Jerawat 2

Picture by: https://cdn1-production-images-kly.akamaized.net/

Cara Cepat Mengatasi Jerawat Membandel!

Jerawat salah satu masalah kulit yang nggak akan pernah ada habisnya untuk dibahas. Sering kali jerawat ini membuat kepercayaan diri menurun. Belum lagi kalau harus menghadiri acara dan harus menggunakan make up, pastinya hal ini akan membuat kamu semakin tersiksa.

Untuk mengatasi jerawat yang membandel ini, kamu harus pintar-pintar mencari tahu cara merawatnya. Perawatan untuk wajah berjerawat ini nggak melulu harus mahal kok, yang penting telaten, sabar dan konsisten. Lalu cara apa saja sih yang bisa kamu lakukan, yuk simak ulasan berikut.

Memakai Facial Wash dan Cleanser yang Gentle untuk Kulit Kamu

Biasanya jerawat membuat kulit menjadi semakin sensitif. Sehingga penting untuk kamu memilih pembersih wajah dengan kandungan bahan yang ringan dan tekstur yang lembut. Sebisa mungkin hindari sabun muka yang mengandung scrub. Scrub membuat wajah menjadi kering sehingga wajah kamu dehidrasi dan hal ini akan memicu munculnya jerawat.

Sebelum mencuci wajah dengan sabun, ada baiknya untuk membersihkan make up atau kotoran di wajah kamu menggunakan cleanser, micellar water atau oil agar wajah kamu bersih secara menyeluruh. 

Pilih Tonner dengan Bahan Alami atau Khusus untuk Jerawat

Tonner memang salah satu step perawatan penting di setiap jenis kulit. Tapi pastikan untuk kamu memilih tonner sesuai dengan nutrisi yang dibutuhkan untuk kulit. Untuk wajah yang berjerawat pastikan untuk kamu memilih tonner berbahan alami atau yang mengandung tea tree oil¸ cucumber atau bahan aktif seperti salicylic acid dan niacinamide. Bahan tersebur diklaim dapat mengatasi inflamasi pada kulit sehingga sangat cocok untuk merawat kulit dengan tipe acne prone

Jerawat

Picture by: https://miro.medium.com/

Pastikan Menggunakan Pelembap yang Ringan 

Untuk kulit berjerawat pastika untuk menghindari pelempab yang terlalu banyak mengandung bahan-bahan penyebab munculnya minyak. Pelembap yang ringan merupakan pelembap berbahan dasar air yang membuat wajah kamu nggak greasy

Sehingga dapat membantu kulit untuk tetap bisa bernapas, dan tidak terlalu memancing timbulnya minyak yang mengakibatkan penyumbatan pori-pori.

Gunakan Obat Jerawat di Malam Hari

Tentunya setiap penyakit memiliki obatnya sendiri-sendiri, begitu pula dengan jerawat. Penggunaan obat totol pada jerawat juga dibutuhkan untuk membuat proses penyembuhan jerawat lebih cepat dan membunuh bakteri yang dapat mengakibatkan jerawat semakin meradang. 

Tapi tidak semua obat jerawat cocok dengan wajah kamu. Banyak sekali jenis kandungan obat yang bisa kamu pilih misalnya obat jerawat yang berbahan dasar sulfur, tea tree oil, tretinoine, salicylic acid dan benzoyl peroxide. Untuk meyakinkan bahan dasar mana yang cocok dengan kondisi kulit kamu, sebaiknya lakukan konsultasi lebih lanjut dengan dokter kulit ya. 

Dari keempat langkah di atas, diharapkan kamu dapat melakukannya dengan sabar dan telaten. Jerawat bukan penyakit yang bisa dihilangkan dengan satu kali sentuhan saja. Tapi dengan menggunakan langkah tersebut, setidaknya akan membuat jerawat mengalami proses pematangan lebih cepat.