keluarga Sehat

Apabila anda ingin meningkatkan kesehatan kekebalan tubuh Anda, mungkin anda akan bertanya-tanya bagaimana cara membantu badan anda melawan berbagai penyakit?.
Walaupun tujuanya adalah untuk memperkuat kekebalan tubuh, semua itu akan lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Karena akan ada beberapa perubahan pola makan dan gaya hidup yang harus di jalani agar dapat memperkuat pertahanan alami tubuh dan membantu badan melawan penyakit berbahaya, atau organisme penyebab penyakit.
Dibawah ini ada beberapa metode untuk memperkuat kekebalan tubuh secara alami.

>> Tidur yang cukup
Kenyataanya, kualitas tidur yang kurang bagus bisa dikaitkan dengan kerentanan yang lebih tinggi terserang penyakit. Bagi mereka yang tidurnya kurang dari 6 jam akan lebih cenderung gampang terserang flu. Bagi orang dewasa harus mendapatkan istirahat 7 jam atau lebih tidur setiap malamnya , sementara itu bagi remaja membutuhkan kurang lebih 8-10 jam dan anak-anak yang lebih muda dan bayi hingga 14 jam. Bagi anda yang mendapati sulit tidur, cobalah untuk membatasi penggunaan gadget satu jam sebelum tidur, sebab sinar biru yang dipancarkan ponsel, TV, dan komputer bisa mengganggu ritme siklus bangun tidur alami tubuh.

>> Banyak mengkonsumsi air putih
Dengan banyak minum tidak selalu akan melindungi anda dari kuman dan virus. Akan tetapi apabila dengan sedikitnya asupan air dalam tubuh bisa menyebabkan sakit kepala, suasana hati, menghambat kinerja fisik, fokus, pencernaan, dan fungsi jantung dan ginjal. Gangguan ini bisa merangsang kerentanan terhadap penyakit.
Untuk mencegah dehidrasi, Anda harus cukup minum cairan setiap hari untuk membuat air seni Anda pucat. Air dianjurkan karena bebas kalori, zat tambahan, dan gula.

>> Batasi gula olahan
Penelitian mengungkapkan bahwasanya gula dan karbohidrat olahan bisa berkontribusi kurang baik terhadap kelebihan berat badan atau obesitas, karena semuanya bisa menekan sistem kekebalan pada tubuh. sebab obesitas bisa meningkatkan risiko terserang berbagai macam penyakit.

>> Banyak makan lemak sehat
Lemak sehat, seperti yang ditemukan dalam minyak zaitun dan salmon, bisa meningkatkan respons kekebalan tubuh. Minyak zaitun juga bisa mengurangi risiko penyakit kronis seperti jantung dan diabetes tipe 2. Dapat juga membantu tubuh melawan bakteri dan virus penyebab penyakit berbahaya serta dapat menekan sistem kekebalan tubuh Anda.

>> Banyak mengkonsumsi nabati utuh
Mengkonsumsi nabati secara utuh seperti buah-buahan, biji-bijian, sayuran serta kacang-kacangan kaya sekali akan nutrisi dan antioksidan yang mampu memberikan kekebalan tubuh.
Selain itu, buah-buahan dan sayuran kaya akan nutrisi seperti vitamin C, yang semuanya dapat menurunkan kerentanan anda terhadap penyakit.

Sehat
>> Cukupkan olahraga ringan
Dengan olahraga ringan secara teratur bisa mengurangi peradangan dan meningkatkan pergantian sel imun yang sehat. berjalan, Jogging, bersepeda, berenang, dan hiking.

>> Konsumsi makanan fermentasi atau minum probiotik
Makanan fermentasi kaya akan bakteri menguntungkan biasa disebut probiotik, yang akan mengisi saluran pencernaan. Makanan fermentasi dan probiotik dapat meningkatkan sistem Kesehatan dan kekebalan usus. Makanan-makanan ini termasuk yogurt, asinan kubis, kimchi, tape.

>> Kelola tingkat stres Anda
Yaitu dengan menghilangkan stres dan kecemasan sebagai kunci kesehatan untuk kekebalan tubuh anda.
Sebab stres jangka panjang akan meningkatkan peradangan, juga akan mengakibatkan ketidakseimbangan dalam fungsi sel kekebalan tubuh.