Setelah selesai mempersiapkan pakaian bayi di usia 0-6 bulan pada masa kehamilan, kini Anda harus kembali mempersiapkan kembali pakaian si bayi  untuk memasuki usia 7 -12 bulan.

Menjelang bayi Anda berusia 5 bulan, apakah ada perubahan bentuk tubuh pada bayi Anda? Misalnya dari mulai ukuran panjangnyan dan berat tubuhnya, itu pasti dan mutlak loh apalagi jika si bayi kenyang dengan ASI si Ibu. Dengan ASI biasanya tubuh bayi akan lebih besar karena asupan ASI sama dengan makanan yang dimakan oleh kalian. Sudah saatnya mengecek pakaian si bayi apakah sudah mulai kekecilan untuk beberapa pakaiannya dan bahkan terlihat gembul bagian perut dan pahanya.

Berikut tips untuk yang perlu dilakukan sebelum membeli pakaian baru untuk bayi Anda.

 Lakukan pengecekan ukuran pakaian si bayi

Setiap ukuran pakaian bayi yang dibeli tentunya berbeda-beda bisa saja ukuran S pada merek satu dengan merek yang lain berbeda. Nah akan lebih baik sebelum membeli pakaian kembali, Anda melakukan pengecekan pakaian model apa saja yang sudah mengecil dan harus kembali.

Lakukan pencatatan list pakaian bayi yang akan dibeli

Anda pasti sering mengabaikan kegiatan mencatat sebelum membeli barang apalagi seperti membeli pakaian bayi, karena pada saat belanja bulanan pun Anda tidak melakukan pencatatan. Jadi sebenarnya untuk apa melakukan pencatatan, hal ini sebenarnya memudahkan Anda untuk menentukan langsung venue yang harus dituju saat membeli pakaian bayi, selain itu Anda juga bisa memilah mana yang kira-kira perlu dibeli dan tidak dibeli.

Lakukan penentuan budget

Setelah menetapkan list pakaian yang akan dibeli kembali, lagi-lagi sesuaikan budget karena pastinya akan mengambil budget bulanan Anda. Pada saat membeli sebaiknya dilakukan dua kali jadi dibulan usia ke 6 dan memasuki ke 7. Jadi list yang sudah dibuat tentu bisa dibagi menjadi dua dan pastinya seorang ibu harus pintar menentukan mana yang lebih dulu. Ingat dalam menentukan budget jangan terlalu memaksa, sebaiknya sesuaikan dengan kemampuan Anda karena sekedar mengingatkan jika akan banyak kebutuhan lain nantinya untuk si bayi.

Lakukan pemilihan tempat membeli

Venue atau tempat yang akan Anda tuju untuk membeli akan lebih baik sudah di ketahui dan menjadi langganan Anda sebelumnya saat membeli pakaian bayi usia 0 – 6 bulan. Penting lagi ditempat yang Anda tuju semua barang yang di list atau dibutuhkan tersedia jadi Anda tidak perlu membeli ditempat yang terpisah, ingat si bayi masih rentan untuk diajak berjalan keluar rumah terlalu lama jadi pikirkan kesehatan si bayi sebagai prioritas saat menentukan tempat membeli pakaian. Kalau Anda mau mudah sekarang banyak onlineshop yang menjual berbagai perlengkapan bayi yang dibutuhkan, selain itu menghemat tenaga tentunya.

Perhatikan jenis bahan pakaian bayi yang dibeli

Bahan pakaian yang dibeli untuk bayi sebaiknyaharus berbahan 100%cotton dan berlabel SNI. Selain nyaman bahannya, pastikan baju tersebut sesuai dengan standar pakaian bayi maka itu pentingnya berlabel SNI.

Nah semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda para ibu untuk menjadi ibu smart yang pintar dan memberikan yang terbaik untuk keluarga. Sebagai saran tetaplah berhemat saat melakukan aktivitas membeli pakaian bayi ini dan patuhilah list yang sudah ditulis atau jika memungkinkan dikurangi ya.