wawancara 4 FILEminimizer

Wawancara kerja mungkin merupakan langkah paling penting yang akan Anda ambil saat pencarian kerja Anda. Ini adalah kesempatan terbaik Anda untuk menunjukkan kepada perusahaan bahwa Anda adalah orang terbaik untuk pekerjaan mereka. Untuk membantu Anda mendapatkan pekerjaan, kali ini akan dibahas kiat-kiat wawancara kerja berdasarkan tingkat wawancara yang Anda jalani. Anda harus membuat kesan penampilan yang bijaksana, memiliki pengetahuan luas tentang perusahaan target Anda dan memahami produknya. Selain itu Anda juga mengetahu secara persis bagaimana menyampaikan bahwa Anda adalah orang yang tepat untuk pekerjaan tersebut.

Belajar berkomunikasi nonverbal saat wawancara

Saat pertama kali melakukan wawancara tunjukkanlah kepercayaan diri Anda dengan : berdiri tegak, melakukan kontak mata dengan pewawancara dan berjabat tangan saat pertemuan wawancara. Kesan nonverbal pertama itu bisa menjadi awal yang bagus atau akhir yang baik untuk wawancara Anda.

Berpakaian yang rapi dan sopan

Sangat penting untuk mengetahui apa yang harus dipakai untuk wawancara dan terlihat rapi. Apakah Anda mengenakan jas atau sesuatu yang kurang formal tergantung pada budaya perusahaan dan posisi yang Anda cari. Jika memungkinkan, coblah untuk mencari tahu tentang budaya pakaian perusahaan sebelum melakukan wawancara.

Kenali Lingkungan kerja tempat wawancara

Luangkan beberapa jam untuk mempelajari segala hal tentang perusahaan yang akan mewawancarai Anda dari sebanyak mungkin sumber. Seperti berdiskusi dengan teman dan kolega Anda, baca update berita terkini, atau luangkan waktu untuk mencarinya di Google. Seringkali, para kandidat hanya melihat informasi perusahaan hanya melalui sumber situs web dan media sosial, tetapi tidak melihatnya secara lebih detail dengan merangkum informasi dari orang lain. Dengan melakukannya, Anda akan mendapatkan gambaran yang lebih besar tentang perusahaan yang anda inginkan .

Rencanakan Transportasi Anda ke tempat wawancara kerja

Saat mempersiapkan wawancara kerja, salah satu hal paling penting untuk dipertimbangkan adalah bagaimana Anda akan sampai di sana. Jika Anda berencana untuk mengemudi ke wawancara, pastikan sudah mengisi bahan bakar dari mobil yang akan digunakan.

Pastikan Anda tiba tepat waktu, atau 15 menit lebih awal. Pastikan Anda mengetahui alamat perusahaan yang memanggil untuk wawancara, cobalah untuk melakukan pengecekkan lokasi wawancara beberapa hari sebelumnya. Periksa Info kemacetan lalu lintas dan rencanakan rute cadangan untuk berjaga-jaga. Jika Anda bepergian dengan kereta atau bus, pastikan Anda memeriksa laporan cuaca sebelumnya dan berita tentang transportasi. Kemudian lakukan tidur lebih awal dari sebelumnya dan bangun pagi untuk mempersiapkan diri Anda agar lebih banyak waktu untuk persiapan

Biasakan Untuk Mendengarkan secara detail

Dari awal wawancara, pewawancara akan memberi informasi secara langsung maupun tidak langsung. Jika Anda tidak mendengarnya, tentu Anda menghilangkan kesempatan besar ini. Keterampilan komunikasi yang baik termasuk mendengarkan dan membiarkan pewawancara tahu Anda mendengar apa yang dikatakan. Amati pewawancara dan cobalah sesuaikan cara bicara Anda dengannya.

wawancara 5

Antisipasi Atas Setiap Pertanyaan Wawancara

Bahkan jika Anda adalah orang yang sangat lancar dalam berkomunikasi, penting untuk meluangkan waktu memikirkan dengan cermat keterampilan, prestasi, dan jawaban wawancara apa yang paling cocok dengan pewawancara Anda. Misalnya kemampuan manajemen Anda, kreativitas Anda, beberapa contoh yang Anda bagikan mungkin akan sedikit berbeda di mana pun Anda akan di wawancarai.

Gunakan bahasa yang mudah dipahami

Anda harus menggunakan bahasa yang menunjukkan Anda seorang profesional dan mudah dipahami oleh pewawancara selama wawancara berlangsung. Waspadai kata-kata gaul yang tidak pantas atau yang menyangkut usia, ras, agama, politik, atau orientasi seksual, karena topik-topik ini dapat membuat Anda keluar dari bahasan yang sedang anda perbincangkan dalam sebuah wawancara.

Mengajukan pertanyaan seputar pekerjaan yang ditawarkan

Ketika ditanya apakah mereka memiliki pertanyaan, sebagian besar kandidat menjawab, “Tidak.” Jawaban yang salah. Bagian dari mengetahui cara mewawancarai adalah siap untuk mengajukan pertanyaan yang menunjukkan minat pada apa yang terjadi di perusahaan. Mengajukan pertanyaan juga akan memberi Anda kesempatan untuk mencari tahu apakah ini tempat yang tepat untuk Anda. Pertanyaan terbaik datang dari mendengarkan apa yang Anda tanyakan selama wawancara dan meminta informasi tambahan tentang pekerjaan yang anda harapkan.