Grogi saat persentasi

Picture by: https://image.winudf.com/

Mungkin kamu merupakan tipe orang yang kurang percaya diri jika sedang berhadapan dengan banyak orang. Hal ini tentu saja akan membuat kamu semakin grogi ketika diberi kewajiban untuk menjadi wakil yang harus melakukan presentasi di hadapan kolega dan teman kantor. 

Padahal jika kamu melakukan persiapan dengan matang, hal tersebut akan terlihat sangat mudah. Lalu persiapan apa sajakah yang kamu butuhkan agar dapat menjalankan presentasi dengan mulus? Yuk intip inspirasi persiapan presentasi di tempat kerja berikut.

Pelajari Cara Menjadi Orang yang Informatif

Presentasi dilakukan tentu saja memiliki tujuan untuk menyampaikan informasi yang telah kamu dan tim diskusikan. Untuk menjadi presenter tentunya diperlukan orang yang sangat intuitif dan informatif. Kamu harus benar-benar memahami semua materi yang ada dan memilih informasi terpenting yang harus disampaikan. Jangan sampai kamu melewatkan hal-hal vital yang seharusnya wajib tersalurkan.

Jika kamu berhasil melakukannya kamu  akan membuat presentasi tersebut terkesan padat, jelas dan tidak membuat audiens merasa bosan. Selain itu ketika kamu dapat menguasai materi dengan matang, kepercayaan diri yang timbul di dirimu akan muncul dengan sendirinya. 

Cobalah untuk Mengorganisir Segala Sesuatu Terlebih Dahulu

Memilih waktu yang tepat dalam menyampaikan informasi-informasi penting merupakan poin yang harus diutamakan. Ada kalanya audiens akan kehilangan antusiasmenya terhadap presentasi yang kamu berikan. Sehingga kamu diharapkan dapat mengisi dan menghilangkan boring time seperti itu, dengan menyelingi sesuatu yang menarik.

Pastikan untuk menanyakan pendapat audiens dan menarik perhatiannya, sehingga mereka akan dengan senang hati menunggu informasi apa yang akan kamu sampaikan selanjutnya. Selain itu kamu juga harus mempersiapkan power point, clue card sebagai pegangan diri, mengecek laptop, lcd, kondisi tempat dan segala hal yang dibutuhkan ketika melakukan presentasi nantinya.

Grogi saat persentasi 2

Picture by: https://fastwork.id/

Desain Power Point dengan Ilustrasi dan Grafik yang Menarik dan On Point

Tentu saja power point menjadi salah satu hal yang menarik perhatian audiens. Ketika kamu mempersembahkan power point dengan full of text hal ini akan membuat audiens jenuh dan bosan secara visual.

Kamu harus pandai menaruh ilustrasi gambar, grafik, statistic atau bahkan menambahkan sound effect untuk membantu kamu menyampaikan data dan mengentertaint audiens. Selain itu pilihlah tulisan yang jelas dengan warna yang terang. Jadi ide kreatif sangat dibutuhkan dalam hal seni pembuatan power point ini. Mintalah pendapat teman sejawatmu untuk membantu mempersiapkannya.

Dalam mengemban tugas sebagai presenter, kamu diwajibkan untuk menjadi pusat perhatian dari audiens. Maka persiapkan pula penampilan dengan dandanan yang rapih, cantik dan menarik. Jadikan orang tidak mau melepaskan pandangan dari kamu, hal ini tentunya juga akan menambah poin plus di mata audiens.