Di dunia ini nggak ada yang nggak mungkin Anda dapatkan kecuali memang Anda sudah dalam keadaan sakit dan tidak mampu untuk bekerja dengan kemampuan fisik yang sehat. Lalu bagaimana dengan judul hari ini di Vondanote yang agak unik, bertemakan menabung namun ditarget 30 juta dalam 1 tahun.

Sebagian Anda pasti berfikir ini bisa didapatkan bagi mereka yang pengahsilannya sudah berlebih untuk kebutuhan sehari hari kehidupan dan hanya bisa dilakukan untuk para kelas menengah keatas dalam bidang keuangan. Namun semua asumsi Anda sangatlah salah, semua bisa menabung 30 juta setahun untuk Anda yang memiliki kriteria menengah kebawah.

Tips menabung ini saya tulis untuk Anda yang memiliki kriteria keuangan:

  1. Pekerja / wirausaha dengan gaji sebulan 4 juta per bulan

  2. Belum berumah tangga

  3. Tidak memiliki hutang bank diluar.

Mengapa dengan 3 kriteria karena, diluar 3 kriteria tersebut tentu banyak keuangan yang lebih di prioritaskan dibandingkan menabung hingga target 30 juta dalam 1 tahun. Contohnya buat Anda yang sudah berkeluarga, kebutuhan utama tentu memenuhi tututan kebutuhan keluarga baru menabung. Selain into juga bagi Anda yang memiliki tanggungan hutang dengan bank atau orang lain, maka yang di prioritaskan adalah membayar hutang terlebih dulu daripada menabung.

Namun untuk kriteria nomor 1 sebenarnya tidak diharuskan tetapi secara perhitungan keuangan penghasilan dengan angka 4 juta bisa menabung 30 juta dalam se tahun seharusnya.

Lalu bagaimana caranya dapat menabung 3 juta setahun?

Membuat Plan Berhemat Selama 1 Tahun

Dengan tujuan dan tekad yang sudah dibulatkan untuk mendapatkan tabungan Rp. 30 juta, di awal Anda harus mulai berhemat semaksimal mungkin. Berhemat juga membutuhkan plan yang akan membuat Anda disiplin dan konsisten untuk mencapai target.

Jika Anda memiliki gaji Rp. 4 juta  per bulan, Anda harus menganggarkan untuk tabungan sebesar Rp 2,5 juta. Total Rp. 2,5 juta x 12 bulan = Rp. 30 juta (tabungan 1 tahun). Sisanya Rp. 1,5 juta untuk memenuhi kebutuhan hidup selama 30 hari kedepan, masalahnya adalah bagaimana Anda memenuhi kebutuhan hidup dengan uang sisa tersebut.

Berikut ini plan berhemat kebutuhan untuk 30 hari kedepan:

  1. Menghitung ongkos dari rumah ke kantor. Jika Anda memiliki kendaraan seperti motor, dalam 1 bulan tentunya Anda bisa alokasikan budget bensn Rp. 300 ribu.
  2. Menghitung anggaran belanja pokok, seperti beras dan minyak. Beras dan minyak adalah yang paling pokok di stock selama sebulan, budget 1 bulan yaitu beras 5kg dengan harga Rp. 65 ribu dan minyak 2 liter dengan harga Rp. 20 ribu. Gula dan kebutuhan lainnya seperti sabun visa dibudgetkan Rp. 100 ribu.
  3. Menghitung biaya listrik, gas, pulsa dan kos/kontrakkan. Kebutuhan tersebut adalah yang pasti harus dipenuhi dan wajib dibayar, carilah kos/kontrakkan dengan biaya murah maksimal Rp. 700 ribu. Token listrik, gas dan pulsa bisa dibudgetkan Rp. 200 ribu.
  4. Menghitung biaya makan. Yang perlu dihemat lagi adalah biaya makan dengan mengubah gaya konsumsi makanan diluar menjadi menyediakan makanan sendiri. Budgetnya adalah Rp. 400rbu.

Dari keempat penghematan biaya tersebut sisanya bisa Anda simpan untuk biaya tak terduga. Selain itu selama berhemat sebaiknya Anda mengurangi frekuensi untuk makan atau berkumpul Bersama teman yang bisa membuat target menabung tidak tercapai. Karena ada kemungkinan Anda akan dengan terpaksa menggunakan uang tabungan untuk sekedar membayar acara kumpul-kumpul Anda.

Menabung Setiap Mendapatkan Gaji/Pemasukan

Mengubah gaya menabung Anda tentunya menjadi kewajiban tercapainya target menabung, yaitu Anda mulai menyisihkan uang senilai Rp. 2,5 juta diawal bulan untuk ditabung. Sisa dari uang yang ditabung bisa Anda gunakan untuk memenuhi kebutuhan selama 30 hari kedepan.

Mencari Penghasilan Tambahan

Dari target menabung yang sudah ditentukan, tentu tidak ada salahnya jika Anda mencari alternatif tambahan uang untuk menabung. Salah satu caranya dengan bagi pria bisa menjadi ojek online atau berjualan online menjadi reseller. Bagi wanita Anda juga bisa melakukannya dnegan berjualan online menjadi reseller atau menjadi content creator yang saat ini sedang banyak di buka oleh para agency pelaku Youtube. Selain itu, Anda juga bisa bekerja freelance sesuai keahlian. Di zaman melek teknologi seperti saat ini, mencari pekerjaan tambahan rasanya tidak terlalu sulit.

Fokus Dengan Target Menabung

Jika Anda benar-benar ingin segera mengumpulkan uang dalam jumlah besar dalam kurun waktu yang singkat, kuncinya hanya perlu fokus kepada tujuan tersebut. Dengan begitu, Anda tidak akan berbuat curang menggunakan uang yang ada untuk keperluan lain, namun dengan jujur lebih akan fokus ke tujuan dan berusaha mencapai tujuan tersebut.