kemahBelum terlambat untuk mulai berkemah bersama anak-anak Anda. Kegiatan berkemah dengan pemandangan alam memberikan pengalaman sensoris penuh, dan perjalanan berkemah bersama keluarga adalah cara yang bagus untuk memulai sebuah kegembiraan di luar rumah dengan cara sederhana. Dari bayi hingga remaja, anak-anak dari segala usia akan menemukan begitu banyak hal untuk memikat mereka dalam perjalanan berkemah, seperti: langit berbintang, suara burung yang berkicau, api unggun yang memikat, serangga terkecil yang melakukan pekerjaan mereka di kotoran. Berkemah dapat membuka mata dan menyadarkan indra mereka terhadap lingkungan alami disekitar lingkungan kemah.

Berikut adalah beberapa tips untuk memulai dan membuat berkemah dengan anak-anak menjadi menyenangkan dan memberikan pengalaman yang baik.

Berlatih Berkemah di Rumah

Jika anak-anak Anda belum pernah melakukan kegiatan berkemah, maka sebagai pengalaman pertama pasanglah tenda di halaman belakang atau bahkan di dalam rumah Anda. Biarkan anak-anak nongkrong di dalamnya dan tidur di dalamnya sehingga mereka merasa nyaman dengan lingkungan tidur yang baru. Selain itu ajaklah anak-anak untuk jalan-jalan seharian ditaman dekat rumah. Habiskan setengah hari di tepi danau atau taman dan lihat bagaimana anak-anak Anda bereaksi terhadap pengalaman itu.

Biarkan Anak Membantu Anda Berkemas

Beri anak-anak tanggung jawab untuk mengemas perlengkapan berkemah mereka sendiri (menggunakan daftar yang Anda buat). Periksa pekerjaan pengemasan anak Anda sebelum meninggalkan rumah. Tetap teratur dengan meminta anak-anak Anda mengepak barang-barang pribadi dalam tas ransel dan mendorong mereka untuk selalu mengembalikan barang-barang itu ke tas itu. Ransel setiap anak harus memiliki warna yang berbeda untuk memudahkan identifikasi.

Menyiapkan & Membawa Makanan yang Disukai Anak-Anak

Salah satu yang menarik dari berkemah adalah berbagi makanan di sekitar api unggun. Seperti kegiatan memanggang makanan di atas api menggunakan tongkat memanggang yang panjang menggandakan, akan menimbulkan rasa senang. Biarkan anak-anak membantu Anda berkontribusi dalam perencanaan menu sehingga mereka bersemangat untuk mengikuti kegiatan kemah keluarga. Tanyakan kepada mereka apa yang ingin merek makan selama berkemah dan apa yang mereka inginkan untuk di panggang. Bungkus makanan yang Anda tahu akan mereka sukai; sekarang mungkin bukan saatnya untuk mencoba makanan kuliner baru. Simpanlah camilan siap-pergi yang dapat dimakan langsung saat Anda bepergian dan di perkemahan.

Temukan Tempat Perkemahan Yang Tepat Untuk Keluarga

Yang paling penting dari semuanya adalah menemukan tempat perkemahan yang tepat untuk keluarga. Temukan tempat perkemahan dengan fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan keluarga Anda. Beberapa tempat perkemahan dilengkapi dengan fasilitas seperti: memiliki lapangan bola, pantai atau area berenang, aliran atau sungai dan taman bermain. Selain itu ada juga perkemahana yang menawarkan meja piknik, toilet pribadi, dan saluran air panas. Jika ini pertama kalinya Anda berkemaha dengan keluarga, maka mulailah dari lokasi perkemahan yang dekat dengan rumah dan pilihlah perkemahan yang lebih berkembang dengan banyak fasilitas. Lanjutkan perjalanan Anda ke lokasi yang lebih jauh atau lebih jauh. Tanyakan keluarga lain untuk rekomendasi tempat perkemahan keluarga yang ramah untuk anak-anak. Selain itu Anda bisa menanyakan kepada anak-anak ide-ide yang bisa dilakukan atau dilihat di tempat tujuan perkemahan Andad. Terima masukan mereka dengan serius. Cari perkemahan menggunakan mesin pencari dan filter berdasarkan fasilitas atau hal-hal yang bisa dilakukan seperti memancing ikan, berenang di sungai atau memetik hasil panen ataupun tanaman liar yang bermanfaat untuk dinikmati hasilnya.

Buatlah List Kegiatan Acara Perkemanahn

Saat Anda sudah mempersiapkan kegiatan untuk berkemah dengan keluarga, maka perisapkan juga list kegiatan acara yang akan dilakukan selama berkemah. Anda juga bisa menanyakan kepada anak-anak ide acara yang akan dilakukan selama berkemah. Sehingga kegiatan berkemah menjadi lebih menyenangkan ketika list acara sudah dipersiapkan oleh Anda dan anak-anak, dijamin tidak ada kata bosan yang akan keluar dari mulut anak-anak.

kemah 2 FILEminimizer

Atur Perlengkapan Anda

Atur perlengkapan berkemah dalam tas jinjing untuk memudahkan akses saat Anda tiba di kemah. Gunakan tempat sampah plastik bening atau kotak kardus untuk menyimpan persediaan dapur Anda, perlengkapan tenda, kantong tidur dan peralatan lainnya di tempat terpisah. Apapun yang terkait dengan dapur dimasukkan ke dalam satu wadah, kotak, atau tas, begitu juga dengan perlengkapan tidur di yang lain. Tentu saat berkemah Anda tidak ingin menghabiskan banyak waktu mengobrak-abrik barang-barang di perkemahan hanya karena semua barang disusun tidak sesuai untuk fungsinya. Memiliki barang-barang yang diatur sebelumnya juga membuat Anda tetap teratur untuk perjalanan perkemahan berikutnya. Untuk mempermudah Anda bisa gunakan daftar periksa berkemah  untuk memastikan Anda tidak melupakan hal-hal penting.

Gunakan Pakaian Hangat Saat Memulai Berkemah

Tempat berkemah yang umumnya yaitu di daerah dataran tinggi yang memiliki suhu dingin rata-rata 0 derajat. Maka usahakan untuk menyiapkan pakaian hangat dan menggunakannya saat akan pergi ke tempat perkemahan. Selain itu jika ada kemungkinan hujan, Anda perlu menyiapkan jas hujan untuk Anda dan anak-anak.

Kemasi Mainan Favorit

Bawa satu atau dua mainan favorit tetapi usahakan agar mainannya tetap minimum. Tinggalkan ruang untuk banyak bermain di luar yang tidak terstruktur. Anak-anak sering menemukan hal-hal yang jauh lebih menarik untuk dilihat dan dimainkan di perkemahan. Anda mungkin terkejut melihat berapa jam anak Anda akan menghabiskan menggali pasir atau hanya menjelajah. Anak-anak akan menemukan cara untuk menciptakan hiburan luar ruangan mereka sendiri. Jika Anda membawa mainan, biarkan itu menjadi sesuatu yang akan melengkapi permainan luar ruangan mereka seperti layang-layang, bola, piringan terbang, kaca pembesar untuk memata-matai serangga atau teropong.