cuci tangan

Menjaga kebersihan tangan dapat melindungi Anda dari kuman dan berbagai penyakit. Ini adalah salah satu langkah kecil yang memiliki efek penting yaitu tehindarnya virus masuk ketubuh melalui tangan. Kebanyakan ahli medis mengatakan bahwa bakteri jahat juga penting bagi tubuh, tetapi dalam hal mencuci tangan, mungkin sebaliknya.

Bakteri jahat merupakan agen dominan di tangan yang akan mendatangkan banyak penyakit dan kondisi. Tangan Anda membawa banyak kuman yang dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti diare dan penyakit saluran pernapasan seperti pneumonia.

Cuci tangan

Mencuci tangan dengan sabun akan mencegah infeksi mendekati Anda. Namun, meningkatkan kesadaran tentang makanan dan kebersihan untuk menjalani hidup sehat serta menjaga diri dari penyakit fatal harus dipraktekkan dan diturunkan kepada anak-anak Anda. Ini akan membangun rasa pentingnya di kalangan anak muda. Jadi yang perlu Anda lakukan hanyalah mencuci tangan dengan menggunakan sabun, sanitizer atau cairan pencuci seperti handwash.

Kuman seperti Salmonella dan Norovirus adalah kuman utama di tangan Anda dan bisa menyebabkan diare dan dapat menyebar membentuk infeksi saluran pernapasan juga. Kuman ini dapat menempel dig tangan Anda setelah Anda menggunakan toilet atau mengganti popok bayi. Ada kemungkinan lain kuman dapat menempel di tangan Anda dengan pergi ke toko daging dan memegang daging di toko atau hanya sekedar untuk membeli daging. Kotoran manusia mengandung 1 triliun kuman dan dapat mengenai tangan Anda dan ini dapat menyebabkan berbagai macam penyakit secara instan.

Dengan menyentuh benda apa pun yang mengandung kuman, Anda telah terkena infeksi dari kuman tersebut. Penyakit ini juga dapat menyebar dari orang ke orang hanya dengan bersin atau batuk. Jika semua kuman ini masuk ke tangan Anda dan tidak dibersihkan untuk sementara waktu, besar kemungkinannya bisa menyebar dari orang ke orang. Mengapa menunggu sesuatu yang mengerikan terjadi, sementara Anda hanya dapat menghabiskan 2 menit untuk mencuci tangan sesekali dan dilakukan secara rutin.

Cara bagaimana kuman menyerang tangan Anda:

  • Saat menggunakan toilet atau mengganti popok bayi
  • Bersin atau batuk dapat membantu menyebarkan kuman dan menyebabkan infeksi.
  • Membeli daging dari tukang daging dapat menjadi celah kuman menempel ke tangan Anda.
  • Kotoran manusia mengandung 1 triliun kuman dan menyebabkan bahaya langsung.
  • Ketika semua kuman ini sampai ke tangan Anda, mereka dapat ditularkan dari orang ke orang dan membuat orang sakit.

Mencuci tangan secara teratur adalah cara untuk meminimalisir virus  masuk ketubuh melalui tangan dan menginfeksi yang dapat menyebar dari orang ke orang. Ini adalah carayang paling sederhana yang harus dilakukan setiap orang kapan pun saat waktu luang.

Karena Anda tentu paling sering menyentuh area wajah seperti mata, hidung, telinga, dan mulutnya bahkan tanpa disadari ada potensi risiko penyebab penyakit dari kuman berbahaya. Kuman dari tangan yang tidak dicuci cenderung masuk ke tubuh Anda melalui tangan, mata, hidung, dan mulut. Kuman memiliki kemampuan berkembang biak dengan mengonsumsi makanan dan minuman tertentu.

Mencuci tangan secara teratur akan membantu Anda mencegah diare dan infeksi saluran pernapasan serta dapat melindungi dari infeksi mata dan kulit. Kesadaran perlu menyebarkan gagasan mencuci tangan. Tidak seperti kebanyakan kesadaran penyakit yang disebarkan oleh banyak rumah sakit dan dokter, mencuci tangan telah disebarluaskan dengan cara yang kurang diprioritaskan.

Cuci Tangan Mengurangi Resistensi Antibiotik:

Resistensi antibiotik akan mengurangi penerimaan antibiotik saat Anda sakit. Tubuh Anda mulai menolak antibiotik karena kuman telah menjadi kebal pada tubuh Anda terhadap antibiotik semacam itu dan belajar untuk bertahan hidup di lingkungan tubuh Anda. Sebelum hal seperti ini terjadi, Anda perlu membiasakan diri untuk mencuci tangan sesekali.

Pentingnya Cuci Tangan:

Selain mencegah banyak penyakit dan kondisi, mencuci tangan dikatakan bermanfaat bagi Anda dalam berbagai cara. Mengurangi risiko diare dan penyakit pernapasan. Dengan mencuci tangan sesekali, Anda mengurangi risiko tertular infeksi dan sudah tentu tidak perlu minum antibiotik untuk melawan penyakit tersebut.

  • Mencuci tangan mengurangi diare dan penyakit pernapasan.
  • Mencuci tangan mengurangi kelemahan sistem kekebalan.
  • Mencuci tangan mengurangi penyakit saluran cerna pada anak sekolah.

Bagaimana Cara Mencuci Tangan Dengan Benar?

Mencuci tangan dapat melindungi Anda dari penyakit atau kuman, tetapi yang terpenting adalah bagaimana Anda melakukannya. Mencuci tangan dengan benar adalah yang terpenting. Paling sering orang tidak melakukannya dengan cara yang benar dan ini meninggalkan kuman bahkan setelah Anda mencuci tangan.

Ikuti langkah-langkah sederhana ini dan pastikan tangan bebas kuman dan tetap sehat:

Langkah 1: Oleskan cairan pencuci tangan seukuran koin pada telapak tangan Anda dan gosokkan telapak tangan Anda dengan lembut.

Langkah 2: Kemudian dengan lembut gosok punggung masing-masing tangan.

Langkah 3: Gabungkan kedua telapak tangan Anda dan kunci jari-jari Anda dan gosok dengan lembut.

Langkah 4: Gosok punggung dan ujung jari Anda.

Langkah 5: Gosok ujung ibu jari Anda dengan lembut.

Langkah 6: Bilas dengan air.

Tip Sederhana yang Perlu Diketahui Tentang Mencuci Tangan:

Mencuci tangan dengan sabun bisa lebih efektif dibandingkan dengan pembersih tangan . Pembersih tangan mungkin merupakan alat yang baik untuk dimiliki di tas Anda, tetapi ini tidak boleh menyimpang dari mencuci tangan dengan sabun cair. Hal ini dikarenakan penggunaan hand sanitizer yang berlebihan dapat mengeringkan tangan karena kandungan alkoholnya yang tinggi.

Saat menyuruh anak-anak Anda mencuci tangan, itu mungkin pekerjaan yang sibuk. Ada trik agar tangan anak Anda cepat dicuci. Yang perlu Anda lakukan hanyalah menyanyikan sebuah lagu dan Anda tidak pernah tahu bagaimana 30 detik berlalu.

Catatan: Diperlukan waktu sekitar 30 detik untuk mencuci tangan dengan benar.

Kapan Anda Harus Mencuci Tangan:

Mencuci tangan bebas kuman dapat dilakukan kapan saja sepanjang hari, tetapi inilah yang perlu Anda ketahui tentang kapan harus mencuci tangan.

  • Cuci tangan Anda sebelum dan sesudah makan.
  • Setelah bermain olahraga apa saja.
  • Setelah menggunakan kamar kecil.
  • Setelah batuk atau bersin.
  • Jika seseorang sakit dan Anda ada di sekitar mereka bersalaman

Catatan: Bersin atau batuk dengan menutup mulut dengan tangan mungkin tampak seperti gerakan yang menyenangkan tetapi ada risiko infeksi.

cuci tangan 2

Pembersih Tangan VS Cuci Tangan Cair:

Jika Anda terburu-buru untuk membersihkan tangan tetapi tidak ada air yang tersedia, maka pembersih tangan berfungsi dengan baik. Ini dapat digunakan kapan saja dan tidak merepotkan. Tetapi pertanyaannya terletak pada fakta seberapa efektif pembersih tangan dibandingkan dengan pencucian sabun cair. Pembersih tangan mengandung alkohol dan harus digunakan sebagai alat darurat untuk melindungi tangan Anda dari kuman dan infeksi.

Ini tidak boleh digunakan sebagai pengganti sabun cuci tangan. Pembersih tangan berbahan dasar alkohol hanya memberi Anda perlindungan 60% dari kuman. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, cairan pencuci tangan dan air lebih baik daripada pembersih tangan karena mengurangi Cryptosporidium, Clostridium difficile dan Norovirus yang menyebabkan penyakit.

Pembersih tangan memiliki cara yang cepat untuk membersihkan tangan Anda dalam situasi ketika Anda selesai menggunakan toilet atau dengan menyentuh pegangan pintu. Tetapi sabun dan air sangat berguna saat Anda mengerjakan bagian mesin, memecahkan kerupuk, atau berolahraga. Ini juga dapat digunakan untuk mencuci tangan Anda sebelum dan sesudah makan atau apa pun yang dapat dilakukan oleh pembersih tangan.

Pembersih tangan dibatasi hanya untuk situasi tertentu, tetapi berfungsi sebagai bantuan langsung untuk mengekang bakteri jahat yang ditemukan di tangan Anda. Namun, kebanyakan orang yang lebih suka mencuci tangan dengan sabun dan air tidak mengetahui tata cara mencuci tangan yang benar. Menggosok di antara jari-jari Anda adalah salah satu aturan standar yang harus diikuti untuk menghilangkan kuman di tangan Anda.

Hari Cuci Tangan Sedunia:

Hari Cuci Tangan Sedunia dirayakan pada tanggal 15 Oktober dan bertujuan untuk menciptakan kesadaran dan meningkatkan pentingnya mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan air. Ini adalah inisiatif untuk mencegah penyakit dan menyelamatkan nyawa. Hari Cuci Tangan Global didirikan oleh Kemitraan Cuci Tangan Global untuk merancang, menguji, dan merancang cara-cara kreatif untuk mencuci tangan menggunakan sabun dan air.

Tujuan: Tujuan utama hari cuci tangan sedunia adalah untuk menciptakan kesadaran di antara orang-orang untuk menggunakan sabun dan air daripada pembersih tangan.

Hari ini pertama kali dilembagakan pada tahun 2008 yang melibatkan 120 juta anak di seluruh dunia yang mencuci tangan pakai sabun. Sejak itu, para pemimpin nasional telah melembagakan gagasan membangun bak cuci tangan ini dan menyebarkan pesan a tentang cara mencuci tangan dengan benar.