produk bank FILEminimizer

Fungsi bank yang utama dan sudah dikenal masyarakat seperti menghimpun dan menyalurkan dana. Bank sendiri bermacam-macam produk yang memiliki segudang keuntungan dan keunggulan yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan finansial Anda.

Dari bermacam-macam produk yang ditawarkan oleh pihak bank, Anda harus mengerti bahwa masing-masing produk pasti mempunyai keuntungan dan risiko.

Untuk itu, penting sekali mengetahui keuntungan dan risiko yang acap kali timbul dari produk perbankan sebelum Anda menggunakannya

Cobalah simak dan pahami manfaat dan risiko dari lima produk bank paling laris aktifitas daily bank yang sangat dikenal oleh masyarakat.

Tabungan

Tabungan bukan hanya terdiri atas satu produk, tetapi kini mulai berkembang dengan banyak jenis, dimulai dari tabungan perencanaan, tabungan haji, tabungan berjangka, dan lain sebagainya.

Produk berupa tabungan popular di masyarkat karena mudah dijadikan wadah untuk menyimpan uang untuk lebih aman. Beberapa kantor telah memfasilitasi tabungan kepada para stafnya untuk kepentingan lain. Sebab melalui tabungan, Anda bisa juga melakukan pemindahan uang dalam waktu singkat dan aman. Produk bank yang satu ini memiliki beberapa komponen yang dapat digunakan oleh nasabahnya, seperti :

  1. Buku Tabungan
  2. ATM
  3. Setoran Awal
  4. Bunga
  5. Biaya Bulanan

Giro

Sebagian orang pasti bingung membedakan produk bank yang contohnya giro dan tabungan. keduanya adalah produk untuk menyimpan  di bank, sebagian orang merasa giro tidak berbeda dengan tabungan. Karakteristik Giro ada di jenis penarikan. Anda tidak bisa mengandalkan ATM atau teller bank dalam proses mencairkan uang giro. Berbeda dengan tabungan, dana di giro hanya bisa diproses pencairannya menggunakan cek ataupun bilyet giro. Cek merupakan alat pembayaran yang dikeluarkan dari pihak bank sebagai pengganti uang tunai. Anda dapat memproses nilai uang yang tertera dalam cek ke dalam bentuk tunai selama uang yang tersimpan pada giro Anda cukup. Sementara itu, bilyet giro yakni alat transaksi pembayaran nontunai yang pencairannya tidak dapat dilakukan tunai. Dana yang tertera dalam bilyet giro hanya bisa dicairkan melalui pemindahbukuan ke rekening pihak tertentu. Biasanya bilyet giro digunakan perusahaan untuk melakukan pembayaran gaji terhadap karyawan.

Deposito

Satu lagi produk yang dimiliki bank guna menghimpun dana masyarakat yang mesti Anda mengerti, yaitu deposito. Yang membedakan produk yang satu ini dengan dua jenis produk lainnya, tabungan dan giro, merupakan masalah proses pencairan yang mempunyai waktu tertentu. Penarikan di luar waktu tersebut hanya dapat menimbulkan risiko ke Anda, seperti penalti atau pemotongan dana dari uang yang telah Anda simpan dalam deposito.

Dalam jangka waktu tertentu keuntungan yang dapat diperoleh ketika membuat rekening deposito menjadi lebih besar dibandingkan dengan giro ataupun tabungan biasa.

produk bank 2Kredit

Salah satu fungsi bank yang bisa membantu masyarakat yaitu memberikan kredit. Produk bank yang satu ini memungkinan seseorang atau badan usaha membeli produk dan membayarnya dalam jangka waktu tertentu. Peraturan tentang produk kredit bank bahkan sudah tercantum pada Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1992, sebagaimana diubah dengan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1998.

Setiap kredit mempunyai karakteristik yang tidak pernah terlepas, yakni memiliki jangka waktu, suku bunga yang telah disepakati, metode pembayaran, jaminan, biaya administrasi, sampai asuransi jiwa dan tagihan yang dibuat untuk seandainya terjadi kredit macet atau peminjam meninggal dunia. Semua karakteristik itu dibuat untuk memaksimalkan manfaat yang di dapat dari produk perbankan yang satu

Layanan Jasa

Berbagai produk layanan jasa dihadirkan oleh bank untuk menjalankan fungsinya. Layanan jasa tersebut diawali dengan pengiriman uang, pembayaran, pembelian, sampai penagihan. Contohnya adalah layanan transfer, pembayaran asuransi, pembelian pulsa internet, sampai penagihan listrik. Semua itu dapat terlayani dengan produk ATM, SMS Banking, Internet Banking, Mobile Banking, atau transaksi langsung melalui teller.

Memahami Resiko Mengguanakan Produk Bank

Meski terlihat bertabur keuntungan, berbagai produk bank bukan berarti memiliki risiko. Tanpa pengaturan yang tepat dari Anda selaku pengguna jasanya, produk perbankan bisa menjadi masalah. Sebagai contoh, saat Anda tidak dapat mengontrol diri menarik uang dari ATM, uang tabungan Anda lama kelamaan tergerus. Ketika mengajukan kredit pun, ada risiko tidak dapat melunasi tagihan karena ternyata pinjaman yang Anda ambil digunakan untuk berfoya-foya.

Dengan demikian, Anda perlu mulai mengontrol diri dan mempelajari risiko dari sendiri sebelum memutuskan memilih produk perbankan yang Anda inginkan. Tanpa kebijakan, kemudahan transaksi