Makan Malam

Picture by : https://cdn.telanganatoday.com

Apa sih yang biasanya kamu lakukan ketika lapar sewaktu tengah malam? Sebisa mungkin jangan sampai menahan lapar karena inilah yang nantinya akan mengakibatkan gangguan tidur dan hati gelisah. Jika kamu merasa lapar di malam hari, disarankan untuk mencari camilan yang tentu saja masih dalam indikasi aman.

Lalu makanan apa saja sih yang seharusnya dihindari ketika lapar di malam hari? Untuk mengetahui lebih lanjut yuk simak ulasan berikut. 

Makanan yang Manis dan Mengandung Karbohidrat yang Tinggi

Menjadikan makanan manis sebagai camilan malam hari memang masih diperbolehkan. Tapi ingat pilihlah makanan yang rendah kadar karbohidratnya seperti buah apel, pisang, pepaya atau kamu juga bisa menjadikan sereal sebagai alternatifnya. 

Jangan sampai mengomsumsi makanan yang manis tapi juga mengandung kadar karbohidrat yang tinggi seperti martabak manis dan kue cubit. Hal ini akan mengakibatkan lonjakan kadar gula darah dan membuat kamu semakin sulit tidur.

Makanan Kaya akan Minyak dan Kandungan Lemak

Tubuh memerlukan waktu istirahat yang cukup di malam hari, begitu juga dengan perut. Sebenarnya mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan minyak dan lemak yang tinggi akan membuat perut memiliki kerja dua kali lipat lebih berat.

Itulah mengapa banyak orang yang mengonsumsi makanan berlemak dan berminyak pada tengah malam akan berakibat lemas pada pagi harinya. Sebisa mungkin untuk kamu menjauhi camilan seperti es, kacang, keju atau malah mengonsumsi makanan cepat saji. 

Makanan dengan Tingkat Pedas yang Cukup Tinggi

Cabai atau lada merupakan salah satu rempah-rempah yang sebenarnya memiliki efek menghangatkan pada tubuh. Tapi jika kamu mengonsumsi makanan dengan kandungan cabai atau lada yang tinggi pada malam hari hanya akan membuat sulit tidur.

Hal ini dikarenakan cabai dan lada memiliki senyawa kimia yang membuat perut bereaksi yang berakibat mulas bahkan diare. Jadi sangat disarankan untuk menghindari camilan pedas pada malam hari ya.

Bahaya makan Di Malamg hari

Picture by : https://www.sleepworld.com

Makan dengan Porsi yang Besar

Lapar dalam kondisi ketika ingin tidur memang tidaklah menyenangkan. Hal ini akan membuat kamu semakin merasa gelisah, tapi jangan sampai mengonsumsi makanan dengan porsi yang besar dan mengakibatkan kamu malah kekenyangan.

Memaksakan tidur dalam kondisi perut terlalu penuh hanya akan menaikkan asam lambung dan membuat kamu mual.

Jadi sebenarnya mengonsumsi camilan sebelum tidur memang diperbolehkan, tapi sangat disarankan untuk kamu menjauhi beberapa jenis makanan yang telah disebutkan di atas. Tetap sayangi tubuh dengan mengonsumsi camilan sehat di malam hari ya!