Youtber

 

Mendapatkan pundi-pundi yang banyak merupakan harapan setiap orang contohnya dari membuat konten video di Youtube. Banyak anak muda di Indonesia beramai-ramai membuat konten Youtube semenarik mungkin demi mendapatkan viewrs dan subscriber, karena kita tahu dan bahkan sudah mengenal Youtuber sukses Atta Halilintar terbukti meraup miliaran rupiah dari konten video yang dibuatnya dan memiliki puluhanjuta subscriber.

Namun bagi Anda yang pemula ingin mencoba membuat video di Youtube dan meraih kesuksessannya tentu perlu mempersiapkan cara dan strategi. Apalagi kita tahu bahwa belakangan ini banyak bermunculan Youtuber baru yang juga mulai memiliki persaingan. Sebelum memulai menjadi Youtuber simak dan pahami langkah-langkah berikut ini:

Membuat akun dan channel YouTube

Pertama-tama yang perlu Anda lakukan yaitu bikin akun YouTube dulu. Anda bisa melakukan registrasi ke YouTube dengan menggunakan akun Gmail yang Anda miliki. Selanjutnya Anda tinggal bikin channel YouTube dengan mengklik ‘my channel’. Buatlah nama channel yang keren dan mencerminkan dengan video-video yang nantinya kamu upload.

Mendaftar Akun adSense

Berhubung untuk menghasilkan uang dari video-video yang di upload di YouTube, Anda juga harus bikin akun Google AdSense yang akan menyalurkan iklan-iklan di videomu.

Nah Anda hanya dibolehkan mempunyai satu akun AdSense ya, agar memudahkan pembayaran. Sedangkan untuk ketertkaitan antara video dan AdSense ini, Anda hanya mengupload minimal tiga video original yang telah diupload untuk di approve oleh Google AdSense.

Menentukan target penonton

Sebelum membangun sebuah Channel Youtube Anda perlu menentukan sasaran penonton yang menjadi target penonton videomu. Bila target penonton mayoritas adalah perempuan dengan usia 17-35 tahun, kamu bisa lebih banyak mengupload video tentang tutorial, contohnya tutorial memasak atau make up. Sasaran penonton juga akan menentukan tata bahasa yang akan Anda pergunakan.

Membuat video yang berkualitas

Aktivitas selanjutnya, Anda bisa mulai bikin video yang di inginkan. Lamanya durasi video yang diperlukan tidak harus panjang, cukup sekitar 5-20 menitan supaya penonton tidak merasa bosan dengan melihat video yang kepanjangan. Anda bisa membuat video menggunakan kamera ponsel. Sebagai referensi, ada beberapa tema video yang biasanya rama dikunjungi untuk ditonton orang di YouTube contohnya: video tutorial, video list, video unboxing, video mukbang, video parodi, vlog, belanja bersama dan lainnya.

Mulai upload video

Konten video yang keren dan bermanfaat hanya akan menjadi sampah jika Anda tidak memperhatikan hal-hal di bawah ini saat menguploadnya:

• Judul Video

Pergunakan judul video yang di dalamnya terdapat keyword, karena bagaimanapun juga kamu harus menggunakan SEO (Search Engine Optimization).

• Thumbnail

Thumbnail adalah image pada bagian depan yang muncul ketika orang menemukan video milikmu. Jadi maksimalkan untuk menggunakan thumbnail yang bagus dan bisa mewakili keseluruhan isi video.

• Deskripsi

Buat penjelesan tentang video dengan jelas, padat, tidak kaku, dan pastinya memiliki keyword di dalamnya. Kamu bisa menambahkan link keluar yang masih berhubungan dengan videomu.

• Cantumkan tag yang relevan

Jangan lupa cantumkan tag yang relevan dengan video karena tag merupakan seperti pengkategorian video sehingga tag yang bagus dapat membuat banyak penonton.

• Promosikan Video

Posis kamu yang masih Youtuber pemula, video yang sudah dibuat dan diupload tak langsung serta merta bisa ditemukan banyak orang karena kamu pasti belum mendapatkan subscriber. Waktu yang dibutuhkan untuk mempunyai banyak subscriber dan menaikkan traffic secara alami kurang lebih satu tahun.

Trik lain untuk mengenalkan video seperti berkolaborasi dengan youtuber lain. Metode ini sudah ada fakta berpotensi menaikkan pengunjung dan mendapatkan subscriber baru secara otomatis.

youtuber

Aktif berkomunikasi dengan para komentator video

Setelah para penonton melihat videomu, ada beberapa pengunjung yang akan menulis komentar. Sebagian ada yang berkomentar bagus dan membangun, tapi ada juga yang negatif dan menjelekkan. Tanggapi dalam diri semua komentar dengan baik.

Kalau ada yang menulis tanggapan buruk, kamu bisa menanggapinya dengan berusaha untuk membuat video yang lebih keren lagi. Adanya komentar positif atau negatif menandakan jika mereka peduli dengan karya-karyamu.

Tingkatkan kemampuan Edit Video

Nah, untuk hal yang satu ini Anda harus melatihnya secara terus-menerus. Semakin rutin kamu berlatih, semakin baik hasilnya. Selain itu memilih aplikasi edit video yang tepat akan membantu Anda dalam membuat hasil editing video yang bagus.

Perlu di ingat jika tidak ada hasil yang cepat dari setiap usaha. Seiring Anda belajar dan rajin membaca tutorial membuat video yang menarik, maka akan menambah ide kreatif Anda dalam membuat video.

Nah selain itu para Youtuber favorit Anda yang saat ini sudah sukses dan terkenal jugak gak bakal instan untuk sukses. Lihat video pertama Casey Neistat, Pew Die Pie atau SuperWoman!

Terakhir ambil uang dari Youtube

Jika Anda hanya berpikir bahwa AdSense merupakan satu-satunya cara agar bisa menghasilkan uang dari Youtube, Anda sangatlah salah besar. Dengan Youtube Anda bisa menghasilkan uang seperti menjadi review produk yang ditawarkan sebuah brand atau menyisipkan jualan produk Anda. Youtube bisa Anda manfaatkan sebagai lading marketing secara gratis jika Anda membaca peluang ini.

Nah cara-cara tersebut bisa Anda praktekkan yang memang memiliki keinginan sukses menjadi Youtuber. Yang paling penting sebenarnya adalah konistensi Anda dalam mengupload video baru yang menarik minat penonton untuk kembali melihat dan menonton, bahkan pantengin channel Youtube Anda hanya untuk menjadi penonton pertama dari video yang di upload.