laundry 2 FILEminimizer

Aktifitas masyarakat yang kian hari kian meningkat, membantu mencuci pakaian orang lain adalah salah satu hal yang bisa menghewat waktu seseorang. Setelah beraktifitas dari pagi hari hingga sore pastinya akan terasa lelah dan butuh istirahat. Melihat kesempatan ini, kali ini Vondanote akan membahas bagaimana cara membuka usaha laudry kiloan bagi Anda yang memang berniat memiliki usaha sebuah jasa laundry. Bisnis itu tidak selalunya harus berwujud barang. Saat ini bisnis berbasis jasalah yang banyak diminatimasyarakat dan pasarnya kian hari kian meingkat dan menjanjikan.

Saat awal-awal membuka jasa usaha laundry pakaian juga tidak terlalu membutuhkan modal banyak, hanya bermodalkan mesin cuci dan setrika serta keterampilan menggosok, dan melipat baju telah cukup Anda miliki tentunya selama hidup. Namun supaya usaha laundry Anda terlihat profesional pastinya harus lebih mulai dari itu. Untuk membuat jasa laudry Anda terlihat profesional tidak perlu terburu-buru, Anda bisa mengembangkannya sedikit-demi sedikit seiring berjalannya usaha laundry tersebut dan mulai menghasilkan keuntungan. Dari keuntungan tersebut Anda bisa mengembangkan usaha laundry agar terlihat professional.

Cara membuka usaha laundry kiloan

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memutuskan untuk membuka jasa laundry kiloan. Usaha laundry menggambarkan usaha yang memberikan layanan jasa. Agar pelanggan tetap memakai jasa laundry Anda, maka pelayanan yang dieberikan haruslah bagus dan memuaskan. Selain faktor di atas ada beberpa faktor lagi yang harus diperhatikan

Faktor yang perlu diperhatikan saat akan membukan jasa laundry

Analisa Harga

Masyarakat kota masih sangat sensitif untuk yang namanya harga. Anda harus lebih cermat dalam menentukan harga agar usaha jasa laundry Anda laku kepada konsumen yang targetkan. Tiap daerah harga yang ditawarkan juga berlainan. Intip harga yang ditawarkan oleh pesaing dan terapkan diusaha anda. Untuk awal promosi usaha laudry Anda, berikan diskon diskon yang menarik  namun jangan sampai membuat Anda rugi dan tidak mendapatkan untung. Tetaplah untuk memperhitungkan harga diskon dan keuntungan yang didapatkan saat masa promosi.

Hasil Cucian

Hasil cucian dari laundry Anda menjadi nilai penting bagi pelanggan Anda. Pelanggan tidak akan pernah mau jika hasil cucian yang mereka serahkan kepada jasa laundry hasilnya lebih buruk  dari hasil cucian sendiri. Tidak hanya hasil bersih, penilaian dimulai dari cucian hingga hasili gosokan dan cara melipat. Konsumen akan sangat senang apabila barang yang ia serahkan kepada jasa laundry untuk dicuci menjadi bagus hasil cucinya dan rapih hasil setrikanya.

Meminimalisir Kesalahan Mencuci Pakaian Pelanggan

Untuk menghindari kesalahan, perlunya rencana dan persiapan yang bagus. Kesalahan yang biasanya terjadi pada laundry-laundry pada umumnya contohnya waktu mencuci yang di informasikan kepada pelanggan. Usahakan semaksimal mungkin baju pelanggan yang dicuci selesai dengan yang deadline yang sudah di informasikan ke pelanggan. Kesalahan kedua yang juga biasanya terjadi adalah tertukarnya barang konsumen yang satu  dengan konsumen yang lainnya. Sebaiknya pelaku usaha laundry harus menghindari masalah tersebut.

Menentukan Tempat / Lokasi usaha

Tempat yang tepat dapat memastikan ramainya bisnis laundry Anda. Tidak hanya untuk bisnis laundry, namun bisnis-bisnis lainnya yang membutuhkan tempat sangat ditentukan oleh lokasi. Pemasaran bisnis offline yang paling mujarab  adalah dengan memiliki lokasi yang strategis dan sering dilewati oleh banyak orang. Biasanya lokasi yang cocok seperti di persimpangan, dekat kampus, dan dekat kontrakan.

laundry FILEminimizer

Merekrut karyawan yang akan menjalankan usaha laundry Anda

Agar bisnis laundry Anda berkembang dengan baik, gunakan karyawan untuk membantu mengurus bisnis laundry Anda. Pilih pegawai yang mampu bekerjasama dengan baik dan menerima masukan dari Anda untuk lebih baik dalam hal memberikan pelayanan kepada pelanggan yang datang. Bekerja sendiri mungkin akan menghemat uang anda beberpa ratus ribu, namun bila bekerja dibantu dengan karyawan, maka omset anda akan bertambah jutaan rupiah.

Bisnis laundry artinya bisnis real 100% offline. Kelemahan dari bisnis jasa laundry adalah munculnya pesaing baru dilokasi Anda, karena bisnis ini tergolong sangat mudah dan modal kecil. Agar bisnis yang dijalankan terus berkembang, maka pemilik bisnis harus mampu berinovasi lebih jauh. Mungkin dengan memberikan promo harga bagi pelanggan dan memberikan hasil cucian yang baik tanpa kesalahan. Bila perlu Anda bisa menyediakan jasa antar jemput untuk memudahkan pelanggan untuk memanjakan pelanggan terutama yang memiliki aktifitas bekerja tinggi. Ini juga termasuk salah satu pemasaran yang belum banyak digunakan oleh para pemilik bisnis jasa laundry.

Cara membuka usaha laundry kiloan

  • Yang pertama kali perlu dipersiapkan untuk membuka usaha laundry kiloan yaitu alat dan tempat untuk mencuci pakaian. Tempat mencuci pakaian tidak harus berlokasi dipersimpangan maupun yang telah sebutkan tadi. Tempatnya yang dapat dijangkau oleh pelanggan untuk memesan jasa yang sedang anda jalankan. Ini juga salah satu cara untuk menghemat biaya sewa tempat, karena menyewa lokasi dipersimpangan dengan ukuran yang luas juga memerlukan biaya sewa yang mahal. Jadi siapkan tempat untuk mencuci pakaian sederhana dan rapih.
  • Mempunyai minimal 1 mesin cuci yang berukuran sedang dan perlengkapan lainnya seperti sabun cuci dan pewangi pakaian. Membuka jasa laundry tentu jangan sampai Anda mencuci menggunakan tangan, karena itu akan membuang buang waktu dan hasil cucian belum tentu bersih. Mesin cuci digunakan untuk memudah akan Anda kertika mendapatkan order mencuci pakaian konsumen.
  • Memiliki minimal 1 mesin setrika, untuk menyetrika pakaian yang sudah kering setelah dicuci dan akan terlihat rapih setelah disetrika. Alat ini harus dimiliki oleh para pelaku bisnis laundry. Kecuali kalau usaha laundry Anda memang tidak melayani setrika.
  • Promosi, yang perlu dilakukan selanjutnya adalah mempromosikan usaha laundry Anda. Untuk promosi awal bisa dilakukan dari lisan seperti mulut kemulut atau membuat lembar promosi yang disebarkan ke rumah-rumah sekitaran tempat usaha Anda. Jangan lupa memasang spanduk atau baner dilokasi usaha laundry Anda. Agar pejalan kaki tahu dan paham, bahwa outlite yang Anda dirikan adalah sebuah jasa laundry.

Selanjutnya menjalankan bisnis Anda dengan serius dan konsisten. Sehingga usaha yang Anda jalankan akan dapat berkembang dengan cepat dan baik. Sekian artikel wacana cara membuka usaha laundry kiloan.