menulis 8 FILEminimizer

Saya sebagai seorang blogger pernah atau bahkan sering menemukan jalan buntu dalam mendapatkan ide menulis artikel baru untuk di update. 3 tahun melakukan aktifitas menulis sebagai blogger belum mendapatkan hasil signifikan, tapi saya tetap berusaha mengupdate tulisan baru pada blog Vondanote.

Lalu bagaimana memunculkan ide untuk kembali menulis blog?

Pada artikel kali ini akan dibahas bagaimana untuk memunculkan ide dalam menulis blog dan mengatasi undmood untuk menulis. Akhir pekan merupakan waktu yang tepat cocok untuk mengisinya dengan kegiatan liburan, dan melepaskan semua beban yang dihadapi saat melakukan rutinitas menulis. Pada akhir pekan Anda bisa meluangkan wkatu untuk bersantai, melakukan apa yang ingin di inginkan. Contohnya seperti melakukan aktifitas membaca, menonton film favoritmu, atau keluar bersama teman-teman. Melakukan liburan bisa menjadi solusi juga untuk mendapatkan ide dan mengembalikan mood untuk menulis kembali.

Tapi bukan hanya solusi ini yang ingin saya jelaskan saat Anda tidak mendapatkan ide ataupun untuk menulis. Saat Anda tidak mendapatakan ide mau menulis apa, ini mungin bukan karena ada masalah pada kepala Anda, kemungkinan ini sebuah penyakit yang berasal dari stress pada dirikita sendiri. Seseorang sudah pasti akan pernah mengalami stress karena padatnya rutinitas yang berdampat salah satunya kebuntuan mendapatkan ide menulis.

Untuk menghilangkan stress dan memunculkan ide menulis kembali, cobalah untuk fokus dengan bagaimana menghilangkan stress tersebut dan memulai fokus menulis kembali.

Menenangkan sejenak pikiran

Lakukan untuk menenangkan pikirian dari rutinitas yang membuat stress dengan cara meditasi. Meditasi dapat Anda lakukan disebuah tempat misalnya di daerah pegunungan menyewa villa atau yang terdekat bila di Jakarta menyewa hotel. Pastikan tidak ada suara terdengar saat Anda melakukan meditasi, biarkan pikiran melupakan sejenak rutinitas dan biarkan kembali mengambil energi positif disekitarnya. Melakukan meditasi tiap hari mampu menghilangkan stress dan menenangkan pikiran. Pikiran setelah meditasi terasa bebas dan kembali bersemangat untuk menulis.

Hal lain yang bisa dilakukan untuk menenangkan pikiran adalah dengan berolahragalah. Misalnya melakukan jogging atau jalan kaki ringan selama 30 menit – 1 jam. Carilah tempat yang enak untuk berolahraga seperti di area sejuk di kebun teh atau taman dekat rumah, kemungkinan Anda akan mendapatkan kembali ide segar untuk menulis.

Membaca artikel orang lain untuk mendapatkan ide menulis

Jika Anda termasuk orang yang malas untuk melakukan rutinitas seperti meditasi atau olahraga, cobalah untuk membaca artikel menarik milik orang lain. Anda hanya perlu duduk tenang dan memilih artikel yang akan dibaca. Misalnya, seperti membuka situs yang sudah tenar maupun situs-situs mainstream lainnya. Dengan membaca akan memunculkan ide baru yang terinpirasi dari pengalaman membaca artikel-artikel tersebut. Catatlah ide-ide tersebut, agar Anda bisa melanjutkan untuk menulisnya menjadi sebuah artikel.

menulis 6

Berikutnya, Anda dapat memanfaatkan sosial media untuk memperoleh ide atau topik yang ingin dibuat. Lihatlah apa saat ini tulisan tersebut sedang tren dibicarakan oleh para warga net, ini mungkin akan membanty Anda mendapatkan ide menulis kembali. Namun sebaiknya ide-ide menulis baru yang didapatkan sesuai dengan karakter blogmu dan berkaitan dengan apa saja yang telah dibahas didalam blog tersebut. Tidak semua topik di blog Anda pastinya memiliki keterkatian dengan konten yang sedang tren di sosial media.

Jika Anda sudah mendapatkan ide langkah selanjutnya adalah jangan malas memulai menulis kembali.

Latihan menulis dari ide yang didapatkan

Cobalah memulai untuk membuat tulisan dari ide yang sudah dicatat tadi, dan ini adalah bagian melatih diri untuk kembali  memulai serius menekuni dunia tulis-menulis.

Saat melakukan aktifitas menulis cobalah untuk lupakan semua yang mengganggu konsetrasi Anda, fokus saja untuk mendapatkan tulisan. Dalam beberapa menit pikiran bawah sadarmu akan bekerja untuk menulis. Pikiran bawah sadar akan memberikan uraian kata yang berhubungan dengan ide tulisan yang Anda dapatkan dengan sendirinya. Tanganmu seakan bergerak sendiri, dalam mengetik tiap huruf yang dikontrol penuh oleh pikiran bawah sadar dan biarkan itu terjadi. Jika pada kondisi ini sering Anda lakukan, maka tanpa sadar Anda akan terbiasa dengan mudah membuat tulisan tanpa berfikir ide untuk tulisan ini rumit yang akan membuat pikiran menjadi buntu.

Mencari inspirasi menulis dari ide yang didapatkan

Saat menuangkan ide dalam sebuah tulisan tentu membutuhkan inspirasi yang bisa datang mulai dari membaca buku atau menonton sebuah film.

Saya termasuk penulis yang suka membaca artikel luar negeri saat mengalami kebuntuan, sebagai solusi untuk bisa  melanjutkan tulisan dan menuangkan ide-ide yang sudah dicatat kedalam sebuah tulisan. Setelah membaca akan membuat kondisi pikiran ini kembali bersemangat menulis dari ide yang telah ditentukan untuk di update di blog Vondanote. Meski topiknya kadang susah, tetapi karena saking semangatnya akhirnya jadi begitu saja artikelnya. Kalau Anda butuh inspirasi, tidak ada salahnya menemukan kondisi itu, agar kembali semangat dalam mengerjakan apapun itu, termasuk menulis blog.

Mengatasi mental block

Mental block menurut Collins Spin Dictionary merupakan “ketidakmampuan untuk mengingat atau berfikir sesuatu yang secara normal sebenarnya mampu Anda lakukan yang sering kali terjadi disebabkan karena tingginya luapan emosi”. Pada kenyataannya Anda merasa mampu melakukannya, tapi ada suatu ketika Anda tidak dapat mengerjakan karena ada luapan emosional ataupun mungkin ada pikiran yang menghalanginya.

Contohnya saat Anda sudah menentukan ide dan akan memulai menulisnya, tiba-tiba ada emosi maupun pikiran yang menghalangi untuk menyelesaikan tulisan tersebut. Maka akan membuat Anda tidak bisa menyelesaikan tulisan tersebut, padahal sebenarnya Anda bisa menyelesaikannya dengan baik

Jika ini terjadi pada saat Anda menulis, maka cobalah untuk mengabaikan pikiran tersebut dan kembali fokus untuk menyelesaikan tulisan tersebut. Jangan menjadikan kekhawatiranmu pada pikiran yang tiba-tiba datang menundamu untuk menyelesaikan tulisan. Seperti yang saya ungkapkan pada poin sebelumnya, biarkan pikiran bawah sadarmu mengendalikan tanganmu dan dia akan membantumu. Yang terpenting, mulai saja, masalah bisa maupun tidak bisa, itu urusan belakangan.

Jangan lupakan istirahat

Saat sudah tenggalam dalam aktifitas menulis artikel, kadang Anda akan lupa waktu. Anda tidak akan sadar sudah mengahabiskan banyak waktu untuk membuat dan menghasilkan banyak artikel. Memang menulis itu asik dan menjadikan Anda lupa waktu. Tapi jangan lupakan istirahat, karena ini sangat penting untuk kembali menyehatkan kepala. Jika tubuh dan otak sudah mulai merasakan lelah, tentu saja Anda tidak akan bisa membuat dan menghasilkan sebuah artikel yang baik maupun sekedar memperoleh ide. Setelah satu artikel selesai, maka istirahatlah sejenak, lakukan kegiatan yang lain sebelum meneruskan keartikel berikutnya.