youtube 1

Ketika Kamu menekuni dunia YouTube, kamu akan sering mendengar YouTubers mengucapkan kalimat “Jangan lupa subscribe, like dan comment!”. Hal ini dilakukan oleh mereka karena sadar, Channel Youtube yang mereka bangun belum memiliki subscriber yang banyak. Maka cita-cita untuk memiliki karier yang cemerlang di dunia per-YouTube-an akan sirna.

Untuk memiliki ribuan subscriber, tentu saja kamu wajin memiliki konten atau video yang unik dan menarik dibanding dengan competitor kamu. Jika subscriber-mu sudah banyak, kamu memiliki peluamg untuk mendapatkan penghasilan besar sebagai YouTuber atau pebisnis online. Nah ini dia bagaimana cara meningkatkan subscriber YouTube mu dengan mudah?

Bersosialisai Dengan Sesama Content Creator

Tentu saja ini merupakan  yang paling penting untuk dilakukan yaitu kolaborasi. Bahasa kekinian sih collab!

Coba deh kamu lihat semua Youtuber favorit kamu, pasti mereka akan melakukan video kolaborasi dengan sesama Youtuber lainnya.

Cara ini penting dilakukan untuk menaikkan engagement kamu. Selain itu kamu wajib berkomunikasi dengan subscriber kamu di kolom komentar. Serta, kamu juga harus mempunyai sosial media lainnya contoh Facebook, Instagram, Twitter atau blog untuk mempromosikan channel Youtube kamu.

Intinya adalah kamu perlu membangun jembatan antara subscriber dan personal branding diri kamu sendiri.

Niat Yang Kuat & Pantang Menyerah

 

Tentu saja, ini merupakan hal yang sangat penting kalau kamu ingin menjadi Youtuber yang hebat. Niat tidak akan mengkhianati hasil. Selama kamu bersungguh-sungguh dengan yang kamu kerjakan, pasti akan berhasil.

Seperti caption Instagram kekinian yang sering kamu baca, “Bersabar adalah kunci segalanya”. Mungkin sebagian orang menjadi viral dan terkenal dengan mudahnya. Akan tetapi sebagian besar harus bersusah payah dan mengorbankan waktu tidurnya untuk mewujudkan mimpinya

Kalau kamu yakin bahwa menjadi Youtuber adalah cita-cita kamu, maka raihlah mimpi itu.

Lakukan Editing Yang Natural

Video yang upload tentunya merupakan gabungan dari potongan klip video antara momen satu dengan yang lainnya dan akan disatukan melalui proses edit. Bukan hanya menyatukan video saja, tapi Anda juga harus mengatur pencahayaan agar hasil video terlihat bagus. Usahakan agar Lamanya durasi video yang akan diupload tidak terlalu lama agar penonton tidak bosan.

youtube 2

Berbagi Konten Lewat Media Sosial

Video yang sudah diupload pastinya tidak langsung disaksikan oleh sejuta pengunjung Youtube, karena Anda masih berstatus sebagai YouTuber baru. Untuk menambah penonton, promosikan video yang sudah diupload ke jejaring media sosial Anda, seperti Facebook, Twitter, ataupun Instagram dan lainnya. Informasikan rekan yang ada di media sosial jika Anda punya akun YouTube pribadi supaya mereka langsung mengunjungi video tersebut.

Meskipun niatnya untuk meningkatkan trafik penonton, tetapi jangan sekali-kali melakukan spam. Karena, jejaring media sosial memiliki aturan tersendiri bagi seluruh penggunanya. Jika kedapatan membuat spam di jejaring medsos, salah satu akun Anda dapat diblok, yang secara langsung akan merugikanmu sebagai YouTuber

Menambah Subscriber Dengan Mengadakan Giveaway

Banyak YouTuber yang kebanjiran subscriber karena sering mengadakan giveaway ke para penonton yang sering mengunjungi akun YouTube miliknya. Nah, giveaway dilakukan bukan hanya sekadar untukmeningkatkan traffic pengunjung atau menaikkan jumlah subscriber, tapi juga sebagai bentuk apresiasi kepada viewers yang setia mantengin saluran YouTube Anda.

Namun giveaway yang diberikan tidak perlu mahal, apalagi Anda masih sebagai YouTuber pemula. Cukup mengeluarkan Rp300.000 saja, Anda bisa mengadakan giveaway untuk meningkatkan pertemanan dengan para penonton.

Konsisten Membuat & Berbagi Video

Rutin dalam membuat dan mengunggah video itu penting. Semakin dispilin membuat video, maka semakin sering pula akun YouTube Anda muncul di beranda laman ini. Apalagi bagi orang yang sudah pernah melihat video yang pernah diupload sebelumnya.

Walaupun konten yang dibuat kurang menarik perhatian, pasti ada saja orang yang penasaran dan mengklik video yang Anda buat, jumlah pengunjung pun akan meningkat secara sendirinya, karena mereka mengapresiasi usaha Anda dalam membuat video.

Jangan Pernah Takut Untuk Mencoba

Selain menekuni di bagian pekerjaan lain, Anda memang juga boleh mencoba menekuni industri YouTube, jika memang suka membuat video dan berbicara dengan orang lain. Kegagalan terbesar itu bukan saat saluran YouTube Anda tidak sukses, tapi karena ketakutan untuk mencoba.

Oleh karena itu, jangan pernah menyerah untuk mencoba, karena dengan mencobalah maka Anda bisa.