Ekspresi kemajuan jaman dengan seiring munculnya internet semua seperti di sulap untuk memberikan kemudahan dalam berkomunikasi. Tidak bisa dipungkiri kemajuan dunia digital banyak di sulut dengan adanya internet. Lihat saja beberapa pekerjaan saat ini bisa dilakukan secara online tanpa perlu bertatap muka langsung atau harus pergi ke kantor.

Selain itu yang menarik keberadaan internet juga mempengaruhi gaya marketing masa kini yang terlihat mudah melalui media social atau digital marketing. Hal ini juga mempengaruhi para anak muda dalam menentukan pekerjaannya. Yang kalau orang banyak bilang sekarang ini eranya jaman milenial, semua berbau internet dan serba mobile. Pastinya generasi milenial juga maunya memiliki pekerjaan yang bisa dilakukan secara online tanpa perlu berlelah-lelah menggunakan transportasi umum atau kendaraan pribadi untuk sekedar mendapatkan pekerjaan.

Tentu saat ini mulai banyak pekerjaan yang ditawarkan melalui situs-situs yang ditawarkan secara online dan pekerjaanya bisa dilakukan secara online tanpa perlu ke kantor. Selain melalui situs, beberapa usaha lain juga bisa dilakukan dengan hanya bermodalkan notebook dan internet yang aktif. Berikut ini pekerjaan online yang bisa Anda lakukan di rumah atau tempat-tempat diluar rumah yang nyaman untuk menyelesaikan pekerjaan.

Content Writer

Menjamurnya website dan blog memunculkan peluang mata pencaharian baru bagi para penulis untuk menjadi content writer. Anda bisa mendapatkan penghasilan dari jasa menulis web atau artikel blog. Selain itu Anda juga bisa mengajukan portofolio tulisan Anda ke media online saat ini untuk menjadi content writer mengisi rubik di medianya. Anda akan mendapatkan uang tambahan sektiar 2 juta rupiah dalam sebulan jika bekerja sebagai content writer, bahkan bisa lebih dari itu jika Anda mau dan rajin mengirimkan portofolio ke client melalui internet.

Blogger

Bekerja secara online dan mendapatkan penghasilan bisa dilakukan dengan berprofesi menjadi seorang blogger. Banyak para blogger sukses sudah menikmati hasil bekerja membangun sebuah blog di internet. Contohnya Raditya Dika seorang stand up comedy yang sukses berawal dari tulisan-tulisan unik di blog pribadinya. Penghasilan seorang blogger didapatkan dari iklan yang dipasang pada blog. Simulasinya seorang pengunjung mengklik iklan yang ada pada artikel di sebuah blog, maka pemilik blog akan mendapatkan komisi dari klik tersebut. Memasang iklan pada blog bisa dengan mendaftar di Google Adsense dan berafiliasi dengan Amazon.

Baca juga:  Menghilangkan Bau Pada Kaki Dengan Bahan Di Sekitar Kita

Translator

Saat ini beberapa perusahaan memilih mencari penterjemaah untuk dokumen-dokumen penting kantornya melalui jasa translator yang ditawarkan melalui situs-situs di internet. Nah, bagi Anda yang memiliki skill bahasa asing cukup baik, Anda bisa melakukan pekerjaan sebagai translator bahasa asing. Fee sebagai translator bermacam-macam, ada yang menghitungnya berdasarkan jumlah kata, jumlah halaman, ataupun per proyek, hingga pendapatan tetap dengan jumlah jutaan rupiah setiap bulannya.

Trading

Bermain trading (saham) saat ini bisa dilakukan secara online, dengan adanya internet tentu berimpact pada kemajuan teknologi online trading. Anda cukup melakukan transaksi trading di rumah bermodalkan notebook dan internet, Anda sudah bisa menciptakan pemasukan dari rumah. Dengan adanya aplikasi online trading, mempermudah Anda dalam beberapa hal, memberikan fasilitas informasi harga, berisi juga informasi tentang riset pasar, baik untuk instrumen saham maupun forex.

Youtuber

Bagi Anda yang suka membuat video dan berakting di depan kamera, bisa memulai untuk berprofesi menjadi seorang Youtuber. Penghasilan seorang Youtuber saat ini dianggap sangat menjanjikan melihat salah satu kesuksessan yang di raih oleh Atta Halilintar sebagai Youtuber yang dianggap sukses di Indonesia. Penghasilan seorang Youtuber didapat dari iklan yang muncul saat video yang di upload di lihat oleh viewrs. Selain itu dengan semakin banyak subscriber pada sebuah channel Youtube akan mempengaruhi besarnya penghasilanseorang Youtuber.  Kini tidak bisa dipungkiri YouTube berkembang menjadi semacam industri tersendiri, dengan pengguna yang dapat menjadikan YouTube sebagai lahan untuk peluang mendapat income, atau bahkan sebagai profesinya.

Berdagang Online

Berdagang adalah pekerjaan yang bisa dilakukan online saat ini. Anda bisa mempromosikan barang yang dijual melalui media social dan E-commerce. Lalu Anda bisa mendapatkan order dari customer yang melihat dan tertarik barang dengan barang yang Anda jual melalui online. Beberapa pedagang telah sukses menjadi pengusaha dari berjualan melalui media social, contohnya brand hijab Vanila Hijab, Heaven Lights, dan banyak lagi.

Baca juga:  Pengertian SEO, Tujuan & Cara Kerja SEO Dalam Dunia Blogging

Website Development

Bagi Anda yang memiliki skill sebagai website development saat ini bisa melakukan pekerjaan secara online melalui internet. Beberapa situs banyak menawarkan proyek pengerjaan website development untuk brand perusahaan atau online shop. Biasanya pembayaran akan dilakukan jika project sudah selesai dan customer sudah menerima hasil pekerjaan Anda. Sebagai web developer Anda tidak perlu lagi bekerja jarak jauh dengan mendatangi client, cukup kirimkan portofolio hasil web yang pernah Anda buat ke client melalui email. Jika client setuju tentu proses negosiasi harga bisa dilakukan secara online tanpa perlu bertatp muka, termasuk tandatangan kontrak kerja.

Survei

Beberapa pengguna internet aktif pasti sangat mengenal cara menghasilkan uang melalui online dengan mengisi survei online yang disediakan oleh situs survei. Bagi Anda yang memiliki waktu luang cukup banyak untuk surfing di dunia maya, bisa melakukan pekerjaan survei online yang tentunya tidak begitu membutuhkan banyak keterampilan. Pihak survei akan mengirikan notifikasi survei ke alamat email yang terdaftar dan Anda cukup menjawab beberapa pertanyaan dan mengisi beberapa pernyataan saja untuk mendapatkan rupiah lewat online. Bisa dibilang ini merupakan salah satu pekerjaan online yang paling mudah, namun jangan remehkan pendapatannya.