kedai kopi 2

Kopi menggambarkan minuman yang populer di kalangan masyarakat Indonesia semenjak. Mulai dari kelas bawah hingga kelas atas menyukai kopi. Kepopuleran minuman kopi membuat banyak pengusaha di kota-kota besar memulai bisnis kopi, mulai dari kedai kopi tradisional hingga kafe besar. Bisnis kedai kopi saat ini menjadi peluang besar dan menjanjikan. Namun, itu semua tergantung bagaimana metode Anda mengelola dan mengemb.angkannya konsep bisnis kopi yang akan dimulai

Kemudian bagaimana cara memulai bisnis coffee store ataupun kedai kopi, apalagi dengan modal yang kecil?

Bangun usaha kedai kopi Anda sendiri dengan modal kecil namun keuntungan yang berlimpah. Salah satu bisnis yang sedang successful akhir-akhir ini adalah usaha kedai kopi. Menurut penelitian yang dikerjakan oleh Acorns, para milenial berumur 20 hingga 34 tahun menghabiskan uang sekitar US$2 ribu maupun sekitar Rp27 juta di sebuah kedai kopi setiap tahunnya. Jumlah fantastis di atas bisa pindah ke rekening tabungan Anda, jika Anda memulai untuk mencari jalan membuka usaha kedai kopi.

Tidak perlu khawatir cara mendapatkan modal untuk membuka kedai kopi, inilah cara yang bisa Anda lakukan untuk memulai usaha kedai kopi dengan modal kecil.

Yang perlu disiapkan memulai kedai kopi dengan modal murah:

  • Surat-surat sah perijinan berbisnis
  • Mesin espresso
  • Mesin giling kopi
  • Aliran listrik yang mencukupi
  • Air
  • Furnitur
  • Tempat penyimpanan uang untuk di kasir
  • Uang jaminan

Tips Memulai Usaha Kedai Kopi dengan Normal Kecil

Membangun Kerja Sama Bisnis Dengan Bisnis Milik Oranglain

Trik satu ini sebenarnya telah digunakan sebagai metode memulai bisnis yang besar maupun kecil.

Yaitu dengan membangun kerja sama bisnis dengan bisnis lain yang telah sukses akan mampu menciptakan hubungan simbiosis mutualisme dimana kedua bisnis mampu saling membantu dalam meningkatkan pembeli.

Baca juga:  Mengenal Cara Berinvestasi di Emas Yang Banyak Diminati Wanita

Mislanya partner kerja sama Anda memiliki bisnis berkecimpung di dunia sewa-menyewa bangunan, Anda membuat peluang yang menguntungkan dengan bernegosiasi lokasi bisnis kedai kopi Anda dengan harga yang masih masuk akal. Opsi lain, Anda dapat mengandalkan supplier kopi dari kenalan yang sudah dikenal

Metode ini akan mengurangi biaya utama pembelian kopi pada awal mulai dibangun bisnis kedai kopi untuk setiap bulannya.

Berbagi Uang Sewa Lokasi

Layaknya bekerja sama dengan partner bisnis lain yang sudah ada, Anda bisa memulai bisnis kedai kopi dengan membangun kemitraan dengan usaha lainnya. Sebagai contoh, Anda bisa menggabungkan kedai kopi di tempat penjualan buku.

Kedua bisnis di atas dapat saling membantu karena dua-duanya dapat berjalan di waktu yang bersamaan.

Apalagi mengingat bisnis kedai kopi seperti coffee store yang dilengkapi perpustakaan kecil sedang nge-hits di kota-kota besar, apalagi ditambahkan dengan free wifi. Maka akan membantu dalam membayar uang sewa lokasi, listrik, cairan, dan lain-lain pun tyang idak terlalu besar sebab jumlahnya akan dibagi bersama-sama.

Tempat dan bisnis lain yang mungkin dapat diajak bekerja sama adalah toko bunga, toko musik, galeri atau museum seni, dan masih banyak lagi.

kedai kopi 1

Beli Keperluan Kedai Kopi di Tempat Barang Bekas

Untuk semakin memotong anggaran modal membangun kedai kopi, cobalah mengunjungi tempat jual barang bekas sebelum membeli alat-alat cafe di toko besar. Terutama peralatan utama seperti mesin espresso, mesin giling kopi, dan mesin kasir untuk pembayaran.

Barang-barang di atas sudah bisa kau temukan di toko penjualan barang-barang seperti mesin bekas dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan harga yang dipatok di toko-toko besar. Biasanya merka yang menjual barang-barang bekas lebih mengerti mesin dan kualitasnya.

Baca juga:  Memiliki Mimpi Sukses Menjadi Blogger Wanita, Yuk Baca Tips & Caranya

Mencoba Memulai Usaha Kedai Kopi Secara Online

Memulai bisnis kedai kopi secara online melalui sosial media bisa mengurangi biaya modal hingga 80% karena dengan begitu akan mengurangi biaya untuk sewa tempat dan juga tidak perlu untuk membeli furnitur pelengkap kedai kopi.

Anda cukup mempunyai peralatan untuk membuat kopi dari orderan customer melalui online, lalu sisanya bisa kau lakukan di rumah dan menyediakan pesanan lewat sistem online. Keuntungan lainnya dalam memulai bisnis online, Anda tidak harus menguasai teknik marketing yang baik agar omset dan keberadaan bisnis cafemu tidak pernah turun.

Salah satu siasat marketing yang hampir selalu bekerja adalah mengadakan diskon, promo, ataupun sharing pengalaman pembeli kopi Anda di sosial media kedai kopi milik Anda.

Memulai Usaha Mobil Kedai Kopi

Mobil Kedai kopi merupakan sebuah coffee store berbentuk yang ada di van truck seperti contohnya foodtruck yang bisa berpindahan mulai dari tempat satu ke tempat lainnya. Strategi ini mengandalkan tempat-tempat ramai yang biasanya dikunjungi banyak kalangan dari yang muda hingga lansia agar produk bisa dikenal dan dijial. Nah, memulai bisnis mobil kedai kopi Anda bisa mulai dari kecil, seperti menyewa sebuah mobil foodtruck dan membeli beberap mesin dan perlengkapan untuk kesai kopi. Siasat ini bisa banget di coba sebelum membangun tempat permanen di tengah kota!

Itung-itung ngumpulin uang, ya!