rumah milenial FILEminimizer

Memilki sebuah rumah sendiri menggambarkan harapan setiap orang termasuk Anda kaum anak muda yang dibilang anak milenial.  Untuk mewujudkan keinginan memiliki rumah diusia mudah maka perlu menerapkan gaya hemat dan mulai menabung sejak dini langkah awal mewujudkannya.

Apalagi kita tahu bahwa harga hunian terus melambung setiap tahun dan perlu disiasati strategi bagus untuk bisa mewujudkan memiliki rumah impian diusia muda.

Berikut beberapa kiat yang dapat diterapkan agar pembelian rumah pertama Anda terwujud.

Menghilangkan pemikiran negatif tidak bisa membeli

Sebagai generasi milenial yang selalu bersemangat pasti saat berfikir membeli sebuah rumah, akan berfikir uang dari mana untuk membeli rumah harga segitu, atau berapa lama menabung untuk membeli rumah. Pemikiran seperti itu akan membuat para generasi milenial mengurungkan niat untuk membeli rumah. Maka mulailah untuk mencoba berfikir untuk positif dan pasti bisa membeli rumah impian di usia muda. Pemikiran positif ini akan membantu Anda untuk memotivasi dan berstrategi, bagaimana cara mendapatkannya. Yang akhirnya akan membuka peluang usaha dan merubah gaya hidup.

Memilih rumah yang tepat untuk menjadi tempat tinggal

Hal lain yang perlu dilakukan untuk memiliki sebuah rumah yaitu memilih rumah yang tepat untuk menjadi tempat tinggal Anda. Tentunya ini berkaitan dengan lokasi rumah yang akan Anda ambil, seperti terletak di pusat kota maupun daerah strategis akan mempunyai harga tinggi tinggi. Jika terletak ditengah kota Anda bisa memilih rumah bekas dengan harga yang terjangkau di usia Anda. Namun jika Anda menginginkan sebuah rumah baru maka bisa memilih rumah di pinggir kota yang harganya relatif terjangkau dikantong Anda.

Sebelum memutuskan rumah seperti apa dan dilokasi mana yang Anda inginkan, ada hal-hal lain yang perlu dipertimbangkan dan diperhatikan yaitu mempelajari area lokasi rumah yang akan diambil. Perhatiak lingkungan rumah tersebut seperti keamanannya, apakah lokasi tersebut aman, bebas dari banjir, memiliki akses jalan yang lancar, serta ditunjang oleh beragam fasilitas umum yang memadai.

Mencicil DP untuk membeli rumah waktu 3 tahun sebelum menikah

Bagi Anda para kaum milenial disaat single adalah waktu yang tepat untuk mulai berfikir menabung untuk DP pada saat membeli rumah. Menentukan waktu tiga tahun untuk menabung DP rumah sudah sanga tepat. Ini berguna agar tidak tumpang tindih antara kebutuhan yang satu dan kebutuhan yang lainnya. dan ini merupakan langkah yang cukup pas. Nah bagi yang plan menikah dengan pasangan dan ingin memiliki rumah setelah menikah, bisa bersabar untuk memprioritaskan menabung bersama untuk pernikahan dan DP rumah selama 3 tahun, maka setelahnya Anda bisa mewujudkan impian untuk menikah dan memiliki hunian tanp pusing.

milenial 2 FILEminimizer

Menentukan metode pembayaran rumah yang cocok dikantong

Langkah selanjutnya adalah bagaimana cara membeli rumah yang sudah sesuai dengan Anda dari lokasi dan harga. Saat ini banyak rekomendasi fasilitas KPR yang bisa Anda pilih untuk mendapatkan rumah secara instan tanpa harus memiliki uang cash.

Kredit Pemilikan Rumah (KPR) kerap menjadi alternativf bagi para anak muda milenial untuk mendapatkan rumah impian dengan cara mencicil pembayaran rumah yang kita beli, mengingat harga hunian yang semakin tinggi. Dengan menggunakan fasilitas KPR keinginan untuk mempunyai rumah sendiri lebih lancar diwujudkan karena bisa dicicil.

Namun ada hal lain yang perlu dipertimbangkan saat mengambil fasilitas KPR yaitu kemampuan mencicil rumah setiap bulannya perlu diperhatikan. Pertama yang harus diperhatikan adalah masa tenor kredit yng diberikan dan biaya cicilan rumah yang harus rutin dibayar setiap bulannya. Tentu Anda harus waspada dan menghitung dengan benar jika plafond peminjaman KPR yang diberikan dan biaya cicilan setiap bulannya sesuai dengan kemampuan Anda. Jangan memaksakan diri untuk mengambil KPR dengan jangka waktu singkat jikalau tidak dapat, karena jumlah cicilan yang lebih besar akan mempengaruhi stabilitas keuangan Anda.

Solusi lainnya sebelum mengambil rumah secara KPR untuk meringkan cicilan rumah adalah dengan memperbesar uang DP kepada deplover sehingga uang plafond yang diajukan ke bank untuk di KPR-kan tidak terlalu tinggi dan biaya cicilan bulanannya pun ringan. Nah, tentunya agar DP lebih ringan Anda bisa sedikit bersabar memundurkan waktu untuk memiliki rumah impian dengan menabung dan jika sudah cukup tabungannya baru diajukan pembeliannya.

Teliti saat proses serah terima rumah yang dibeli

Jika fasilitas KPR untuk kepemilikan rumah Anda disetujui, langkah selanjutnya adalah meneliti proses serah terima rumah yang dibeli. Bagi Anda yang membeli rumah baru, pastikan spesifikasi hunian yang dijanjikan oleh pihak deplover sudah sesuai dengan kontrak pembelian rumah diawal yang sudah ditandatangani Anda dan pihak developer. Jika tidak sesuai Anda berhak untuk mendapatkan penjelasan dari pihak pengembang.

Sedangkan bagi Anda yang memilih membeli rumah bekas huni, kondisi rumah harus diperiksa terlebih dahulu apakah sesuai dengan yang telah penjual informasikan dan janjikan. Andaikan pemilik sebelumnya menjanjikan untuk meninggalkan spserti perkakas, furnitur, atau perlengkapan lainnya, pastikan semuanya telah sesuai dengan perjanjian awal kala kesepakatan jual beli terjadi.