depositoPengertian Deposito

Satu lagi produk yang dimiliki bank guna menghimpun dana masyarakat yang mesti Anda mengerti, yaitu deposito. Yang membedakan produk yang satu ini dengan dua jenis produk lainnya, tabungan dan giro, merupakan masalah proses pencairan yang mempunyai waktu tertentu. Penarikan di luar waktu tersebut hanya dapat menimbulkan risiko ke Anda, seperti penalti atau pemotongan dana dari uang yang telah Anda simpan dalam deposito.

Berikut beberapa keunikan deposito :

  • Masa Jatuh Tempo

Pertama, seperti yang sudah dijelaskan, dana yang tersimpan di deposito hanya bisa dikeluarkan setelah jangka waktu perjanjian berakhir atau yang dikenal sebagai jatuh tempo. Deposito yang sudah jatuh tempo ini bisa diperpanjang secara otomatis.

  • Batas Waktu Penyimpanan

Umumnya deposito mempunya jangka waktu 1,3,6, 12, sampai 24 bulan. Terakhir, Anda dapat memilih hendak mendepositokan dana Anda dalam bentuk mata uang rupiah atau asing.

Dalam jangka waktu tertentu tersebut, keuntungan yang dapat diperoleh ketika membuat rekening deposito menjadi lebih besar dibandingkan dengan giro ataupun tabungan biasa.

deposito 2 FILEminimizer

Berikut beberapa manfaat jangka waktu penyimpanan deposito:

Dapat Dijadikan Jaminan

Saat sulit dalam mendapatkan pinjaman dengan tidak adanya jaminan yang dapat diagunkan. Lain halnya memiliki deposito, Anda bisa menggunakan rekeningnya untuk jaminan pinjaman.

Bunga Lebih Tinggi

Jika bunga tabungan biasa memiliki berkisaran 0,5-2 persen setiap tahunnya, Anda akan mendapatkan bunga lebih tinggi ketika memilih menyimpan dana di deposito. Indeks bunga memiliki berkisaran 5-7 persen bisa Anda peroleh per tahunnya.

Pengelolaan Terencana

Anda dapat lebih mudah mengatur keuangan Anda dengan produk deposito karena dana yang tersimpan memang disiapkan untuk jangka menengah dan panjang. Dana yang disimpan dapat Anda kalkulasikan beserta bunga untuk memenuhi rencana Anda diwaktu yang akan dating.

Baca juga:  5 Manfaat Hebat Untuk Tubuh Dari Olahraga Berjalan Kaki Santai Secara Rutin, Cocok Buat Anda Yang Punya Aktifitas Padat

Dijamin Lembaga Penjamin Simpanan

Tidak perlu takut uang Anda akan hilang saat bank tempat mendepositokan dana Anda bangkrut. Seluruh dana Anda yang tersimpan akan dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan. Namun, ada angka maksimal yang dapat dijamin, yakni Rp2 miliar. Dana yang melebihi angka tersebut tidak akan dapat jaminan.

Membaca artikel tersebut tentunya bisa menjadi pertimbangan bagi Anda dalam memiliki produk penyimpanan uang yang sesuai dengan harapan dan target tujuan dari tabungan tersebut. Jika tujuan Anda jangka panjang memilih produk deposito ini akan sangat membantu Anda untuk memenuhi harapan dari kebutuhan di masa depan. Jadi jika Anda berminat deposito mulailah untuk sering bertanya-tanya ke pihak bank yang Anda tuju.