starbucks 2 FILEminimizer

Starbucks telah menjadi salah satu merek kopi terbesar di dunia. Tidak lama setelah mereka membuka toko pertama mereka di Seattle, mereka berkembang pesat, dan sekarang jumlah toko kopi mereka mendekati angka 24.000 toko di seluruh dunia. Berikut adalah alasan cara dan mengapa Starbucks menjadi merek kopi terkenal di dunia.

Konsep

Starbucks telah berhasil dengan sangat baik dalam menciptakan konsep di mana setiap orang dapat memiliki pengalaman hebat setelah minum kopi dalam suasana yang membuatnya ingin kembali untuk menikmatinya. Starbucks memiliki budaya customer-centric. Mereka melihat bisnis dari sudut pandang pada tamu. Meskipun relatif mudah untuk mencantumkan keinginan dan kebutuhan tamu, tidak mudah sama sekali untuk menciptakan lingkungan yang akan memuaskan semua tamu Anda.

Starbucks tampaknya berhasil menyelesaikannya dengan sangat baik. Starbucks cerdas dan inovatif terbukti dengan merek dagang kopi bernama Frappuccino, dan mereka mengikuti tren sambil menyajikan minuman asli mereka. Dari kopi biasa, hingga Unicorn Frappuccino yang sangat digemari, Anda tahu mereka memiliki semuanya.

Lokasi

Ketika pemilik restoran stress tentang cara meletakkan banyak lokasi store tapi tidak untuk Starbucks. Starbucks berfokus pada kenyamanan itu penting untuk semua bisnis makanan dan minuman tokonya. Maka Anda sangat paham jika lokasi Starbucks nyaman bagi orang untuk bertemu. Terlepas dari apakah itu pertemuan bisnis, teman yang bertemu teman, atau area di mana Anda ingin sedikit kesunyian untuk belajar, mereka sudah membahas semuanya. Mungkin saja Anda dapat menemukan dua lokasi Starbucks di area yang sama namun keduanya memiliki kenyamanan yang berbeda yang dirasakan oleh customernya.

Namun, ada satu hal yang saya temukan; Starbucks sulit menekankan tentang lokasi. Mereka mungkin dibayar untuk membuka lokasi baru, hanya karena mereka dapat menarik pelanggan dengan sangat baik.

Suasana

Apakah Anda menyadari, ketika Anda berjalan ke setiap toko Starbucks, mereka memiliki kemampuan untuk membuat Anda singgah ke  tokonya? Anda masih pasti tanpa disadari akan melihat-lihat dan satu hal yang dicari adalah kenyamanan dan kenikmatan ditoko sambil menikmati secangkir kopi. Berada di Starbucks sendirian tidak pernah membuat Anda merasa canggung. Hal lainnya yang sangat unik yang perlu diperhatikan adalah desian furniture dengan skema warna, kursi, dan meja mereka di seluruh dunia semuanya sangat mirip, tetapi bagaimana mereka masih dapat membuat setiap toko tampak sangat berbeda?

Sebagian rekan saya selalu berkata kepada saya saat jam pulang kantor tiba, “Ayo kita pergi ke Starbucks itu, rasanya lebih terasa.” Area tempat duduk membuat perbedaan. Jika Anda pernah berkunjung ke lokasi Starbucks di Las Vegas yang menakjubkan di Bally’s, tampilan tokonya berbeda karena sangat modern, sangat unik, sangat berbeda, dan sangat kreatif.

starbucks FILEminimizer

Harga

Hanya ada satu masalah dengan Starbucks, yaitu harga yang tidak ramah dikantong Indonesia. Saya membuat jajak pendapat di Instagram untuk melihat bagaimana pendapat Millennial tentang harga segelas kopi di Starbucks dan sebagian dari mereka memang masih menganggap harga kopi Starbucks sangatlah mahal jika dibandingkan dengan kopi-kopi local yang berjamuran di Indonesia

Namun beberapa teman baik saya yang dimintakan pendapatnya, yang hanya ingin dikenal dengan nama A pernah mengatakan kepada saya, “Kopi sangat penting. Anda tidak bisa hidup tanpanya. Baik Anda menyukainya atau Anda benci.”

Maka sangat penting bagi Anda untuk berfikir saat menikmati kopi di Starbucks, Anda membayar biji kopi berkualitas.

Layanan

Pernahkah Anda menemukan staf Starbucks yang kasar? Saya yakin belum. Mereka cepat, efisien, ramah, energik, dan mereka menyebut nama Anda dengan benar, tetapi hanya ada satu hal, mereka tidak bisa mengejanya.

Selain itu layanan yang diberikan oleh Starbucks memang mampu membuat kepuasan bagi pelangganya dengan menanyakan kebutuhan customernya dan memberikan informasi terkait masing-masing menu pilihan kopi yang ada di daftar menu.

Itulah alasan-alasan mengapa merek kopi Starbucks menjadi sangat terkenal dan membuat orang selalu tertarik mengunjunginya kembali.