merawat sepatu

Picture by: https://ecs7.tokopedia.net/blog-tokopedia-com

Tak bisa dipungkiri kalau sepatu merupakan salah satu fashion item yang bisa menyempurnakan penampilan. Dari sekian banyak jenis sepatu, ada beberapa bahan yang cukup sulit dirawat misalnya saja kulit, suede, dan kanvas. Tapi jangan khawatir, ada cara merawat sepatu berbahan istimewa ini supaya tetap awet seperti baru!

Merawat Sepatu Berbahan Dasar Leather

Sepatu Berbahan Dasar Leather

Picture by: https://www.wikihow.com/

Sepatu dengan bahan leather atau kulit asli/sintetis memiliki kelebihan mudah dibersihkan dan dapat dipakai di banyak medan, baik yang basah ataupun kering. Hanya saja, bukan berarti sepatu berbahan dasar leather tidak memiliki kekurangan. Jika kamu tidak merawat sepatumu ini, maka dapat membuat lapisan kulitnya menjadi rusak, pecah atau retak.

Untuk merawat sepatu jenis ini, maka kamu dapat membersihkannya setelah dipakai di luar rumah. Apabila sepatu tersebut kotor karena lumpur atau noda alam lainnya, maka kamu dapat menggunakan pasta gigi untuk membersihkannya. Jangan sekali-kali memakai sabun atau deterjen karena dapat membuat lapisannya mengeras dan mudah retak atau pecah. Selain itu, jangan menjemurnya secara langsung di bawah sinar matahari dan lebih baik diangin-anginkan saja.

Merawat Sepatu Berbahan Dasar Suede

Sepatu Berbahan Dasar Suede

Picture by: https://sc02.alicdn.com/

Berbeda dengan sepatu berbahan dasar suede, kamu harus lebih berhati-hati dalam perawatannya. Jika terkena lumpur atau noda alami lainnya, kamu dapat mengeringkannya dulu. Jangan sampai langsung menyiramnya dengan air dan menyikatnya. Jadi, setelah kering, kamu dapat lebih mudah menghilangkan bekas lumpur atau nodanya tersebut dengan menepuk-nepuknya. 

Setelah dirasa debunya berjatuhan, maka kamu dapat mulai mencucinya menggunakan sikat yang halus dan cairan khusus suede. Dan sama seperti sepatu berbahan leather, jangan dipanaskan atau dijemur langsung di bawah terik matahari, tapi angin-anginkan saja dengan menggunakan kipas angin.

Merawat Sepatu Berbahan Dasar Kanvas

Sepatu Berbahan Dasar Kanvas

Picture by: https://id.bccrwp.org/

Sepatu dengan material kanvas adalah salah satu yang bertahan lama dari tahun ke tahun. Selain nyaman dan ringan dipakai untuk berbagai aktivitas, sepatu jenis ini juga bagus dipakai untuk bergaya. Hanya saja, sepatu berbahan kanvas ini lebih mudah kotor dan warnanya menjadi pudar jika dipakai berhari-hari.

Untuk membersihkannya, kamu dapat mencucinya dengan menggunakan air dan sabun cuci. Yang patut menjadi perhatian adalah karena kanvas juga merupakan jenis kain, maka kamu harus membilasnya sebersih mungkin agar tidak bau. Jangan sekali-kali pula dijemur langsung di bawah sinar matahari.

Jika warnanya pudar, ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Satu adalah dengan menggunakan spidol permanen dan kemudian jemur sebentar. Selain itu, kamu dapat menggunakan pewarna kain atau juga makanan sebagai alternatif lainnya.