guru 1 FILEminimizerSaat Anda seorang guru dan merasa semakin sulit untuk menjadi sempurna bagi SEMUA siswa Anda. Sudah jelas kita semua berbeda, demikian juga siswa-siswa yang masing-masing dari mereka memiliki gaya belajar sendiri. Ketika gaya mengajar Anda sesuai dengan gaya belajar siswa Anda, pastinya Anda akan memiliki predikat menjadi guru terbaik.

Namun, Anda selalu bisa menjadi guru yang lebih baik bagi siswa Anda, yang terpenting adalah mendengarkan mereka dengan cermat. Berikut ini 10 saran dari siswa untuk gurunya, yang akan membantu Anda memahami prinsip-prinsip siswa-siswa Anda dengan lebih baik. Anda tentu saja mengajar mereka, tetapi Anda selalu bisa membiarkan mereka sedikit mengajari Anda.

Jadi, jika Anda ingin menjadi guru terbaik untuk siswa Anda, sebaiknya tidak mengabaikan apa yang mereka katakan. Biarkan mereka membantu Anda menjadi seorang Guru yang baik untuk mereka.

Guru yang baik adalah guru yang tegas

Siswa Anda dapat mengalami masalah, hari-hari yang buruk, stres, atau bahkan depresi juga. Jika Anda melihat bahwa beberapa siswa seperti mulai belajar lebih buruk, tidak memiliki keinginan untuk melakukan semua pekerjaan sekolah yang Anda berikan, dan hanya ingin menyerahkan segalanya. Jangan terburu-buru untuk berdebat dan memberi tahu mereka tentang seberapa buruk atau mereka menjadi malas.

Anda bisa menjadi seperti orang tua mereka. Mendukung mereka  dengan tanyakan tentang apa yang terjadi padanya, dan mendorongnya untuk berbuat lebih baik. Jika Anda melihat siswa Anda mengalami depresi, mungkin akan lebih baik untuk bertemu dengannya setelah kelas dan mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi.

Jadilah teman mereka, tapi jangan melangkah terlalu jauh

Siswa tidak suka ketika guru mereka mulai berperilaku seperti seorang siswa. Tetaplah menjadi seorang guru profesional, bantu siswa mengerjakan tugas sekolah, dengarkan mereka, bicarakan kehidupan mereka, tetapi ingat siapa Anda. Bahkan jika Anda seorang spesialis muda, dan hampir seusia dengan siswa Anda, tidak perlu menggunakan semua kata-kata gaul dalam kehidupan sehari-hari layaknya teman.

Siswa Anda akan menganggapnya Anda seorang guru yang kasar dan tidak profesional. Siswa-siswa tidak akan menganggap Anda serius saat mengajar.

Berikan pelajaran yang relevan dengan kehidupan mereka

Jika ingin siswa Anda mengingat pelajaran yang Anda jelaskan, coba sambungkan informasi yang Anda berikan dengan beberapa momen dalam kehidupan siswa. Seperti menggunakan beberapa dari mereka sebagai contoh, menggambarkan situasi ini atau itu yang akan lebih menarik bagi mereka untuk memahami dan menyukai pelajaran seperti itu.

Menggunakan waktu dengan bijak

Ingat siapa Anda dan di mana Anda berada. Para siswa tidak suka, ketika guru mereka mulai memberi tahu mereka tentang pengalaman kehidupannya, maka gunakanlah waktu Anda untuk mengajar dan menjelsakan sebaik-baiknya tentang pelajaran yang akan disampaikan. Karena siswa Anda mengunjungi pelajaran Anda untuk mempelajari sesuatu, jadi jangan beri mereka alasan untuk melewatkan kelas ini di lain waktu.

Ingat waktu itu penting bagi siswa Anda, jadi mereka tidak akan dengan senang hati menyia-nyiakannya untuk pelajaran yang tidak memberi mereka apa pun kecuali cerita pribadi dari kehidupan guru mereka.

guru 2 FILEminimizer

Selalu memberikan penjelasan

Jika Anda menganggap diri Anda seorang guru keren yang menjelaskan segala sesuatu dengan cara yang bahkan orang paling bodoh pun akan mengerti, maka jangan malas menjelaskannya kepada siswa Anda beberapa kali.

Bersabarlah, dan jelaskan materi yang Anda berikan berulang-ulang, pastikan semua siswa memahami apa yang telah Anda jelaskan. Betapa sulitnya bagi mereka untuk belajar lebih jauh, jika mereka tidak mendapatkan pengalaman belajar dasar.

Mengajar dengan berbagai cara

Jangan malas menggunakan sebanyak mungkin bahan untuk pelajaran Anda. Siswa percaya bahwa guru terbaik mampu mengajar dalam berbagai cara, seperti: menggunakan buku, video, musik, presentasi, pidato, dan segala sesuatu yang menarik bagi siswa untuk diterima. Jika Anda menunjukkan kepada mereka sebuah video, lalu berikan beberapa makalah dengan fakta-fakta yang dijelaskan dalam video tersebut. Hal ini akan lebih mudah bagi siswa Auntuk memahami dan mendapatkan materi.

Guru yang baik selalu memiliki tujuan

Ketika Anda memulai pelajaran, buat siswa memahami dengan jelas apa yang akan mereka pelajari hari ini. Anda harus memiliki tujuan yang jelas, karena rencana seperti itu akan membantu siswa berkonsentrasi dan mengetahui apa yang seharusnya mereka lakukan selama kelas Anda mulai.

Anda dapat menulis sesuatu seperti “lakukan sekarang” di papan tulis, atau cukup beri tahu mereka rencana Anda selangkah demi selangkah.

Jadilah contoh yang baik untuk siswa Anda

Seorang siswa menceritakan kepada kami tentang gurunya, yang selalu membawa makanan organik yang enak dan membaginya dengan para siswa yang tidak membawa makan siang bersama mereka. Dia terlihat lebih muda dan sangat energik, dan beberapa siswa berubah pikiran tentang usia mereka, karena mereka hanya ingin terlihat seperti seorang guru.

Ini adalah contoh dari seorang guru yang mampu memberikan pengaruh secara positif kepada muridnya.

Percaya pada siswa Anda

Jangan abaikan mereka, jika Anda melihat salahseorang dari siswa Anda tidak tertarik pada mata pelajaran yang sedang dibahas atau tidak mengerti apa-apa. Cobalah untuk percaya pada semua orang, dan jangan tinggalkan siswa Anda.

Mintalah masing-masing dari mereka untuk menjelaskan apa yang sebenarnya tidak mereka sukai atau pahami, jelaskan ini sekali lagi, pastikan mereka mendapatkan pemahaman dari penjelasan Anda. Sangat penting bagi siswa untuk merasakan dukungan gurunya dan tahu bahwa ia akan selalu membantu ketika dibutuhkan.