bersyukur 2 FILEminimizer

Ada satu cara untuk memastikan bahwa Anda bangun setiap hari dengan perasaan tenang, gembira dan bahagia, dan itu adalah perasaan bersyukur.

Ketika Anda memulai kebiasaan untuk selalu mengungkapkan kepada pencipta dengan mengharagai kehidupan yang diberikannya untu Anda, maka semestapun mendengarkan dan merespons dengan lebih banyak cinta untuk Anda.

Kehidpan seorang manusia pastinya jauh dari kata sempurna, karena manusia memiliki sifat iri, sombong atau egois. Terkadang terjadi sesuatu yang menyebabkan kita bereaksi dan berfikir negative, belum lagi rasa emosi yang keluar dari diri kita. Hal tersebut jika tidak ada manfaatnya bagi kesehatan mental dan emosional Anda.

Mulailah untuk menghargai diri dengan bersyukur yang secara tidak langsung memaksa Anda keluar dari masalah dan melihat gambaran yang lebih besar. Pada gilirannya, Anda lebih siap untuk bergerak maju ketika tantangan terjadi dalam hidup.

Apa itu rasa bersyukur?

Rasa bersyukur berarti bahwa Anda menerima, menjalani, dan menghargai setiap yang terjadi pada kehidupan. Saat bersyukur berarti Anda berproses menerima ujian seperti ketakutan kehilangan atau ketakutan emosi. Karena orang yang bersyukur akan selalu berterima kasih atas segala hal dalam hidup mereka, bahkan pada hari-hari ketika rasanya tidak ada yang berjalan dengan baik.

Untuk mengubah sikap syukur menjadi kebiasaan yang berkelanjutan, fondasi Anda untuk perasaan syukur harus dipertahankan secara perlahan. Bahkan pada hari-hari ketika rasanya tidak ada yang berjalan dengan baik, Anda harus tetap bersyukur pada apa yang terjasi

Seperti yang dikatakan Melody Beattie,

“Rasa syukur membuka kepenuhan hidup. Itu mengubah apa yang kita miliki menjadi cukup, dan banyak lagi. Itu mengubah penolakan menjadi penerimaan, kekacauan menjadi ketertiban, dan kebingungan untuk kejelasan. “

Mengapa penting menumbuhkan rasa bersyukur?

Kita semua tahu betapa pentingnya memiliki sikap positif. Sebuah penelitian menunjukkan jika Anda mengucapkan terima kasih akan meningkatkan kebahagiaan Anda sebesar 25%. Ketika Anda meluangkan waktu untuk bersyukur atas apa yang dimiliki saat ini dan akan membuat Anda bersemangat.

Seperti yang dikatakan Lewis Howes,

“Jika kamu berkonsentrasi pada apa yang kamu miliki, kamu akan selalu memiliki lebih banyak. Jika Anda berkonsentrasi pada apa yang tidak Anda miliki, Anda tidak akan pernah merasa cukup.”

bersykur FILEminimizer

Cara Sederhana Menumbuhkan Sikap Bersyukur

Mari kita lihat 4 cara sederhana menumbuhkan sikap bersyukur.

Menulis apa saja yang sudah Anda syukuri

Kita sering mengalami hal-hal yang harus kita syukuri, hanya untuk melupakannya pada hari berikutnya. Inilah sebabnya mengapa menuliskan apa yang Anda syukuri adalah ide yang bagus. Dengan melakukan itu, Anda menulis ulang otak untuk fokus pada hal yang baik. Kebiasaan mencatat dan merenungkan hal-hal yang Anda syukuri secara teratur, akan membuat Anda lebih menghargai makna hidup.

Ketika datang untuk berlatih syukur, konsistensi adalah kuncinya. Biasakan menulis dalam catatan Anda setiap hari, terutama di pagi hari tentang hal-hal yang sudah Anda lakukan sebagai cara menubuhkan sikap bersyukur. Ini adalah cara yang bagus untuk memulai hari Anda dengan hati yang bersyukur.

Selalu mengucapkan terima kasih

Setelah Anda mulai menubuhkan sikap syukur, Anda bebas untuk membagikan rasa syukur itu kepada orang lain sebagai bentuk penghargaan.

Contohnya seberapa sering Anda meluangkan waktu untuk memberi tahu orang lain dalam hidup Anda seberapa besar artinya bagi Anda?

Penelitian menunjukkan bahwa pada hari-hari ketika individu berusaha mengungkapkan rasa terima kasihnya, mereka mengalami lebih banyak emosi positif dan lebih mungkin membantu seseorang merasa terhubung dengan orang lain.

Pikirkan tentang orang-orang dalam hidup Anda yang telah membuat dampak positif pada hidup Anda. Jangkau dan beri tahu mereka betapa Anda menghargai mereka dan ingin selalu mengucapkan terima kasih. Ada banyak cara untuk mengekspresikan rasa terima kasih Anda.

Mulailah menulis catatan terima kasih kepada siapa saja yang telah membantu Anda dalam perjalanan hidup Anda hingga sekarang, berikan pujian yang bermakna, dan rayakan kegembiraan orang lain seolah-olah itu milik Anda juga.

Merayakan hal-hal kecil sebagai rasa syukur

Selama ini Anda atau bahkan saya sebagai seorang penulis selalu dikondisikan untuk fokus dan merayakan pada pencapaian terbesar dalam hidup. Namun, tanpa sadar hal besar yang Anda rayakan membuat mata Anda tertutup atau mengabaikan hal-hal kecil yang membuatnya tidak ada peenghargaan untuknya.

Cobalah untuk Anda merayakan hal-hal kecil, yang sebenarnya Anda merayakan kebiasaan sendiri. Luangkan waktu untuk menikmati hal-hal kecil dan menjadikan Anda untuk menghargai setiap pencapaaian kecil atau besar dalam hidup sebagai rasa syukur.

Renungkan rasa syukur dengan meditasi

Meditasi adalah praktik yang kuat dalam kesadaran diri. Proses meditasi adalah tentang membiarkan pikiran melakukan hal yang diinginkannya dan menerimanya apa adanya.

Melalui meditasi, kita dapat membangun area otak dan mengembalikannya untuk meningkatkan sifat-sifat positif seperti fokus dalam pengambilan keputusan dan mengurangi yang kurang positif seperti rasa takut dan stres.

Ketika Anda menguasai pikiran, maka Anda akan bisa menguasai emosi. Tiba-tiba, segala sesuatu dalam hidup Anda mengalir dengan lebih mudah. Anda menjadi kurang reaktif dan lebih mampu menangani tantangan hidup dengan anggun.

Keindahan dari meditasi syukur adalah Anda dapat mempraktikkannya di mana saja. Luangkan beberapa menit dari jadwal sibuk Anda setiap hari untuk merenungkan hal-hal dan orang-orang yang Anda ingin syukuri.

Tidak ada kata terlambat untuk mulai menumbuhkan sikap syukur.

Apa yang Anda syukuri? Bersyukur untuk apa pun itu setiap hari. Hidup itu indah. Luangkan waktu untuk berhenti dan menghargainya. Syukur memiliki kekuatan untuk mengubah seluruh hidup Anda.