sakit.