blog 1

Menghasilkan uang melalui Blog tidak hanya melalui iklan berbayar dari Google Adsense. Ternyata, ada beberapa cara agar tulisan Anda menghasilkan uang melalui blog, jelas ini merupakan kabar bagus buat Anda yang memilki portofolio tulisan, foto, video dan desain grafis yang selalu menguploadnya pada blog.

Hal ini pastinya akan membuat Anda semangat untuk terus mengelola dan mengembangkan tulisan melalui blog. Tak hanya itu, bagi Anda yang memiliki blog dengan menyewa domain dan hosting sendiri akan meringankan beban pegeluaran rutin setiap bulan, jika mendapatkan penghasilan dari tulisan yang sudah dibangun di blog

Namun, perlu dipahami bahwa tips yang disajikan dibawah ini dapat berbeda hasilnya dan tidak selalu sesuai ekspetasi Anda. Tentunya diperlukan konsistensi terus-menerus yang harus Anda lakukan mengupdate tulisan, menampilkan foto, membuat video menarik. Konsistensi ini sangatlah penting agar pembaca dan mesin pencari Google percaya jika isi tulisan dan menganggapnya penting.

Pembaca yang rutin mengunjungi blog Anda, dan Anda juga rutin membagikan media sosial ataupun email akan menjadikan reputasi tulisan tinggi di mesin pencari. Ini akan menjadikan blog Anda muncul di mesin pencari untuk kata dan subyek tertentu, yang akhirnya membuat pengunjung blog terus bertambah.

Membuat tampilan blog rapi dan menarik

Tampilan blog yang menarik akan menjadikan pengunjung untuk terkesan dan mau berlama-lama melihat berbagai macam konten yang Anda sajikan. Jelas semakin lama pembaca betah, akan ada laporan traffic pada blog Anda bagus.

Tak hanya oleh orang-orang, blog Anda juga akan dibaca oleh mesin pencari Google, Yahoo, Bing dan Yandex. Dalam beberapa hal Anda harus memperbaiki tampilan blog dan konten yang sesuai dengan keinginan mesin pencari.

Jangan lupakan juga kecepatan untuk mengakses blog dari tulisan Anda. Jangan biarkan pengunjung merasakan ‘berat’ atau loading lama ketika membuka web, perhatikan penggunaan foto pada blog seperti jangan mengupload foto yang melebihi ukuran 100 kb.

Selain itu jangan lupa untuk menyematkan fitur-fitur media sosial seperti instagram, facebook, twitter, dan linkedin pada setiap artikel. Pastikan plugin ini aktif dan bisa memberikan pembaca untuk melakukan share tulisan Anda di blog ke media sosial pengunjung.

Pada tampilan blog aturlah untuk penggunaan kombinasi warna. Bila perlu, ajaklah desainer grafis yang bepengalaman dalam mengatur tampilan kombinasi warna pada tampilan blog untuk berdiskusi dan merapikan blog yang Anda miliki.

Traffic pengunjung orang yang dapat dibuktikan

Jujurlah dalam usaha untuk mendapatkan pengunjung blog Anda, karena Google akan memantau pengunjung setiap blog secara otomatis melalui ip pengunjung yang berkunjung ke blog. Untuk memantau pengunjung, ada baiknya Anda memanfaatkan produk Google Analytics. Tak hanya gratis, Googe Analytics mampu menyajikan data secara aktual dan laporan yang lengkap.

Lengkapi kontak yang bisa dihubungi di blog

Ini adalah hal kecil remeh yang kadang terlewatkan. Bagaimana pemasang iklan dapat menghubungi Anda bila tidak ada nomer kontak dan alamat yang tertera? Ada baiknya, menambahkan kolom khusus kontak yang bisa dihubungi di blog. Seperti pencantuman alamat kantor, nomer telepon atau alamat email yang tertera jelas. Tentunya, nomer tersebut harus aktif dan dapat dihubungi. Jangan segan untuk membalas setiap pesan yang masuk.

blog 2

Mau hasilkan uang dari blog, ini dia tipsnya

Tips yang disajikan disini dapat dilakukan oleh Anda pada blog yang sudah dibangun.

Memasang iklan

Memasang iklan merupakan sumber penghasilan para penggiat blog, khususnya bagi blog yang memilki traffic pengunjung tinggi dan pageview yang besar. Biasany bagi pemasang iklan yang tertarik untuk memasang iklan akan meminta laporan pengunjung di Google Analytics.

Ada aneka macam ukuran banner iklan yang populer pada tampilan blog yang bisa Anda akses melalui komputer atau handphone.

Tampilan handphone, terpopuler yaitu banner dengan ukuran 320×50 px yang umumnya disebut Transferrable Leaderboard. Berikutnya banner iklan dengan ukuran 320×320 atau Mobile Full Page yang biasa disebut paralax ads.

Sedangkan pada tampilan komputer, ukuran headline yang popular yaitu 300×250 px ataupun yang biasa disebut Business Rectangle, disusul kemudian ukuran 728×90 px yang disebut Leaderboard.

Bila diringkas, rata-rata ukuran slot banner yang disukai pengiklan dan pengelola blog sebagai berikut ini:

  • 300×250 px atau Medium Rectangle
  • 728×90 atau Leaderboard
  • 320×50 atau Mobile Leaderboard
  • 160×600 atau Wide Skyscraper

Pada umumnya pemasang iklan akan meminta Anda untuk memasang link aktif pada banner tersebut. Artinya, bila pengunjung blog mengklik iklan yang muncul ditulisan, maka pembaca akan menuju halaman website pemasang iklan.

Memasang Iklan dalam bentuk artikel

Memasang iklan dalam bentuk artikel juga menjadi sumber uang untuk blog Anda. Replica iklan dalam bentuk artikel ini banyak disukai oleh perusahan-perusahaan sebagai sarana menaikkan citra dan marketing.

Artikel yang akan di pasang atau di share melalui blog Anda biasanya akan disediakan oleh pemasang iklan disertakan dengan foto utama, foto pendukung dan recording. Anda tinggal menuliskan ulang artikel tersebut dalam blog.

Jangan lupa, perhatikan permintaan khusus mulai dari pemasang iklan. Misal, mereka minta link aktif yang dapat di-klik oleh pembaca pada kata-kata tertentu.

Juga tenggat waktu penayangan artikel. Ingat, pemasang iklan artikel umumnya disesuaikan dengan konsep promosi mereka misalnya untuk peluncuran produk, ulang tahun, ataupun peringatan khusus lainnya.

Melakukan Affiliasi

Anda dapat bekerjasama dengan para ecommerce, dalam bentuk beraffiliasi untuk mempunyai kode sematan. Bila ada pengunjung blog Anda yang meng-klik kode afiliasi yang ada di tulisan dan melanjutkan transaksi maka Anda akan mendapat penghasilan dari nilai transaksi produk yang di iklankan

Cara ini digemari oleh pemilki blog yang mengulas tentang produk kecantikan, produk elektronik dan teknologi.

Menjual E-Book

Era buku fisik perlahan-lahan mulai usai dan tergantikan oleh buku dalam bentuk elektronik yang dikenal dengan e-book. Manfaatkan peluang ini untuk membuat dan menjual e-book di blog Anda.

Anda dapat mulai menulis buku, mengubahnya menjadi info pdf dan memasangnya di blog Anda. Transaksi dapat langsung dilakukan senilai harga e-book yang Anda bandrol harganya.

Menjual produk fisik atau dikenal dropshipper

Menjual produk dari pabrik bisa menjadi sumber penghasilan blog yang tak terbatas. Contohnya, bila Anda memilki blog tentang kecantikan, kenapa tidak menjual produk kecantikan dan parfum di blog Anda?

Anda tinggal memanfaatkan fitur e-commerce di tulisan agar pengunjung tulisan gampang bertransaksi. Namun, jangan lupa Anda harus memiliki proses update tracking dari proses pengiriman barang yang dilakukan oleh kurir. Update informasi ini sangat membantu customer untuk melihat status pengiriman barangnya.

Mengadakan event blog

Ini merupakan cara yang biasanya digunakan oleh vlogger, tidak ada salahnya dicoba oleh pemiliki blog. Anda dapat mengatur acara pertemuan dengan para pembaca blog. Siapkan topik-topik yang sekiranya menarik dan sedang dicari oleh masyarakat.

Seperti topik tips membangun usaha dan motivasi, atau tutorial.

Nah, sudah mendapat gambaran kan bagaimana menghasilkan uang mulai dari blog? Tentunya tulisan singkat ini belum akan menjawab keingintahuan Anda.